Mondial piega

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Mondial adalah pabrikan asal Italia yang berjaya di arena balap, terutama pada era 1940-an & 1950-an sebelum akhirnya bangkrut tahun 1967. 30 tahun kemudian pabrikan ini hidup lagi dan membuat Piega, sepeda motor yang pertama kali dibuat setelah kebangkrutan pabrik yang dibangun oleh Earls Boselli ini. Namun, pemilik pabrikan yang baru belum pernah membuat sepeda motor, sehingga Piega adalah motor yang pertama kali diproduksi.

Mondial Moto
IndustriMotorcycle
Didirikan1929
PendiriCarlo Boselli, Luigi Boselli, Ettore Boselli, Giuseppe Boselli, Ada Boselli
Kantor
pusat
,
Lombardy, Italy
Situs webfbmondial.com

Sejarah awal (1929–1943)[sunting | sunting sumber]

FB Mondial lahir di bawah dorongan Boselli bersaudara Luigi, Carlo, Ettore dan Ada. FB adalah singkatan dari "Fratelli Boselli" (Bahasa Inggris: Boselli Brothers). Ayah dari saudara-saudara wirausaha adalah Giuseppe Boselli, seorang pilot yang disegani dan salah satu pemilik GD, sebuah perusahaan sepeda motor legendaris dari Bologna.

Awalnya dibuka bengkel untuk penjualan dan servis model G.D, namun dalam beberapa bulan, segera menjadi jelas bahwa ada permintaan pasar untuk sepeda motor murah dan tangguh. Selama bertahun-tahun sebagai pengendara sepeda motor yang kompetitif, Count Giuseppe Boselli telah bertemu Oreste Drusiani, pembuat mesin terkenal dan pasangan itu mencapai kesepakatan. Di peternakan Oreste di Bologna itulah FB mendirikan tempat produksi pertamanya, mendedikasikan dirinya untuk pembangunan sepeda motor.

Setelah sukses yang stabil di tahun-tahun awal mereka, pada tahun 1943 FB memutuskan untuk memperluas kemampuan produksi mereka dan membeli mesin modern untuk meningkatkan produksi. Sayangnya mereka tidak dapat menjalankan rencana mereka, karena pada tanggal 24 Juli 1943, sebuah bom sekutu yang berat menghantam stasiun kereta api Bologna dan sekitarnya, mengguncang pertanian. Mesin selamat, tetapi dikomandoi oleh militer untuk membantu dalam upaya perang, menunda produksi selama perang.

Era pascaperang (1948–1979)[sunting | sunting sumber]

FB Mondial 125cc – 1949

Kolaborasi antara keluarga Drusiani dan keluarga Boselli berlanjut pada akhir periode perang, dengan rekonstruksi gedung, berkat sumber daya ekonomi yang sangat besar dari Boselli, yang mengambil alih kendali penuh perusahaan.[1][2] FB secara efektif diluncurkan kembali pada tahun 1948 sebagai FB Mondial. Mondial menemukan kesuksesan balap awal, memenangkan yang pertama dari apa yang akan menjadi lima Kejuaraan Dunia hanya dalam tahun kedua produksi mereka. Pada saat MV Agusta dan Ducati memproduksi sepeda motor dua tak, moped, dan skuter yang ringan dan ekonomis, Mondial lebih merupakan pabrikan "butik", yang mengkhususkan diri pada sepeda motor berperforma tinggi dan berkapasitas kecil. Sebagian besar produksi setiap sepeda motor dilakukan dengan tangan, yang menjaga produksi tetap rendah, dengan jumlah produksi biasanya berkisar antara 1.000 dan 2.000 unit per tahun. Mondial mampu melanjutkan kesuksesan ini selama beberapa tahun, dengan tetap berpegang pada metodologi ini. Pada tahun 1957, Soichiro Honda mendekati pemilik Mondial Count Boselli untuk membeli sepeda balap Mondial, yang dengannya perusahaan tersebut baru saja memenangkan gelar dunia 125 cc dan 250 cc. Count Boselli memberi Mr. Honda sebuah Mondial balap; Honda menggunakan motor ini sebagai standar yang dicita-citakannya, agar bisa bersaing di skala dunia. Sepeda balap Mondial 125 cc asli, masih menjadi sepeda pertama yang dipamerkan saat memasuki Honda's Motegi Collection Hall.

Sepeda motor balap Grand Prix Mondial 250 1957
1964 50cc Mondial Super Sportiva

Setelah musim Grand Prix 1957, banyak pabrikan sepeda motor besar Italia termasuk Gilera, Moto Guzzi, dan MV Agusta mengumumkan bahwa mereka akan menarik diri dari kompetisi Grand Prix dengan alasan peningkatan biaya dan penurunan penjualan (MV Agusta kemudian mempertimbangkan kembali dan melanjutkan balapan).[3][4] Mondial, terlepas dari kesuksesan mereka yang berkelanjutan, memutuskan untuk bergabung dengan mereka. Ini menandai awal dari penurunan popularitas dan penjualan untuk perusahaan Italia, dan pada tahun 1960, sepeda motor all-Mondial terakhir meninggalkan pabrik. Setelah ini, Mondial melanjutkan untuk beberapa saat, membeli mesin dari pembuat berpemilik. Dalam bentuk hybrid ini, sepeda motor dengan rangka Mondial dan suku cadang tambahan, tetapi mesin non-Mondial, diproduksi oleh pabrik selama 19 tahun ke depan. Namun, Mondial menghentikan produksi secara keseluruhan pada tahun 1979, sampai kelahiran kembali mereka hampir dua puluh tahun kemudian.

Kepemilikan Ziletti (1999–2004)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1999, hak atas Mondial dibeli oleh taipan surat kabar Roberto Ziletti. Ziletti adalah pengendara sepeda motor yang rajin di masa mudanya, dan mimpinya adalah memiliki perusahaan sepeda motor yang bergengsi. Segera setelah membeli hak, ayah Ziletti meninggal, meninggalkan dia bertanggung jawab atas Grup Lastra. Mondial mulai memproduksi superbike lagi segera sesudahnya.

Pada tahun 2000 Ziletti meminta Honda untuk memasok mesin untuk Mondial baru (Piega 1000) dari superbike RC51 pemenang balapan mereka. Kesepakatan itu seharusnya dibuat karena Mondial telah memasok Soichiro Honda dengan sepeda balap tahun 1957 itu. Ini adalah pertama kalinya Honda mengizinkan sebuah perusahaan menggunakan mesinnya untuk kendaraan produksi mereka.

Mondial Piega

Kesulitan Mondial terjadi ketika Lastra mengakuisisi divisi seni grafis seluruh dunia Mitsubishi Corp, membuat Roberto Ziletti tidak memiliki cukup waktu untuk fokus pada Mondial. Dia telah menghabiskan lebih dari 11 juta Euro untuk perusahaan tersebut, dan setelah gagal mengembangkan Mondial ke perusahaan Swiss, pabrik Arcore ditempatkan di tangan pengadilan kebangkrutan Monza pada Juli 2004, dengan sekitar 35 Mondial Piega 1000 di berbagai negara bagian. dari penyelesaian. Untuk menempatkan ini dalam perspektif, Lastra Group memiliki omset melebihi 500 juta Euro pada tahun 2004.

Dalam wawancara pada bulan Maret 2005 sebuah dealer sepeda motor Georgia selatan, menyatakan bahwa pengadilan telah mengatur untuk menjual Mondial ke perusahaan Amerika mereka, Superbike Racing, pada tanggal 28 Februari 2005, dan bahwa mereka akan melanjutkan merek tersebut.[5] Namun, pengadilan Monza menjual Mondial Moto SPA kepada pembeli lain pada 27 Juli 2005: Biemme, perusahaan sepeda motor lain yang berlokasi di Meda (dekat Milan) dan dimiliki oleh Piero Caronni (orang yang sama yang membeli sisa-sisa dan hak produksi dari pengadilan pailit Rimini). dari Bimota untuk Bimota V Due yang kemudian mati), menamai dirinya sebagai GRUPPO MONDIAL S.R.L. dan terus menawarkan Piega 1000s ke pasar.

'Memulai lagi' (2014–sekarang)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2014, teman-teman Count Pierluigi Boselli, pemilik merek Mondial dan keturunan dari pendiri asli, dan Cesare Galli, pemegang Pelpi internasional Italia, mulai meletakkan dasar proyek untuk menghidupkan kembali perusahaan, membuat sketsa desain pertama yang akan dalam waktu menjadi sepeda motor pertama.

Cesare Galli sebelumnya adalah Direktur Teknis di Fantic Motor, merek offroad Italia yang sukses. Galli bekerja di sana sampai Fantic ditutup pada tahun 1996 (sejak itu telah dimulai kembali dengan sukses), setelah memenangkan hat-trick Kejuaraan Uji Coba Dunia dengan desainnya, serta gelar Enduro Dunia dan Italia berturut-turut. Galli mengambil alih impor sepeda motor trail Kawasaki dan ATV untuk Italia. Pada tahun 2002 ia mendirikan Pelpi International, distributor Eropa untuk produsen skuter dan minibike Taiwan Aeon and Over.[6]

Sepanjang tahun pertama dan sepanjang 2015 sketsa desain awal berkembang menjadi prototipe kemudian akhirnya menjadi kenyataan; HPS 125 dan HPS 250 untuk FB Mondial. Desain HPS bertujuan untuk menjadi perpaduan dari F.B. Karakter mondial, dengan teknologi modern.[7]

Dibangun oleh Piaggio di Cina, yang juga memproduksi kendaraan untuk merek Italia ikonik seperti Aprilia dan Vespa, Mondial baru secara efektif merupakan mesin Piaggio dengan desain sasis dan gaya spesifikasi yang lebih tinggi dari Mondial.[8]

Perusahaan saat ini menawarkan empat varian ke pasar. HPS 'café-racer' bergaya tradisional, tersedia dengan mesin 125cc dan 250cc, serta model SMT dan SMX off-road bergaya sporty.[9]

Sejarah balapan[sunting | sunting sumber]

Grand Prix Kejuaraan Dunia[sunting | sunting sumber]

Kejuaraan Dunia 1949[sunting | sunting sumber]

  • Kejuaraan Dunia Pembalap – Kelas 125cc – Nello Pagani
  • Kejuaraan Dunia Konstruktor – Kelas 125cc

Kejuaraan Dunia 1950[sunting | sunting sumber]

  • Kejuaraan Dunia Pembalap – Kelas 125cc – Bruno Ruffo
  • Kejuaraan Dunia Konstruktor – Kelas 125cc

Kejuaraan Dunia 1951[sunting | sunting sumber]

  • Kejuaraan Dunia Pembalap – Kelas 125cc – Carlo Ubbiali
  • Kejuaraan Dunia Konstruktor – Kelas 125cc

Kejuaraan Dunia 1957[sunting | sunting sumber]

  • Kejuaraan Dunia Pembalap – Kelas 250cc – Cecil Sandford
  • Kejuaraan Dunia Pembalap – Kelas 125cc – Tarquinio Provini
  • Kejuaraan Dunia Konstruktor – Kelas 250cc
  • Kejuaraan Dunia Konstruktor – Kelas 125cc

Setelah musim Grand Prix 1957, produsen sepeda motor besar Italia termasuk Gilera, Moto Guzzi, MV Agusta dan Mondial mengumumkan bahwa mereka akan menarik diri dari kompetisi Grand Prix dengan alasan peningkatan biaya dan penurunan penjualan.

Kejuaraan Nasional[sunting | sunting sumber]

  • Kejuaraan Pemimpin Italia 1950 – Divisi 1 – Kelas 125 – Carlo Ubbiali
  • Kejuaraan Pemimpin Italia 1950 – Divisi 1 – Piala Industri Internasional
  • Kejuaraan Pemimpin Italia 1951 – Divisi 1 – Kelas 125 – Carlo Ubbiali
  • Kejuaraan Pemimpin Italia 1952 – Divisi 1 – Kelas 125 – Carlo Ubbiali
  • Kejuaraan Kecepatan Austria 1952 – Kelas 125 – Alexander Mayer
  • Kejuaraan Kepemimpinan Italia 1952 – Divisi 2 – Kelas 125 – Adelio Albonico
  • Kejuaraan Kecepatan Austria 1953 – Kelas 125 – Alexander Mayer
  • Kejuaraan Kecepatan Belanda 1953 – Kelas 125 – Lodewick Simons
  • Kejuaraan Kepemimpinan Italia 1953 – Kelas 2 – Kelas 125 – Venturi Remo
  • Kejuaraan Kecepatan Belanda 1954 – Kelas 125 – Lodewick Simons
  • Kejuaraan Pemimpin Italia 1954 – Kelas 2 – Kelas 125 – Tarquinio Provini
  • Kejuaraan Marche Italia 1954 – Divisi 2 – Kelas 125
  • Kejuaraan Pemimpin Italia 1955 – Kelas 1 – Kelas 125 – Tarquinio Provini
  • Kejuaraan Motocross Italia 1956 – Emilio Ostorero
  • Kejuaraan Motocross Italia 1957 – Emilio Ostorero
  • Kejuaraan Italia 1957 Formula 1 – Kelas 250
  • Kejuaraan Italia 1957 Formula 1 – Kelas 125
  • Kejuaraan Marche Inggris 1957 – Kejuaraan Marche Inggris Kelas 250 – Kelas 125
  • Kejuaraan Kecepatan Prancis 1965 – Kelas 125 – Jacky Onda

Trofi Turis Isle of Man[sunting | sunting sumber]

1951 Pulau Man TT[sunting | sunting sumber]

  • Ultra Ringan TT (125cc) – Cromie McCandless

1957 Pulau Man TT[sunting | sunting sumber]

  • Ultra Ringan TT (125cc) – Tarquinio Provini
  • TT Ringan (250cc) – Cecil Sandford

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Solerio, Dino; Ruffini, Enrico; Gargiulo, Giosué; Camandona, Michele; Raggio, Eleonora; Solini, Antonio; Dei Poli, Marcello (2008-01-26). "Successful surgical management of a delayed pharyngo-esophageal perforation after anterior cervical spine plating". European Spine Journal. 17 (S2): 280–284. doi:10.1007/s00586-007-0578-5. ISSN 0940-6719. 
  2. ^ MINIATI, MARA (1990). "COMUNE DI CAMPOGALLIANO, Bilance Bascule Stadere. Modena, edizioni il Bulino 1987, 69 pp., fig". Nuncius. 5 (1): 315. doi:10.1163/182539190x01010. ISSN 0394-7394. 
  3. ^ edited by Erwin Tragatsch (1979). The illustrated history of motorcycles. London: New Burlington Books. ISBN 0-906286-07-7. OCLC 11383153. 
  4. ^ GRASSET, O. (1957). "La production piscicole et l'envasement". Bulletin Français de Pisciculture (186): 22–25. doi:10.1051/kmae:1957002. ISSN 0373-0514. 
  5. ^ Peterson, I. (1985-06-08). "A Fresh Start at Three Mile Island?". Science News. 127 (23): 359. doi:10.2307/3969795. ISSN 0036-8423. 
  6. ^ Zielinski, C.; Ebenhöh, C.; Elendt, H.; Grötsch, A. (2017). Ventiltriebtechnologien für die Herausforderung Motorrad – Besonderheiten im Vergleich zu Automobilmotoren. VDI Verlag. hlm. 45–58. 
  7. ^ Introduction. WTO. 2017-09-22. hlm. 14–23. ISBN 978-92-870-4362-7. 
  8. ^ Bukata, W. Richard (2001-07). "Repeal of Motorcycle Helmets Laws Increases Motorcycle Deaths". Emergency Medicine News. 23 (7): 29. doi:10.1097/00132981-200107000-00017. ISSN 1054-0725. 
  9. ^ Introduction. WTO. 2017-09-22. hlm. 14–23. ISBN 978-92-870-4362-7.