Muhammad bin Abi Amir Al-Mansur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Artikel ini tentang Al-Mansur dari Spanyol, Al-Andalus. Ada pula artikel mengenai Khalifah Bani Abbasiyah Al Mansur dari Baghdad. Keduanya dikenal sebagai Almanzor di Barat.

Abu 'Amir Muhammad bin Abdullah bin Abi 'Amir (bahasa Arab: أبو عامر محمد بن عبد الله بن أبي عامر) (c. 938-8 Agustus 1002) digelari Al-Hajib (الحاجب) dan Al-Mansur (المنصور, "sang pemenang"), atau di Barat diketahui sebagai Almanzor adalah seorang jenderal dan politikus Al-Andalus. Ia adalah penguasa de facto di Al-Andalus (Iberia Islam) dari tahun 976-1002, kekuasaannya melebihi khalifah yang resmi.[1][2] Pada masa kekuasaannya, Al-Andalus kembali mencapai masa kejayaannya.

Masa kekuasaaan[sunting | sunting sumber]

Ia mulai berkuasa sebagai wakil bagi Hisyam II yang masih berumur 22 tahun, yang pada 976 menggantikan Al-Hakam II sebagai khalifah. Namun Al-Mansur dengan cepat mendominasi pemerintahan, dan pada tahun 981, Hisyam II terpaksa mengesahkan kekuasaan Al-Mansur secara resmi atas segala aspek pemerintahan.[1] Hisyam menyelesaikan istana Madinah Az-Zahra,[3] dan memindahkan semua administrasi pemerintahan ke istana baru ini. Hal ini menyebabkan khalifah yang sebenarnya terisolasi di istananya sendiri.[2] Bertumpu pada agama dan tentara kuat yang terpusat, ia membangun Al-Andalus menjadi negara terkuat di Semenanjung Iberia.[1] Ia juga memimpin serangan-serangan terhadap kerajaan-kerajaan Kristen di Iberia Utara, diantaranya serangan terhadap Barcelona (985) dan Santiago de Compostela (997). Serangan-serangannya menimbulkan kerugian besar bagi kerajaan-kerajaan Kristen, kecuali Kerajaan Navarra yang tidak diserangnya karena adanya perdamaian dengan kerajaan tersebut.[1] Perdamaian dengan Navarra diperkuat dengan pernikahannya dengan Abda, puteri dari Raja Navarra Sancho II. Al-Mansur juga menikah dengan Teresa, puteri Raja Bermudo II dari León.

Ia meninggal pada tahun 1002, pada masa puncak kekuasaannnya. Ia digantikan oleh puteranya, Abdul Malik Al-Muzaffar yang juga berkuasa memanfaatkan lemahnya Khalifah Hisyam II.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Payne, Stanley G. (Juli 1972). "Chapter Two:Al-Andalus". A History of Spain and Portugal (University of Central Arkansas). vol. 1. Diakses 2007-10-28. 
  2. ^ a b Foundation for Medieval Genealogy dan Charles Cawley (2006-07). "Moorish Spain". Foundation for Medieval Genealogy. Diakses 2007-10-15. 
  3. ^ The City of Al-Zahra, Saudi Aramco World

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Payne, Stanley G. (Juli 1972). "Chapter Two:Al-Andalus". A History of Spain and Portugal (University of Central Arkansas). vol. 1. Diakses 2007-10-28. 
  • Foundation for Medieval Genealogy dan Charles Cawley (2006-07). "Moorish Spain". Foundation for Medieval Genealogy. Diakses 2007-10-15.