Museum Situs Patiayam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Museum Situs Patiayam adalah museum khusus yang memamerkan berbagai peninggalan purbakala yang ditemukan di sekitar Situs Purbakala Patiayam. Pendirian museum diadakan pada tahun 2009. Pembangunannya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kudus. Kepemilikan dan pengelolaan museum diserahkan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus. Koleksi utamanya berupa fosil gajah purba. Sedangkan koleksi lainnya meliputi berbagai fosil fauna dan alat-alat batu. Di dalam museum ini terdapat 16 spesies fauna. Alamat museum di Kancilan, Terban, Jekulo, Kudus, Jawa Tengah. Museum Situs Patiayam berada di titik koordinat: 6°47’37.5” Lintang Selatan dan 110°56’18.6” Bujur Timur. Akses ke museum dapat dari arah Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani dengan jarak tempuh sejauh 72,4 kilometer. Selain itu, dapat pula dari Stasiun Semarang Tawang sejauh 64,9 kilometer, atau dari Terminal Tipe A Jati sejauh 17,9 kilometer.[1]

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Museum Situs Patiayam berdekatan dengan Situs Purbakala Patiayam. Kegiatan yang dilakukan oleh pengelola museum berkaitan dengan penggalian fosil di Situs Patiayam. Museum Situs Patiayam dijadikan sebagai tempat menganalisa fosil-fosil yang ditemukan oleh arkeolog. Keberadaan museum ini juga menjadi tempat pariwisata yang melengkapi beberapa wisata alam lainnya di Kabupaten Kudus.[2] Kegiatan museum yang berkaitan dengan penggalian untuk pencarian fosil dilakukan dengan seizin dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rusmiyati, dkk. (2018). Katalog Museum Indonesia Jilid I (PDF). Jakarta: Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman. hlm. 480. ISBN 978-979-8250-66-8. 
  2. ^ Prajogo, dkk. (2017). "Perancangan Interior Museum Purbakala Di Situs Purbakala Patiayam, Kudus". Jurnal Intra. 5 (3): 423. 
  3. ^ RRI 2021, LPP. "Situs Patiayam Eskavasi Fosil Gading Gajah Purba". rri.co.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-08-22. Diakses tanggal 22 Agustus 2021.