Mojmír II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Mojmír II (?-(?)906) merupakan raja terakhir Kerajaan Moravia Raya (894-?906). Karena perang saudara dengan saudaranya, ia gagal memotong kerajaannya dan kemungkinan tewas ketika bertempur dengan penyerang Bangsa Hongaria.

Mojmír menggantikan ayahnya Svatopluk I sebagai raja Moravia Raya pada tahun 894. Pada saat yang sama, Kerajaan Nitra diberikan sebagai tanah lungguh kepada saudaranya Svatopluk II. Namun Svatopluk II, didukung oleh Arnulf dari Kärnten, raja Francia Timur, memberontak melawan Mojmír II pada tahun 895 dan lagi pada tahun 897, ketika ia menyimpulkan sebuah perjanjian koperasi dengan Arnulf. Sebagai akibatnya, Mojmír II menyerang saudaranya, namun dikalahkan oleh pasukan Franka Timur dikirimkan untuk mendukung pemberontakan Svatopluk II.

Dilemahkan oleh konflik internal, Moravia Raya kehilangan teritori sekelilingnya : Diserahkan ke Kerajaan Balaton kepada Franka Timur pada tahun 894, setelah suku Magyar menjarah wilayah ini. Bohemia, melepaskan diri dari Moravia Raya pada tahun berikutnya, menjadi pengikut Arnulf. Bahaya lain muncul, ketika Hongaria menyeberangi Kärnten untuk menetap di lembah sungai Kärnten (895/896). Pada tahun 896, mereka menetap atau tinggal di dalam Moravia Raya yang jarang dihuni disekitar wilayah atas/tengah Sungai Tisza dan pada tahun 900/901, setelah beberapa penjarahan penggerebekan di Eropa, mereka pindah ke Transdanubia. Juga, Lusatia meninggalkan kerajaan Moravia Raya pada tahun 897 dan menjadi pengikut Arnulf.

Dibalik bencana-bencana tersebut, Mojmír berhasil mengkonsolidasi kekuatannya. Pada tahun 898 ia meminta Paus untuk mentahbiskan klerus Moravia Raya yang baru untuk mengurangi pengaruh klerus Bayern di dalam negaranya. Bayern (misalnya Franka Timur), merasa tidak senang dengan pemrintaan pada tahun 898, mengirimkan pasukan ke Moravia Raya, yang dikalahkan oleh Mojmír II. Lagipula, Mojmír menangkap pemberontak Svatopluk II. Namun Svatopluk II akhirnya diselamatkan oleh pasukan Bayern, dengan siapa ia melarikan diri ke Jerman.

Setelah kematian Raja Arnulf, Paus akhirnya mengirimkan walinya untuk mentahbiskan keuskupan agung Moravia Raya dan 3 uskup pada tahun 899, menurunkan pengaruh utama klerus Bayern. Satu-satunya hal yang diketahui mengenai mereka adalah uskup agung mengijinkan liturgi dilakukan di Gereja Slavia Kuno lagi (antara lain sebagai tentangan kepada liturgi Latin) dan salah satu dari mereka berkedudukan di Nitra.

Namun demikian, Hongaria menjadi berbahaya bagi Francia Timur dan Moravia Raya. Mojmír menghentikan serangan mereka pada tahun 902 dan 906. Pada tahun 904, ia bahkan dibantu oleh kontingen Bayern. Mojmír II dan Svatopluk II mungkin meninggal pada tahun 906, satu tahun peperangan intens dengan Hongaria.

Pada tahun 907, Hongaria mengarahkan pasukan Bayern di tiga perang Bratislava. Mojmír atau nama pewaris tidak disebutkan di dalam hubungan dengan pertempuran-pertempuran penting itu.

Setelah tahun 907 Kerajaan Moravia Raya mulai hancur. Sisa-sisa wilayah inti dari Moravia Raya dibagi antara negara-negara yang baru didirikan Bohemia dan Kerajaan Hongaria, dan pemimpin kecil lokal yang terus memerintah selama beberapa dekade di dalam gunung-gunung yang sekarang Slovakia.

Didahului oleh:
Svatopluk I
Raja Moravia Raya
894–?906
Diteruskan oleh:
Tidak diketahui