Museum Loka Jala Crana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
21 aal kunjungan tk.jpg

Museum Loka Jala Crana berdiri pada tanggal 19 September 1969 oleh Ibu R. Mulyadi, isteri panglima Angkatan Laut Laksamana R. Moeljadi, dengan nama Museum Akabri Laut. Pada tahun 1973, tepatnya pada tanggal 10 Juli 1973, statusnya ditingkatkan menjadi Museum TNI Angkatan Laut. Selanjutnya tanggal 6 Oktober 1979 namanya berubah kembali menjadi Museum TNI Angkatan Laut Loka Jala Crana. Loka jala Crana berarti tempat untuk menyimpan, mengabadikan dan menyajikan peralatan atau sarana yang dipergunakan oleh TNI Angkatan Laut.

Di dalam museum ini terdapat beberapa koleksi peralatan pertempuran Angkatan Laut, disamping itu juga satu koleksi berupa planetarium dan astronavigasi. Museum ini menyuguhkan dan menyelamatkan obyek benda-benda bersejarah yang pernah dimiliki serta dipakai oleh prajurit-prajurit TNI Angkatan Laut sejak dari zaman revolusi fisik hingga saat ini, diantaranya berupa berbagai jenis meriam kapal perang, pesawat, helikopter, artileri medan, replica KRI Dewaruci. Ada juga benda bersejarah lain seperti meriam kapal "HRMS De Zeven Provencien“.

KRI Dewaruci adalah jenis kapal latih milik TNI AL yang sering melakukan muhibah keliling dunia sampai berbulan-bulan. Kapal ini juga melaksanakan aktivitas rutin seperti praktek Kartika Jala Krida (KJK) untuk para Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat III. Di museum ini terdapat juga bangunan planetarium untuk melihat tata surya (astronomi), Bima Sakti. Planetarium ini untuk mendukung fasilitas belajar bagi kadet sebagai salah satu bahan acuan saat mereka melakukan praktek pelayaran di laut. Spesifikasi Teknis Museum TNI Angkatan Laut Loka Jala Crana tepatnya berada di Kompleks Akademi TNI Angkatan Laut (AAL), Morokrembangan, Surabaya. Dan pengelolaannnya diserahkan kepada Lantamal III Surabaya. Museum Loka Jala Crana Surabaya

Secara umum museum ini dapat diklasifikasi dalam dua bagian. Pertama, bagian gedung yang terdiri dari Anjungan Utama, Planetarium dan Anjungan Joang. Kedua, pameran taman yang berisi pesawat Gannet, meriam kapal De Zeven Provincien, tank Amphibi PT-76, meriam peninggalan VOC, meriam Bofors L.60 penembak Allan Pope, meriam instruksi dan monumen pendidikan perwira.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

[1]Museum Loka Jala Crana

  1. ^ http://www.tnial.mil.id/Aboutus/Sejarah/MonumenMuseum/tabid/117/articleType/ArticleView/articleId/5474/MUSEUM-LOKA-JALA-CRANA-SURABAYA.aspx