Mugo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mugo
[[File:Korean dance-Mugo-01.jpg|frameless|alt=]]
Hangeul 무고
Hanja 舞鼓
Alih Aksara yang Disempurnakan Mugo
McCune–Reischauer Mugo

Mugo (hangul:무고) adalah tarian tradisional dari Korea yang dipentaskan di istana. Mugo disebut juga dengan tarian genderang serta memiliki versi lain yang dipentaskan dalam ritual tarian perang Seungjeonmu.

Asal[sunting | sunting sumber]

Bukti-bukti menunjukkan bahwa Mugo telah muncul sejak zaman kerajaan Goguryeo pada abad ke-5 Masehi. Hal itu dilihat dari sisa-sisa situs kuburan tua Goguryeo yang banyak tersebar di wilayah Tiongkok timur laut dan sebelah utara semenanjung Korea. Dari kuburan tua tersebut ditemukan lukisan-lukisan dinding yang menggambarkan kehdupan bangsa Korea pada masa itu, termasuk lukisan tarian yang mirip dengan ciri-ciri tarian Mugo, yaitu adanya persamaan kostum tarian yang berlengan panjang. Lukisan dinding ini dinamakan Gamudo. Tarian Mugo dikembangkan pada masa kerajaan Goryeo dan akhirnya diwariskan ke Dinasti Joseon dan tetap dilestarikan sampai saat ini.

Bentuk[sunting | sunting sumber]

Tarian ini ditarikan 8 orang penari dengan perlengkapan utama genderang di tengah-tengah. Penari utama terdiri dari 4 orang yang disebut wonmu, dan diikuti 4 penari pembantu atau hyeopmu. Mereka memakai pakaian khusus yang memiliki lengan yang panjang dan berwarna-warni; hitam (melambangkan arah utara), merah (melambangkan arah selatan), biru (timur) dan putih (barat). Wonmu dan hyeopmu memegang pemukul genderang di setiap tangan. Tarian ini diiringi repertoar musik istana Korea Dongdongok dan Muaegok.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]