Mpu Purwa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mpu Purwa adalah seorang pendeta Buddha aliran Mahayana yang terdapat dalam Pararaton sebagai ayah dari Ken Dedes.

Kisah Hidup[sunting | sunting sumber]

Mpu Gnijaya menikah dengan Dewi Manik Geni melahirkan 7 Pendeta yang lazim disebut "Sapta Rsi" (7 Pendeta). Anak ke-3 dari Mpu Gnijaya bernama Mpu Wiradnyana (salah satu dari Sapta Rsi) mengawini putri Mpu Panataran dan dikaruniai seorang anak bernama Mpu Wiranatha. Mpu Wiranatha kawin dengan Dewi Amertha Manggali melahirkan tiga anak yaitu: Mpu Purwanatha, Ni Ayu Wetan dan Ni Ayu Tirtha. Mpu Purwanatha pindah dari Daha/ Kediri ke Desa Panawijan, wilayah Tumapel karena merasa dihina Kerthajaya/ Dandanggendis Raja Kediri yang bertahtha 1116 - 1144 Isaka / 1194 -1223 M. Mpu Purwanatha memiliki dua anak yaitu Mpu Purwa dan Ken Dedes.

Mpu Purwa menikahi putri aji Tatar melahirkan seorang anak bernama Arya tatar, arya tatar menurunkan Ki Gusti Pasek Agung Anglurah Tatar, kemudian menurunkan De Pasek Tatar/ De Pasek Lurah Tatar. Kendedes diculik dan dinikahi oleh Tunggul Ametung. Mpu Purwanatha ayah Kendedes marah atas kejadian ini dan mengutuk agar penculik putrinya akan mati tertusuk keris serta sumur-sumur di Panawijen kekeringan karena penduduk desa tidak ada yang mau melaporkan perbuatan ini. Ken Arok kemudian menikahi Ken Dedes setelah Tunggul Ametung dibunuh dengan keris Mpu Gandring.

Senin, Umanis, Sungsang, Sasih Karo (Juli 1335) De Pasek Tatar (anak Mpu Purwa atau cucu Mpu Purwanatha) diangkat sebagai Amancabhumi di Gelgel, Bali masa pemerintahan Sri Tapahulung/ Sri Gajah Waktra/ Sri Gajah Wahana yang naik tahta 1246 Isaka atau 1324 M.

Kelak "Mpu Purwa" merupakan cikal bakal keturunan Pasek Tatar di tanah Bali seperti :

  1. De Pasek Penataran
  2. De Pasek Telengan
  3. De Pasek Bale Agung Bukit Cemeng
  4. De Pasek Pidpid di Pidpid Kajanan
  5. De Pasek Bale Agung

sedangkan adiknya "Ken Dedes" melahirkan raja-raja besar di tanah Jawa. Ibunda Presiden RI pertama Ir Soekarno yaitu Ni Nyoman Rai Serimben (istri R.Soekemi Sostrodiharjo) adalah salah satu dari keturunan Pasek Tatar di Bali yang merupakan keturunan langsung Mpu Purwa (kakak Ken Dedes). Pasek/ pasak = lait / penguat pilar. Pasek juga berarti pemimpin dalam "dharma agama" maupun "dharma negara". Dharma = tugas mulia kehidupan.

Dari kompilasi lontar-lontar kuno di Bali yang bersumber dari Majapahit kemudian dituangkan dalam Silsilah Babad Pasek Edisi Lengkap, Mpu Purwanatha adalah ayah Mpu Purwa dan Ken Dedes. Jadi Mpu Purwa adalah kakak Ken Dedes.

Kepustakaan[sunting | sunting sumber]

  • R.M. Mangkudimedja. 1979. Serat Pararaton Jilid 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah
  • Gde Ketut Soebandi. 2003. "Babad Pasek Edisi Lengkap". Denpasar: Penerbit Pustaka Manikgeni.