Muhammad Hamzah (personil The Fly)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bjah
Latar belakang
Nama lahir Muhammad Hamzah
Nama lain Bjah 'The Fly'
Lahir 8 April 1975 (umur 39)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Jenis Musik Pop, Rock
Pekerjaan penyanyi, produser
Tahun aktif 1997 - sekarang
Perusahaan rekaman PM Record
Pasangan Sukma Ayu (putus)
Trindah Herlina (cerai)
Nina Husnah (cerai)
Situs resmi @Bjah_Amje
Mantan Anggota
The Fly

Muhammad Hamzah (lahir di Jakarta, 8 April 1975; umur 39 tahun) adalah penyanyi asal Indonesia. Nama yang sering disapa Bjah ini memulai kariernya sejak bergabung dengan grup musik The Fly pada tahun 1994 hingga keluar pada tahun 2005. Sekarang dia berkarier sebagai penyanyi solo.

Karier[sunting | sunting sumber]

Nama Bjah yang berdarah Minangkabau ini mulai melambung sejak The Fly meluncurkan album perdananya pada tahun 1997. Di album ini, peran Bjah sebagai lead vokal sangatlah jarang. Setelah mengeluarkan hits single Pelangi Semu dan Air Mata Suci grup musik tersebut semakin mulai diperhitungkan kualitas musiknya yang cukup dibilang kurang nendang. Akhirnya grup musik tersebut vakum beberapa saat untuk meningkatkan kualitas musiknya.

Grup musik tersebut mulai merilis album kedua pada tahun 2001 dan kesuksesan The Fly dimulai sejak grup musik tersebut menggebrak single lagu Terbang yang juga masuk Top 10 Chart selama 2 tahun dan lagu tersebut digunakan untuk soundtrack sebuah sinetron.

Bjah akhirnya harus melepaskan grup musik yang telah membesarkan namanya pada awal 2005.[1] Alasan keluarnya Bjah dari The Fly karena ingin melanjutkan Studi S1 di bidang hukum sejak lama. Dan akhirnya posisi Bjah diganti oleh finalis Indonesian Idol Musim Kedua, Firman Siagian alias Gian pada tahun 2007 dan diganti lagi oleh Teddy pada tahun 2011.

Masa vakum Bjah sudah dijalani. Akhirnya Bjah kembali pada tahun 2011 dengan merilis single yang diberi judul Jatuh Cinta Lagi.[2]

Bjah pun juga membentuk grup musik asuhannya diberi nama Kinetik Band pada tahun 2009.[3]

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Banyak masyarakat yang mengkritik bahwa Bjah sering dekat dengan berbagai wanita yang dijuluki WIL (disingkat: Wanita Idaman Lain). Pertama dia berpacaran dengan Alm. Sukma Ayu yang putus pada awal tahun 2004 yang juga terkena kasus mesum sebelum Ayu meninggal.

Ke dua dia menikah dengan Trindah Herlina yang juga harus kandas dan tak mampu bertahan kurang dari satu tahun.

Ke tiga dia menikah dengan Nina Husnah pada tahun 2006 juga harus kandas pada tahun 2007.[4]

Kasus[sunting | sunting sumber]

Pada Sabtu, 11 Mei 2013, Bjah terjaring kena razia menggunakan narkoba di kawasan Jakarta Barat. Namun setelah hasil test urine oleh pihak BNN, Bjah dinyatakan negatif memakai narkoba.[5]

Kamis (20/6/2013) dini hari, diamankan Direktorat Tindak Pidana Narkoba Polri, Rabu, 19 Juni malam.Bjah diamankan dari sebuah klub malam di kawasan jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat. Dan kini, pemilik nama Muhammad Hamzah itu diamankan di gedung Badan Narkotika Nasional (BNN), Cawang, Kramatjati, Jakarta Timur.[6]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Bersama The Fly
Solo karier
  • Single Jatuh Cinta Lagi (2011)

Pranalar Luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]