Museum Tahun 30-an

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Musée des Années Trente)
Salah satu sudut ruangan Musée des Années Trente

Musée des Années Trente (Museum 1930-an) merupakan sebuah museum kotamadya yang menyimpan benda artistik dan industri tahun 1930-an. Terletak di Espace Landowski di 28, Avenue André-Morizet, Boulogne-Billancourt, sebuah pinggiran barat Paris, Prancis, dan buka setiap hari kecuali Senin dan hari libur.

Museum ini didirikan tahun 1939 oleh Dr. Albert Besancon. Setelah kematiannya tahun 1983, museum ini difokuskan pada tahun 1930-an, dan pada 1994 pindah ke Espace Landowski dan diberikan nama yang digunakan sekarang. Sekarang menyediakan lapangan pameran seluas 3,000 m²

Hari ini museum ini memiliki 1500 pahatan, 800 lukisan, dan 20.000 gambar, plus furnitur, keramik, poster, dan rekaman asli. Memiliki sejumlah karya Afrika dan seberang laut dari bekas Musée national des Arts d'Afrique et d'Océanie, juga karya oleh arsitek Le Corbusier, Tony Garnier, André Lurçat, Robert Mallet-Stevens, Auguste Perret, dan Jean Prouvé; desainer Émile-Jacques Ruhlmann dan Jules Leleu; dan penduduk terkenal termasuk André Malraux.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]