Museum Nasional Kyushu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kyushu Kokuritsu Hakubutsukan
Kyushu-national-museum01.jpg
Didirikan 16 Oktober 2005
Lokasi Bendera Jepang Daizaifu, Prefektur Fukuoka, Jepang
Jenis sejarah
Direktur Karoku Miwa (direktur)
Situs web www.kyuhaku.jp

Museum Nasional Kyushu (九州国立博物館 Kyushu Kokuritsu Hakubutsukan?) adalah museum sejarah yang dikelola Institut Nasional Peninggalan Budaya di Dazaifu, Prefektur Fukuoka, Jepang. Museum menempati gedung berlantai 7, termasuk dua lantai bawah tanah. Lokasi museum berada di dekat Dazaifu Tenman-gū.

Berbeda dari museum nasional di Tokyo, Kyoto, dan Nara yang lebih merupakan museum seni, Museum Nasional Kyushu adalah museum sejarah. Museum ini dibangun untuk memahami budaya Jepang dari sudut pandang Asia. Pada zaman dulu, Kyushu adalah pintu gerbang perdagangan dan pertukaran budaya dengan bangsa-bangsa lain di Asia. Koleksi museum mencakup artefak dari Zaman Batu tua hingga akhir zaman Edo.

Pembangunan museum di Kyushu sudah dicita-citakan oleh Okakura Tenshin sejak seabad sebelumnya. Pendirian museum sudah dirintis Dazaifu Tenman-gū sejak tahun 1893, namun baru terwujud pada tahun 2005.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada Juli 1893, pengurus Dazaifu Tenman-gū memiliki rencana membangun Museum Chinzei sebagai bagian dari peringatan 1000 tahun Sugawara no Michizane. Setelah disetujui Prefektur Fukuoka, mereka mulai mengumpulkan dana. Pada tahun berikutnya pecah Perang Sino-Jepang Pertama dan rencana pembangunan museum batal.

Daftar barang-barang untuk Museum Chinzei diumumkan pada tahun 1896. Di dalamnya terdapat gambar koma inu, tembikar sue, dan ishibōchō. Pada Februari 1899, Okakura Tenshin ikut mengemukakan pentingnya pendirian museum di Kyushu. Dukungan untuk pendirian museum ditulis Mori Ōgai dalam artikel Ware o shite kyūshū no fujin tarashimeba (我をして九州の富人たらしめば?) yang dimuat Fukuoka Nichi Nichi Shimbun (sekarang Nishinippon Shimbun), 29 September 1899.

Pada Juni 1994, Kantor Kebudayaan membentuk komite penyelidikan pendirian museum baru. Pada Maret 1996, komite memutuskan pembangunan museum baru di Dazaifu, Prefektur Fukuoka. Rencana dasar Museum Nasional Kyushu selesai disusun pada bulan Maret 1999.

Pembangunan gedung dimulai pada bulan Maret 2002, dan selesai pada bulan April 2005. Pada bulan yang sama, badan hukum berbentuk institusi administrasi independen didirikan sebagai pengelola museum.

Museum dibuka untuk umum pada 16 Oktober 2005. Hingga 19 Februari 2006, pihak museum mengklaim total pengunjung sudah lebih dari satu juta orang. Hingga 16 November 2007, museum ini sudah didatangi lebih dari 4 juta orang pengunjung.[1]

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Pusaka nasional

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Hakubutsukan-tō kensetsu suishin kaigi, ed. (2002). "Kokuritsu hakubutsukan yūchi no ayumi(国立博物館誘致の歩み)". Bunmei no Crossroad Museum Kyusyu 72. 
  • Fukuoka-shi hakubutsukan jōsetsu tenjishitsu (bumon betsu) kaisetsu 272 "omoshiro hakubutsukan"(福岡市博物館常設展示室(部門別)解説272「おもしろ博物館」). 2005. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]