Musée de l'Assistance publique - Hôpitaux de Paris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Musée de l'Assistance Publique - Hôpitaux de Paris

Musée de l'Assistance Publique - Hôpitaux de Paris merupakan sebuah museum yang ditujukan pada sejarah rumah sakit di Paris. Terletak di Hôtel de Miramion di tepi kiri Seine di arondisemen ke-4, di 47, quai de la Tournelle, Paris, Prancis, dan dibuka setiap hari kecuali Senin, hari libur, dan Agustus; harga masuk ditetapkan.

Museum ini terletak di dalam Hôtel de Miramion, dibuat oleh arsitek François Mansart, yang pertama dibangun sebagai puri pribadi Christopher Martin sekitar 1630, kemudian sekolah agama wanita 1675-1794, dan sejak 1812-1974 menjadi apotek sentral bagi rumah sakit di Paris. Museum itu sendiri didirikan tahun 1934 oleh Assistance Publique - Hôpitaux de Paris.

Hari ini museum tersebut memiliki koleksi 10.000 benda yang berhubungan dengan sejarah rumah sakit di Paris mulai abad pertengahan hingga saat ini, termasuk lukisan Prancis dan Flandria, furnitur dari abad ke-17 dan 18, koleksi besar faiens obat-obatan, tekstil, dan peralatan medis. Sekitar 8% dari benda-benda ini ditampilkan dalam pameran permanen, dengan pameran sementara yang berisi benda-benda lainnya dar koleksi pribadi dan museum lain. Tahun 2002 sebuah kebun dengan 65 tanaman kesehatan dibuat di dalam taman museum.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]