Mus K. Wirya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Muslihat Kertadiwirya (lebih dikenal dengan nama Mus K. Wirya; Jakarta, 17 Januari 193418 September 2005) adalah seorang pencipta lagu Indonesia.

Mus dikenal banyak menciptakan lagu yang amat populer pada era 1960-an hingga awal 1970-an, di antaranya Aku Ingin Hidup Seribu Tahun Lagi, Sampai Menutup Mata, Kasih di Perjalanan, Burung Berkicau, Pertemuan dan beberapa lainnya. Selain lagu pop, dia juga banyak menciptakan lagu-lagu berbahasa Sunda, misalnya Teng-teuingeun dan Pileuleyan yang dinyanyikan Lilis Suryani. Total ada sekitar 150 lagu karya Mus K. Wirya yang tercatat di Karya Cipta Indonesia (KCI).

Selain menciptakan lagu, Mus yang pernah bekerja pada Dinas Kebudayaan DKI Jakarta ini juga membuat buku, antara lain buku kumpulan lagu anak-anak Kenari terbitan Grasindo dan buku Bermain Rebana terbitan Yasaguna, (1981) yang diterbitkan kembali oleh Grasindo.

Ia meninggal dunia pada usia 71 tahun di kediamannya di kawasan Bekasi, Jakarta Timur. Saat meninggal dunia, ia telah lima tahun menderita penyakit stroke dan juga diabetes. Ia meninggalkan seorang istri, empat anak, dan lima cucu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]