Mulur, Bendosari, Sukoharjo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mulur
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Sukoharjo
Kecamatan Bendosari
Kodepos 57572
Luas -Ombo bangetzs
Jumlah penduduk -Akeh banget
Kepadatan -Belum terlalu Padat.

Mulur adalah desa di kecamatan Bendosari, Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia.

SEJARAH DESA MULUR DI MASA LALU ADALAH SEJARAH PERANG DIPONEGORO (1825 - 1830 M). Setelah Pangeran Diponegoro selaku Khalifah Islam di Jawa Darus Salam dengan Istananya GUA SELARONG,melakukan perjuangan/JIHAD melawan Kaum Kafir yg menjajah MATARAM/NUSANTARA selama 5 Tahun lebih, akhirnya Beliau ditipu Belanda dengan mediator Patih Danudirjo (WAPRES MATARAM Saat itu),yang katanya mau bicara tentang Perdamaian,ternyata justru Pangeran Diponegoro dipaksa menyerah. Dalam Kemarahannya Pangeran Diponegoro menghajar Patih Danudirjo yg berhianat memihak Belanda.Dan beliaupun bersedia ditangkap Belanda dengan Syarat pengikutnya dibebaskan.Setelah syarat itu disetujui Pangeran Diponegoro menyerahkan kerisnya kepada Seorang Senopatinya yang bernama IMAN MUKMIN agar diserahkan kepada Putri Serang(Raden Ajeng Serang).

Setelah menerima keris dari Pangeran Diponegoro,Putri Serang tahu bahwa beliau diberi mandat meneruskan JIHAD melawan kafir Belanda. Maka dengan cara Gerilya beliau dibantu senopati IMAN MUKMIN dan pasukan Mujahidin Laskar P.DIPONEGORO pun melanjutkan jihad dengan cara gerilya..... Karena perang yg berlarut-larut akhirnya pihak putri serang keteter dan menuju Surakarta hadiningrat untuk mencari suaka kpd raja surakarta. Namun saat itu Kraton Surakarta tidak berani terang-terangan melindungi karena pengaruh Belanda di Kraton solo cukup kuat,shg diminta meninggalkan Kraton untuk mencari tempat sembunyi sendiri dan tempat persembunyiaanya nanti kalau sdh besar dijadikan BUMI PERDIKAN.

Dimulai dari kejadian itulah Putri serang dan Senopati Iman Mukmin ini menuju arah selatan/tenggara beserta pendereknya. Hal ini tercium oleh Belanda yang akhirnya mengejarmencari. Dalam kisah inilah nantinya akan muncul sejarah asal usul berbagai desa dan berbagai legenda.Namun karena banyaknya saya males nulis semuanya.Mungkin dimasa depan kalau saya merasa sempat/longgar akan saya tuliskan. Adapaun desa-desa yang terlahir dari kisah ini antara lain : 1.MULUR : karena bperang yg berlanjut, ULUR-ULURAN... 2.Kentheng : 3.Godog 4.Kalangan 5.Jagan 6.Jogodengkul 7.Pondokserang 8.Mertan 9.Pesanggrahan GUA MERTAN. Semua desa/peninggalan di atas mempunyai kisah2 tersendiri namun saling terkait,karena semuanya berhubungan dengan kisah Putri Serang dan Senopati Iman Mukmin. Dan Senopati Iman Mukmin inilah yang nantinya akan menjadi tokoh Legenda terkait BUMI MERTANI dan GUA MERTAN.Dan beliaulah nantinya yang akan dikenal warga masyarakat sbg mbah Saidiman (KYAI SAYYID IMAN) yang makamnya ada di Tengah WADUK MULUR. Demikian gambaran yg tidak lengkap ini. Kisah ini ditulis oleh saya, Presiden Master (ada di FACEEBOOK dan Twitter) yang masih keturunan ke_8 dari mbah SAYYID IMAN. ...................................................................................... Kisah ini berbau sejarah dan ada bukti peninggalan sejarahnya,namun karena cerita ini dulu saya dapat dari kakek saya (KYAI MUH.JALAL dan KYAI JURAIMI...) secara lisan jadi kalau nanti saya sempat menulis detailnya mungkin agak berkurang dari kisah aslinya. Demikian. Terimakasih telah membaca. Oh ya saya juga berbisnis dalam dunia hipnotis. Anda boleh Lihat di: www.videohipnotis.com/zen.html ......................