Muntiacus muntjak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Indian Muntjac
Muntjac deer.JPG
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Artiodactyla
Upaordo: Ruminantia
Famili: Cervidae
Upafamili: muntiacinae
Genus: Muntiacus
Spesies: M. muntjak
Nama binomial
Muntiacus muntjak
Zimmermann, 1780
Muntjac distribution map.gif

Muntiacus muntjak atau Kijang biasa adalah Kijang yang tersebar di India, Pakistan, Bangladesh, Myanmar, Indocina, Thailand, Malaysia dan Indonesia. Ini jenis kijang paling umum dan banyak.

Ciri-ciri hewan ini Rambut pendek, coklat atau abu-abu, kadang-kadang dengan bercak berwarna krim . seekor jantan juga memiliki sepasang tanduk sampai 15 cm, dengan satu cabang yang jatuh dan tumbuh kembali sekali setahun. Ketika ketakutan atau bersemangat, hewan ini akan menyalak ,terkadang ia mampu menyalak lebih dari sejam hewan ini adalah omnivora, yang makan pada buah, daun, rumput, tapi kadang-kadang makan telur dan bahkan serangga. Pejantan spesies ini sering berkelahi di antara mereka sendiri, menggunakan tanduk pendeknya sebagai senjata karena jauh lebih efektif dari taring karnivora, yang ia dapat membela diri secara dari predator bahkan oleh anjing besar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Timmins, R.J., Duckworth, J.W., Hedges, S., Pattanavibool, A., Steinmetz, R., Semiadi, G., Tyson, M. & Boeadi (2008). Muntiacus muntjak. Daftar Merah Spesies Terancam IUCN 2008. IUCN 2008. Diakses pada 5 April 2009. Database entry includes a brief justification of why this species is of least concern.
  • Teresa Czyżewska, Krzysztof Stefaniak Acta zoologica cracoviensia, Volume 37 Number 1 (1994) Pages 55-74.
  • The Deer of Great Britain and Ireland by G. Kenneth Whitehead

NUR JUNAIDI