Motor Cruiser

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Motor Cruiser (seringkali disebut motor Harley) adalah jenis motor yang memiliki posisi mengemudi unik di mana possisi stang terletak lebih ke atas dari motor biasa, letak kursi yang rendah, dan peletakkan kaki yang sedikit memanjang. Posisi mengemudi ini menciptakan kenyamanan untuk perjalanan jauh. Rata-rata motor cruiser memiliki pengendalian yang terbatas dibanting motor biasa. Jenis motor ini diperkenalkan oleh Amerika Serikat pada tahun 1930an hingga tahun 1960an seperti Harley-Davidson, Indian, dan Excelsior-Henderson. Chopper adalah variasi modifikasi dari cruiser.

Popularitas di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Jakarta, terdapat beberapa komunitas pengendara motor cruiser, yang umumnya dalah pria dan motornya bermerek Harley-Davidson.Harley Davidson adalah motor pabrikan motor cruiser yang paling terkenal di Indonesia, sehingga terkadang motor cruiser dipanggilnya motor Harley.

Jenis-jenis modifikasi[sunting | sunting sumber]

  • Motor Chopper, modifikasi berat, di mana biasanya bodi motor didesain secara ulang demi memenuhi selerah pengendara. Penggunaan bahan krom sudah awajr di modifikasi chopper.
  • Motor Bobber, Sebelum ada Chopper, ada Bobber. Biasanya fender depan motor dihilangkan dan fender belakang dikecilkan. Seperti Chopper, desainnya bernuansa minimalis dan menggunakan bahan krom.