Monumen Yonaguni

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Monumen Yonaguni is located in Jepang
Monumen Yonaguni
Lokasi Monumen Yonaguni

Monumen Yonaguni adalah formasi bebatuan dasar laut di lepas pantai Yonaguni, ujung selatan kepulauan Ryukyu, Jepang. Ada perdebatan apakah situs tersebut merupakan gejala alam belaka, bebatuan alami yang telah dimodifikasi, atau merupakan buatan manusia seutuhnya.[1][2]

Situs itu kadangkala disebut "Formasi bawah laut Yonaguni" (与那国島海底地形 Yonaguni-jima Kaitei Chikei?) dan "Reruntuhan bawah laut Yonaguni" (与那国島海底遺跡 Yonaguni-jima Kaitei Iseki?) dalam bahasa Jepang.

Penemuan[sunting | sunting sumber]

Laut di pesisir Yonaguni merupakan lokasi penyelaman terkenal selama musim dingin karena besarnya populasi hiu kepala martil di kawasan itu. Tahun 1987, saat mencari posisi yang bagus untuk mengamati hiu, Kihachiro Aratake, ketua Himpunan Pariwisata Yonaguni-Cho, mendapati beberapa formasi bawah laut yang menyerupai struktur arsitektural.[3] Beberapa waktu kemudian, sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Masaaki Kimura dari Universitas Ryūkyū mengunjungi formasi tersebut. Kimura sangat mendukung bahwa formasi tersebut adalah buatan manusia.

Formasi itu menjadi tujuan pariwisata yang cukup populer bagi para penyelam, meskipun arus air laut yang kuat.[3] Tahun 1997, industrialis Yasuo Watanabe mensponsori ekspedisi informal yang terdiri dari penulis John Anthony West dan Graham Hancock, fotografer Santha Faiia, geologis Robert Schoch, beberapa penyelam dan instrukturnya, dan kru pengambilan gambar dari British Channel 4 dan Discovery Channel. Pengunjung terkenal lainnya adalah penyelam bebas Jacques Mayol, yang menulis buku tentang pengalaman menyelamnya di Yonaguni.[4] Sebuah plakat untuk menghormatinya diletakkan di formasi bawah laut tersebut setelah aksi bunuh dirinya pada tahun 2001.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Robert M. Schoch (1999). "Yonaguni Enigmatic Underwater Monuments". Diakses 2010-07-06. 
  2. ^ Masaaki Kimura (1991). Mu tairiku wa Ryukyu ni atta (The Continent of Mu was in Ryukyu) (dalam bahasa japanese). Tokuma Shoten.  Unknown parameter |address= ignored (help)
  3. ^ a b John Anthony West (1998). "Diving for Lemuria". Diakses 2010-07-06. 
  4. ^ Jacques Mayol. Heritage des Peuples de la Mer. 

Koordinat: 24°25′55″LU 123°00′40″BT / 24,432°LU 123,011°BT / 24.432; 123.011