Mrauk U

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mrauk U

Mrauk U adalah kota di bagian utara Negara Bagian Rakhine Myanmar . Mrauk U merupakan kota paling penting dan kuat pada saat kerajaan Rakhine (Arakan), 1430-1785. Kota ini terletak di bagian barat Myanmar di sebelah timur Sungai Kaladan, dan dikelilingi oleh perbukitan utara dan selatan.

Karena kedekatannya dengan Teluk Benggala , Mrauk U berkembang menjadi pusat perdagangan regional penting, yang berperan sebagai pintu belakang ke pedalaman Burma dan juga sebagai pelabuhan penting di sepanjang pantai timur Teluk Benggala. Ini menjadi titik transit untuk barang seperti beras, gading, gajah, getah pohon dan rusa bersembunyi dari Ava di Burma, dan kapas, budak, kuda, cowrie, rempah-rempah dan tekstil dari Bengal, India, Persia dan Arab. Di samping Pegu dan kemudian Syriam, itu adalah salah satu pelabuhan paling penting di Burma sampai abad kedelapan belas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada 1433, Raja Min Saw Mon didirikan Mrauk U sebagai ibukota yang terakhir bersatu Arakan Raya . Kota ini akhirnya mencapai ukuran 160.000 pada awal abad ketujuh belas. Mrauk U menjadi ibukota kerajaan Mrauk U dan raja yang 49 sampai penaklukan kerajaan oleh Burma Dinasti Konbaung tahun 1784.

Kota ini juga diperdagangkan dengan kekuatan non-Asia seperti Portugal dan kemudian Belanda East India Company dari Belanda . Belanda East India Company (VOC) menjalin hubungan perdagangan dengan Arakan pada 1608 setelah Portugis jatuh nikmat karena kurangnya loyalitas tentara bayaran Portugis, seperti Filipe de Brito e Nicote dalam pelayanan raja Arakan. VOC mendirikan pabrik permanen di Mrauk U pada tahun 1635, dan dioperasikan di Arakan sampai 1665

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Hari ini, Mrauk U adalah tujuan utama arkeologi dan wisata. Atraksi utama adalah candi dan reruntuhan di sekitar kota. Sisa-sisa dari istana utama di pusat kota. Cara yang paling populer bagi wisatawan untuk melakukan perjalanan ke Mrauk U adalah untuk mengambil penerbangan domestik dari Yangon ke Sittwe dan naik perahu dari Sittwe terhadap Sungai Kaladan. Hotel-hotel di Mrauk U juga menawarkan layanan perahu pribadi ke sana kemari Sittwe.

Gallery[sunting | sunting sumber]