Moonwalker (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Moonwalker
Smoothcriminal7.jpg
Poster Film
Sutradara Jerry Kramer,
Will Vinton (untuk bagian "Speed Demon")
Jim Blashfield (untuk bagian "Leave Me Alone"),
Colin Chilvers (untuk bagian "Smooth Criminal")
Produser Frank DiLeo,
Michael Jackson
Dennis E. Jones
Jerry Kramer
Will Vinton (untuk bagian "Speed Demon")
Penulis Michael Jackson (cerita) (untuk bagian "Smooth Criminal")
David Newman (skenario) (untuk bagian "Smooth Criminal")
Pemeran Michael Jackson
Joe Pesci
Sean Lennon
Kellie Parker
Brandon Quintin Adams
Musik Michael Jackson
Bruce Broughton
Sinematografi Thomas E. Ackerman
Robert E. Collins
Frederick Elmes
John Hora
Crescenzo Notarile
Penyunting Dale Beldin
David E. Blewitt
Mitchell Sinoway
Studio Ultimate Productions
Distributor Warner Bros. Pictures
Tanggal rilis 26 Desember 1988 (UK)
10 Januari 1989 (Video rumahan AS)
Durasi 93 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris


Moonwalker, atau dikenal juga dengan Michael Jackson: Moonwalker, adalah film keluaran Amerika yang dirilis pada tahun 1988 dan dibintangi oleh mega bintang Michael Jackson.

Film ini terdiri dari klip singkat mengenai riwayat Michael Jackson, kumpulan beberapa video klip dari album Bad, serta adegan-adegan tambahan yang merangkai klip-klip tersebut menjadi alur cerita ayng utuh. Judul film ini diambil dari jargon "Moonwalk", teknik tarian yang dipopulerkan oleh Jackson dalam penampilannya pada acara "Motown 25: Yesterday, Today, Forever". Meskipun sebenarnya jargon tersebut dipopulerkan oleh media massa, namun Jackson sendiri memilih nama tersebut untuk judul filmnya itu.

Pada awalnya film ini dirilis bersamaan dengan diluncurkannya album Bad pada tahun 1987. Namun pada akhirnya film ini diluncurkan sebagai bagian dari konser "Bad World Tour". Film ini pertama kali ditayangkan di bioskop-bioskop Inggris pada 26 Desember 1988. Pada awalnya film ini direncanakan diputar di bioskop-bioskop Amerika dan Kanada pada hari Natal tahun 1988. Namun terjadi penundan sehingga film ini baru dirilis pada 10 Januari 1989 dalam bentuk Home Video setelah Jackson menyelesaikan tour kosernya. Bedasarkan data 17 April 1989, video film ini telah terjual hingga 800.000 salinan[1]

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini dibagi atas beberapa segmen yang satu sama lainnya tidak memiliki hubungan yang erat. Film ini lebih bersifat kumpulan video klip Michael Jackson dibandingkan dengan sebuah alur cerita. Namun demikian beberapa video klip dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai sebuah film musikal pendek. Segemen-segemen dalam film tersebut antara lain:

Man in The Mirror[sunting | sunting sumber]

Adegan pembukaan film ini dimulai dengan video klip lagu "Man in The Mirror" yang berupa cuplikan konser Jackson dalam "Bad World Tour". Pada video klip ini juga disisipkan gambar-gambar anak-anak Afrika dan tokoh-tokoh dunia seperti Mahatma Gandhi, Martin Luther King, Jr., John Lennon, dan sebagainya.

Retrospektip[sunting | sunting sumber]

Pada segemen ini ditampil kumpulan potongan video klip Jackson sejak zaman The Jackson 5, Thriller, "The Jackson's Victory Tour", We Are the World, serta beberapa klip dari album Bad. Sebagian klip tersebut telah diedit ulang untuk memberikan tampilan yang lebih dramatis dan menunjukan perjalanan karier Jackson.

Badder[sunting | sunting sumber]

Merupakan parodi dari video klip singel "Bad". Berbeda dengan video klip singelnya, pada "Badder" seluruh pemerannya diganti dengan sekelompok anak-anak yang berdandan seperti Michael Jackson dan penari latarnya. Anak-anak tersebut kemudian menari dan menyanyi seperti pada adegan video klip tersebut. Namun pada video klip "Badder" disisipkan adegan-adegan yang bersifat komedi.

Michael Jackson kecil dalam video klip ini diperankan oleh Brandon Quintin Adams. Sedangkan aktor lain yang ikut mendukung klip tersebut antara lain Jermaine Jackson, Jr. dan Nikki Cox.

Speed Demon[sunting | sunting sumber]

Segmen ini merupakan lanjutan dari video klip "Badder". Disutradarai oleh Will Vinton dan dilatari oleh lagu "Speed Demon" dari album Bad. Pada segemen ini menceritakan Jackson yang dikejar-kejar oleh sekelompok penggemarnya yang ditampilkan dalam bentuk animasi tanah liat. Jackson kemudian menyamar sebagai Spike si kelinci (juga dalam bentuk animasi tanah liat) yang kemudian mengerjai penggemar-penggemar gila tersebut. Dalam pelariannya, Jackson juga menyamar menjadi artis-artis terkenal lainnya seperti Sylvester Stallone, Tina Turner, dan Pee-Wee Herman. Segmen ini ditutup dengan adu tarian antara Jackson dan Spike si kelinci yang berakhir dengan ditilangnya Jackson secara konyol akibat melanggar rambu larangan Moonwalk.

Leave Me Alone[sunting | sunting sumber]

Pada segmen ini ditampilkan video klip singel "Leave Me Alone" dari album Bad. Video ini ditampilkan berupa animasi yang menggambarkan kegemaran, cita-cita, dan hal-hal yang mencerminkan pribadi dari Jackson. Video klip ini juga menggambarkan rasa kekesalan Jackson kepada media dan paparazi yang selalu mencap negatif dirinya. Video klip ini memperoleh penghargaan sebagai video klip terbaik dalam ajang Grammy Award yang juga satu-satunya penghargaan yang dimenangkan dari album Bad.

Smooth Criminal[sunting | sunting sumber]

Merupakan segemen terpanjang dari film Moonwalker. Menceritakan persahabatan antara Jackson dan sekelompok anak-anak jalanan (yang salah satunya diperankan leh Sean Lennon). Pada suatu hari ketika Jackson dan anak-anak tersebut sedang bermain, secara tidak sengaja mereka menemukan markas penjahat kelas kakap yang bernama Frankie Lideo (plesetan dari manejer Jackson, Frank DiLeo) atau yang lebih dikenal dengan "Mr. Big" (diperankan oleh aktor Joe Pesci). Namun keberadaan Jackson dan kawan-kawannya diketahui oleh Mr.BiG dan anak buahnya. Akibatnya, Jackson menjadi incaram kelompok penjahat itu. Selanjutnya, dalam adegan yang bernuansa tahun 1930-an, Jackson berhasil melarikan diri dari kejaran Mr.Big dengan berubah menjadi mobil sport futuristik. Jackson kemudian bersembunyi dalam sebuah kafe tua yang ternyata dihuni oleh hantu-hantu Mafia era 1930-an. Pada adegan berikutnya diperlihatkan Jackson bertarung dengan mafia-mafia tersebut dengan gaya musikal yang diiringi dengan lagu "Smooth Criminal". Sayangnya Mr.Big yang mengepung kafe tua itu kemudian menangkap Katie, salah satu teman cilik Jackson yang diam-diam mengikuti Jackson dari belakang. Untuk menyelamatkan teman ciliknya itu, Jackson kemudian bertarung dengan Mr.Big dengan berubah menjadi robot raksasa. Setelah Mr.Big berhasil dikalahkan, Jackson akhirnya pergi dengan mengubah diri menjadi pesawat jet futurististik

Come Together[sunting | sunting sumber]

Setelah menyelamatkan anak-anak dari kejaran Mr.Big, Jackson kemudian mengajak mereka untuk menonton "live performance"-nya disebuah pentas. Pada segemen in Jackson membawakan lagu "Come Together" yang dipopulerkan oleh grup The Beatles dan sekaligus segmen penutup film Moonwalker.

Pemain dan Peranan[sunting | sunting sumber]

Video game[sunting | sunting sumber]

Tampilan awal permainan "Michael Jackson's Moonwalker " versi permainan arkade.

Popularitas film ini kemudian diikuti dengan dirilisnya sebuah permainan arkade keluaran Sega yang berjudul Michael Jackson's Moonwalker pada tahun 1990. Permainan ini bersifat Beat 'em up dengan Michael Jackson sebagai tokoh utamanya. Jalan cerita permainan ini mengambil segmen "Smooth Criminal" dari film Moonwalker yang ditambahkan dengan jalan cerita lain seperti cerita zombie dalam video klip singel "Thriller". Misi utama permainan ini adalah mengalahkan Mr.Big yang menculik anak-anak jalanan, sahabat Jackson. Seperti permainan arkade lainnya, Jackson akan dihadang oleh anak buah Mr.Big dalam perjalannya. Keunikan permainan ini terletak pada senjata Jackson yang berupa tarian-tarian, temasuk gerakan Moonwalk. Musik latar permainan ini juga diambil singel-singel hit Michael Jackson seperti "Bad", "Smooth Criminal", "Beat it", dan sebagainya. Permainan ini cukup populer dan menjadi hit pada tahun terebut. Kesuksesan permainan ini kemudian dikuti dengan keluarnya versi PC dan konsol pada tahun yang sama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]