MojoPac

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

MojoPac adalah sebuah virtualisasi aplikasi produk dari Teknologi RingCube. MojoPac berubah setiap USB 2.0 perangkat penyimpanan, ke dalam lingkungan komputasi portabel. Istilah "MojoPac" digunakan oleh perusahaan untuk merujuk ke aplikasi perangkat lunak, lingkungan virtual berjalan di dalam software ini, dan perangkat penyimpanan USB yang berisi perangkat lunak dan aplikasi yang relevan. MojoPac mendukung aplikasi populer seperti Firefox dan Microsoft Office , dan juga kinerja cukup tinggi untuk menjalankan PC Games populer seperti World of Warcraft dan Half-Life 2 .

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Untuk awalnya setup perangkat MojoPac, pengguna menjalankan installer dan memilih perangkat USB terpasang ke sistem. Setelah MojoPac terinstal, menciptakan sebuah dieksekusi di root perangkat yang bersama dengan file autorun yang memberikan pengguna pilihan untuk memulai lingkungan MojoPac secara otomatis saat perangkat terpasang (tergantung bagaimana host PC dikonfigurasi). Setelah aplikasi ini dijalankan, baru Windows Desktop (dengan wallpaper sendiri, ikon, shell, dll) akan dimulai dalam lingkungan virtual MojoPac. Setiap aplikasi yang berjalan di dalam lingkungan ini berjalan dari perangkat USB tanpa mempengaruhi filesystem dari tuan rumah. Seorang pengguna menginstal aplikasi yang paling (termasuk Microsoft Office , Adobe Photoshop , Firefox ) pada perangkat penyimpanan portabel hanya dengan menjalankan installer di dalam lingkungan ini. Pengguna dapat beralih antara lingkungan host dan lingkungan MojoPac dengan menggunakan MojoBar di bagian atas layar. Setelah pengguna dilakukan dengan aplikasi, mereka hanya keluar dari MojoPac dan mengeluarkan perangkat USB.

Untuk menjalankan aplikasi pada komputer yang berbeda, pengguna tidak perlu menginstal ulang aplikasi. Pengguna dapat pasang perangkat penyimpanan portabel ke setiap Windows XP komputer. Semua pengaturan pengguna, aplikasi, dan dokumen fungsi yang sama terlepas dari mana komputer perangkat penyimpanan portabel terhubung ke. Komputer tidak memerlukan aplikasi khusus atau driver yang diinstal untuk menggunakan MojoPac, meskipun hak administrator diperlukan jika "User MojoPac" belum diinstal pada PC host.

Bila perangkat penyimpanan portabel terputus dari komputer, tidak ada informasi pribadi yang tertinggal di komputer.

Persyaratan[sunting | sunting sumber]

Membutuhkan Windows XP Home atau Pro, Windows 2000 tidak didukung, meskipun Vista direncanakan akan didukung dalam waktu dekat.

Membutuhkan akses Administrator. Sebuah versi khusus, MojoPac Usher, dapat dijalankan di universitas atau lingkungan dikurung lain jika administrator hadir untuk log in sekali.

Sebuah versi Limited User sedang dalam pembangunan.

Keamanan[sunting | sunting sumber]

MojoPac tidak termasuk fitur untuk mengenkripsi data pada drive USB, tetapi tidak memiliki sistem proteksi password yang mencegah seseorang dari memulai lingkungan MojoPac. Semua file pada USB drive tidak memiliki enkripsi tambahan, yang bermasalah jika perangkat MojoPac hilang. Namun, ini tidak berbeda dari instalasi default Windows XP dan MojoPac dapat digunakan bersama-sama dengan OTFE software seperti FreeOTFE atau TrueCrypt untuk memberikan yang kuat yang diinginkan enkripsi dan penyangkalan yang masuk akal (seperti Windows XP dapat). Sebuah perangkat MojoPac diamankan menggunakan jenis perangkat lunak yang cukup aman dalam kasus pencurian.

Karena virtualisasi dilakukan oleh MojoPac, aplikasi yang berjalan di dalam lingkungan MojoPac tidak dapat (biasanya) memodifikasi host. Sebagai contoh, semua sejarah browsing untuk Internet Explorer dan browser lain yang disimpan pada perangkat USB daripada tuan rumah. Demikian pula, jika program jahat mencoba untuk menghapus C: \ Windows direktori di MojoPac, file pada perangkat USB yang dihapus, tapi file pada mesin host akan tetap. Namun, adalah mungkin bagi pengguna untuk memodifikasi sistem MojoPac itu file, yang kemudian tercermin ke file sistem yang sama dari PC host , sehingga tingkat saat ini isolasi antara lingkungan virtual dan PC host tidak sekuat disediakan oleh teknologi virtualisasi seperti VMware mesin penuh. RingCube telah menyatakan ini adalah bug yang dikenal yang akan dibahas dalam versi masa depan MojoPac .

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

www.nyompu.co.cc www.mojopac.com