Molokh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Molokh (pembacaan dari susunan tiga huruf Semitik מלך m-l-k, yang berarti "raja") — juga ditulis sebagai Moloch, Molech, Molekh, Molok, Molek, Molock, atau Moloc — adalah nama dewa sembahan bangsa Amon.[1] Nama lainnya adalah Milkom. Pada zaman kuno dipuja oleh bangsa-bangsa Kanaan, Fenisia dan kebudayaan terkait di Afrika Utara dan Mesopotamia. Pemujaan dewa ini dihubungkan dengan persembahan anak-anak sebagai korban bakaran.

Terdapat larangan keras untuk mengikuti pemujaan Molokh di Kitab Imamat dan Kitab Ulangan sebagai bentuk penyembahan berhala yang dibenci oleh Tuhan.[2] Dalam Alkitab Ibrani (atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen), kata Gehenna awalnya adalah tempat di mana orang Israel yang menyembah berhala serta pengikut dewa-dewa orang Kanaan, termasuk Molokh dan Baal, membakar hidup-hidup anak-anak mereka sebagai korban.(2 Tawarikh 28:3, 33:6; Yeremia 7:31, 19:2-6). Praktek ini juga dilakukan bahkan di Yerusalem (2 Raja-raja 23:10, Kisah Para Rasul 7:43), yaitu yang disebut Tofet di lembah Hinom dekat Yerusalem. (2 Raja-raja 23:10, Yeremia 7:31-32)

Molokh secara kiasan dipakai untuk menyebut orang atau benda yang membutuhkan pengorbanan sangat mahal dalam sastra Inggris, mulai dari Paradise Lost (1667) karya John Milton sampai ke Howl (1955) karya Allen Ginsberg.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Masih belum sepenuhnya diterima, menurut Johnston, Sarah Isles, Religions of the Ancient World: A Guide. Cambridge: Harvard University Press. ISBN 0-674-01517-7. p.335
  2. ^ Imamat 18:21

Lihat pula[sunting | sunting sumber]