Muhtar Kent

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Muhtar Kent
Lahir Muhtar A. Kent
1952
New York City, U.S.A.
Kewarganegaraan Turki - Amerika
Pendidikan

Tarsus American College
University of Hull

Cass Business School of City University, London
Pekerjaan Ketua dan CEO The Coca-Cola Company
Agama Islam
Orang tua Necdet Kent

Muhtar Kent (lahir tahun 1952) adalah seorang pebisnis Turki Amerika yang saat ini menjabat sebagai Ketua dan Pejabat Eksekutif Tertinggi (CEO) The Coca-Cola Company. Sebelumnya ia ditunjuk untuk menjabat sebagai Pejabat Operasi Tertinggi perusahaan pada tahun 2008.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Muhtar Kent lahir tahun 1952 di New York City, New York, AS, tempat ayahnya, Necdet Kent, bekerja sebagai konsul-jenderal. Muhtar Kent adalah seorang Muslim. Setelah menyelesaikan pendidikan SMA di Tarsus American College di Mersin, Turkey pada tahun 1971, Muhtar Kent berangkat ke Britania Raya untuk belajar di Universitas Hull; ia lulus tahun 1978 dari Departemen Ekonomi. Tidak lama kemudian, Kent masuk dalam program sarjana ilmu administrasi di City University, London dan mendapat gelar Master of Business Administration dari Sekolah Bisnis Cass di universitas ini.

Muhtar Kent berangkat ke Turki untuk tugas militer aktifnya. Setelah itu, ia pulang dengan kekayaan ribuan dolar ke Amerika Serikat dan menetap bersama pamannya di New York City.

Karier profesi[sunting | sunting sumber]

Muhtar Kent di World Economic Forum di Davos, 2009.
Muhtar Kent di World Economic Forum di Davos, 2010.

Muhtar Kent menemukan pekerjaannya di The Coca-Cola Company melalui iklan surat kabar. Ia mengelilingi negara ini menggunakan truk untuk menjual Coca-Cola dan mempelajari sistem distribusi, pemasaran dan logistiknya.

Tahun 1985, ia diangkat sebagai manajer umum Coca-Cola Turki dan Asia Tengah, dan memindahkan kantor pusat perusahaan dari Izmir ke Istanbul. Tiga tahun kemudian, ia ditunjuk sebagai wakil presiden Coca-Cola International yang mencakup 23 negara di kawasan yang membentang dari Alpen ke Himalaya. Ia tinggal di Wina, Austria dan terus menjabat sampai 1995.

Sejak 1989 hingga 1995, ia menjabat sebagai presiden Coca-Cola Divisi Eropa Tengah Timur dan bertugas atas operasi di 23 negara.

Diangkat lagi, Muhtar Kent menjabat sebagai direktur pengelola Coca-Cola Amatil-Europe. Dalam dua tahun, ia menaikkan turnover perusahaan sebesar 50% yang mencakup operasi pembotolan di 12 negara Eropa.

Tahun 1999, ia meninggalkan The Coca-Cola Company setelah 20 tahun bekerja. Pulang ke Turki, Muhtar Kent menduduki jabatan eksekutif Efes Beverage Group di Anadolu Group, pemegang saham waralaba Coca-Cola lokal terbesar di Turki dan salah satu bisnis minuman internasional terbesar di Eropa. Ia memperluas cakupan perusahaan dari Adriatik ke Cina.

Bulan Mei 2005, ia bergabung kembali dengan Coca-Cola setelah 6 tahun dan ditunjuk sebagai presiden dan pejabat operasi tertinggi perusahaan untuk kawasan Asia Utara, Eurasia dan Timur Tengah, dan melapor langsung kepada ketua dan pejabat eksekutif tertinggi Neville Isdell. karier Muhtar Kent berlanjut dan ia naik jabatan bulan Januari 2006 sebagai presiden Operasi Internasional. Dalam jabatan ini, ia bertugas atas semua operasi di luar Amerika Utara, dan seluruh presiden grup Coca-Cola di luar Amerika Utara melapor kepadanya.

karier suksesnya membawanya pada pucuk pimpinan The Coca-Cola Company yang menunjuknya sebagai ketua dan pejabat eksekutif tertinggi pada 1 Juli 2008.[1]

Saat ini ia menjabat sebagai anggota dewan direktur National Committee on United States-China Relations.

Gaji[sunting | sunting sumber]

Ketika menjabat sebagai CEO Coca-Cola tahun 2008, gaji Muhtar Kent sebesar $19.628.585, yang mencakup gaji dasar $1.100.000, bonus tunai $4.500.000, saham senilai $2.999.975, dan opsi senilai $10.280.428.[2]

Tahun 2010, Muhtar menghasilkan $24,8 juta, ini mencakup gaji dasar $1,2 juta, bonus tunai tahunan $6,5 juta dan kompensasi lain dengan total $738.000.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Ia menikah dengan Defne Kent, putri dari yuris (ahli hukum) Turki terkenal, Prof. İlhan Lütem. Mereka memiliki dua anak, Selin dan Cem, keduanya tinggal di New York City. Muhtar Kent adalah keturunan keluarga Madra (dari pihak ibunya, Sevim) dari kota Ayvalık, Turki, yang terletak di pantai Aegean. Ia adalah anggota Klub Olahraga Galatasaray.[3]

Warisan[sunting | sunting sumber]

Bulan November 2005, American Sephardi Federation dan International Raoul Wallenberg Foundation yang berpusat di New York City memberi ayahnya Necdet Kent gelar anumerta karena menyelamatkan orang-orang Yahudi ketika bertugas sebagai deputi konsul-jenderal Turki di Marseille, Perancis pada Perang Dunia II. Muhtar Kent menerima penghargaan ini untuk ayahnya yang meninggal tahun 2002.[4] Muhtar Kent membicarakan usaha-usaha yang dilakukan ayahnya dalam acara Charlie Rose tanggal 9 Juni 2009.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]