Motor DC Seri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Motor DC Seri adalah salah satu jenis dari motor listrik.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Motor DC jenis ini mempunyai ciri kumparan penguat medan diseri terhadap Kumparan armatur. Kelebihan dari Motor DC jenis ini yaitu daya output yang dihasilkan besar. Sedangkan kelemahannya yaitu arus beban yang diminta sangatlah besar, sesuai dengan beban yang dipikulnya, jika tegangan inputnya tidak stabil maka flux magnet yang dihasilkan oleh kumparan seri tidak stabil pula, sehingga daya output yang dihasilkan tidak stabil.

Dalam motor DC seri, gulungan medan (medan shunt) dihubungkan secara seri dengan gulungan Dinamo. Oleh karena itu, arus medan sama dengan arus dinamo.

Berikut tentang kecepatan Motor seri:

  1. Kecepatan dibatasi pada 5000 RPM
  2. Harus dihindarkan menjalankan motor seri tanpa ada beban sebab motor akan mempercepat tanpa terkendali.

Motor-motor seri cocok untuk penggunaan yang memerlukan torque penyalaan awal yang tinggi, seperti derek dan alat pengangkat hoist.

Karakteristik Motor DC Seri[sunting | sunting sumber]

  1. Sebagai kumparan medan biasanya membawa arus armatur jadi Ф∞Ia diatas titik saturasi magnetnya dan sebelum saturasi Ta ∞ Фia atau Ta ∞ Ia 2
  2. Perubahan di Eb untuk variasi arus beban itu kecil.dengan bertambahnya Ia maka Ф juga naik. Jadi variasi Kecepatan berkebalikan dengan arus armatur.
  3. Jika kecepatan naik, torsinya kecil.

Sumber[sunting | sunting sumber]