Museum Probolinggo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Museum Probolinggo adalah sebuah museum di Kota Probolinggo, provinsi Jawa Timur, Indonesia. Gedung Panti Budaya sebagai gedung yang dewasa ini dijadikan sebagai Museum Probolinggo telah menjadi ikon pariwisata di Kota Probolinggo .


Sebagai pusat sejarah dan budaya, museum Probolinggo memegang peranan penting dalam menunjang proses pembelajaran bagi para wisatawan. Dengan dilengkapi berbagai atribut benda - benda bernilai sejarah serta replika yang mencerminkan eksistensi sebuah budaya bernilai tinggi, mampu meningkatkan citra kota Probolinggo sebagai kota sejarah.

Berbagai aset peninggalan pada masa penjajahan Belanda turut menambah koleksi museum Pobolinggo. Museum Probolinggo yang secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Jawa Timur pada saat penyelenggaraan MPS 2, juga didukung oleh berbagai institusi terkait, seperti Museum Empu Tantular. Diharapkan dengan penerapan kerjasama yang semakin beragam dengan berbagai unit kerja, akan meningkatkan kualitas dan kuantitas produk hasil peninggalan sejarah di Museum Probolinggo.

Jam Buka[sunting | sunting sumber]

Museum ini terbuka bagi umum untuk setiap harinya dari mulai jam 08:00 – 14:00 WIB. Hari senin dan Hari Besar Nasional tutup. Bagi para pengunjung museum tidak dikenakan tiket masuk.

Referensi[sunting | sunting sumber]