Mohammed bin Rasyid al-Maktoum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mohammed bin Rashid
Al Maktoum
محمد بن راشد آل مكتوم
Wakil Presiden Uni Emirat Arab
Mulai menjabat
5 Januari 2006
Menjabat bersama Mansour bin Zayed Al Nahyan
PresidenKhalifa bin Zayed Al Nahyan
Dirinya Sendiri sebagai Plt.
Mohammed bin Zayed Al Nahyan
Sebelum
Pengganti
Petahana
Sebelum
Perdana Menteri Uni Emirat Arab
Mulai menjabat
11 Februari 2006
PresidenZayed bin Sultan Al Nahyan
Khalifa bin Zayed Al Nahyan
Mohammed bin Zayed Al Nahyan
WakilSultan bin Zayed Al Nahyan (2006–09)
Hamdan bin Zayed Al Nahyan (2006–09)
Saif bin Zayed Al Nahyan (2009–)
Mansour bin Zayed Al Nahyan (2009–)
Sebelum
Pengganti
Petahana
Sebelum
Emir Dubai
Mulai menjabat
4 Januari 2006
Sebelum
Pengganti
Petahana
Sebelum
Menteri Pertahanan Uni Emirat Arab
Mulai menjabat
9 December 1971
PresidenZayed bin Sultan Al Nahyan
Khalifa bin Zayed Al Nahyan
Mohammed bin Zayed Al Nahyan
Perdana MenteriMaktoum bin Rashid Al Maktoum
Rashid bin Saeed Al Maktoum
Dirinya Sendiri
Sebelum
Pendahulu
Jabatan Dibentuk
Pengganti
Petahana
Sebelum
Putra Mahkota Dubai
Masa jabatan
4 Januari 1995 – 4 Januari 2006
Penguasa monarkiMaktoum bin Rashid Al Maktoum
Informasi pribadi
Lahir22 Juli 1949 (umur 74)
Dubai, Trucial Serikat
KebangsaanEmirati
Suami/istriHind bint Maktoum bin Juma Al Maktoum
Haya bint Al-Hussein
AyahRashid bin Saeed Al Maktoum
Pewaris NyataHamdan bin Mohammed Al Maktoum
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Mohammed bin Rashid Al Maktoum (Arab محمد بن راشد آل مكتوم; ) Muḥammad bin Rāsyid al Maktūm), juga disebut Sheikh Mohammed, (lahir 22 Juli 1949) adalah Perdana Menteri ke-3 negara Uni Emirat Arab dan Wakil Presiden Uni Emirat Arab menjabat bersama Syekh Mansour bin Zayed Al Nahyan(UEA), dan Emir Keamiran Dubai ke-3.sebelum nya menjabat sebagai Putra Mahkota Dubai pada tahun 1995 hingga 2006 Dan digantikan oleh sang anak Syekh Hamdan bin Mohamad bin Rasyid Al Maktoum ketika beliau diangkat menjadi Perdana Menteri Uni Emirat Arab.

Kehidupan Pribadi dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Dia adalah anak ketiga dari empat putra Rashid bin Saeed Al Maktoum (anggota keluarga penguasa Dubai Al Maktoum dan keturunan dari Gedung Al-Falasi, yang ia adalah suku pemimpin[1]). Dari usia empat tahun, Sheikh Mohammed adalah belajar secara privat dalam Bahasa Arab dan Studi Islam. Pada tahun 1955, ia mulai pendidikan formal di Al Ahmedia Sekolah. Pada usia 10, ia pindah ke Al Shaab Sekolah, dan dua tahun kemudian, ia pergi ke Sekolah Menengah Dubai. Pada tahun 1966, ia dan sepupunya, Sheikh Muhammad bin Khalifa Al-Maktoum, menghadiri Bell Pendidikan Dipercaya 's Sekolah Bahasa Inggris di Britania Raya.

Istri tua-Nya Cheikha Hind binti Maktoum bin Juma Al Maktoum yang dinikahinya pada tahun 1979. Paling terkenal istri muda Nya HRH Putri Haya binti Al Hussein, putri Raja Hussein dari Yordania dan setengah-adik Raja saat ini Abdullah II dari Yordania, yang dinikahinya pada 10 April, 2004, dan dengan siapa ia memiliki satu anak, seorang putri, AlJalila, lahir 2 Desember 2007.[2][3][4] Sheikh Mohammed memiliki 21 anak resmi diakui: delapan putra dan putri tiga belas.

Al Maktoum, anak-anaknya, dan anak-anaknya yang dikenal sebagai penggemar keranjingan puisi Arab tradisional dan seni, dan mengambil bagian dalam proyek-proyek untuk membantu negara-negara berkembang seperti Yordania, Mesir, Otoritas Palestina dan Yaman. Dia menulis puisi dalam Nabati (sehari-hari Arab.) [5] Mereka juga penggemar olahraga, terutama kuda pacu dan Unta Balap. Sebagai contoh, dalam Asian Games 15 tahun 2006, anaknya Rasyid meraih emas perorangan dalam Ketahanan, putra Rashid, Ahmed, Majid, dan Hamdan meraih emas tim di Daya Tahan,[6] Latifa keponakannya meraih perunggu di Show Jumping,[7] dan putrinya Maitha memimpin tim UEA di Taekwondo .[8]

Kuda Pacuan[sunting | sunting sumber]

Sheikh Mohammed adalah tokoh utama dalam internasional ras balap kuda dan pemuliaan. Pada akhir 1981, ia membeli Gainsborough Stud di Woolton Bukit, dekat Newbury, Berkshire, Britania Raya. Dia memiliki Ballysheehan Stud di County Tipperary, Irlandia. Dia juga memiliki Gainsborough Farms Inc di Versailles, Kentucky, Amerika Serikat. Operasi balap Nya meliputi kepemilikan Darley Stables dan dia adalah mitra terkemuka di keluarganya Godolphin Stables. Sheikh Mohammed host Dubai World Cup, seri terkaya di dunia ras kuda.

Di Inggris, kuda-kudanya telah memenangkan banyak penting Grup Satu ras termasuk beberapa dari Races Klasik Inggris. Kuda juga memenangkan Irlandia Derby Wilayah dan Prix de l'Arc de Triomphe dan di Amerika Serikat tahun 2006 Wilayah Preakness dengan Bernardini.

Pada tahun 2008, ia membeli Woodlands Stud dengan harga $ 460.000.000.[9]

Politik dan Karier Bisnis[sunting | sunting sumber]

Mohammed bersama Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto, pada Juli 2022.

Pada tanggal 3 Januari 1995, Sheikh Maktoum bin Rashid Al Maktoum menandatangani dua dekret bahwa Syekh Muhammad diangkat sebagai Pangeran Mahkota Dubai.

Sheikh Mohammed mengawasi pengembangan berbagai proyek di Dubai termasuk penciptaan Palm Islands dan mewah Burj Al Arab hotel. Dia juga mempromosikan pembangunan Burj Khalifa, yang sekarang struktur berdiri bebas tertinggi di dunia, gedung tertinggi di dunia; pembukaan resmi adalah pada hari Senin, 4 Januari 2010. Selama masa jabatannya sebagai Pangeran Mahkota ia mendirikan Dubai Holding, sarat utang dan finansial perusahaan induk bermasalah dengan multi-diversifikasi bisnis dan investasi. Dia saat ini memiliki 99,67% dari perusahaan.[10]

Setelah kira-kira satu dekade pemerintahan de facto,[11] ia menjadi Penguasa Dubai pada 4 Januari 2006 setelah kematian kakaknya Sheikh Maktoum bin Rashid Al Maktoum. Dia juga dinominasikan oleh Presiden UEA, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, untuk menjadi Perdana Menteri berikutnya dan Wakil Presiden UEA pada tanggal 5 Januari 2006. Para anggota Dewan Nasional Federal UE menerima nominasi Presiden.

Kekayaan Bersih[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juni 2010, kekayaannya diperkirakan sebesar USD $ 79.300.000.000 oleh majalah Forbes, berarti dia adalah raja terkaya 3 dikalahkan oleh Abu Dhabi dan Saudi keluarga kerajaan.

Amal[sunting | sunting sumber]

Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum telah dikenal luas amalnya. Pada tanggal 19 Mei 2007, ia mengumumkan rencana untuk memberikan $ US100m untuk mengatur Mohammed bin Rashid Al Maktoum Foundation, sebuah yayasan pendidikan di Timur Tengah, salah satu sumbangan amal terbesar dalam sejarah.[12] Sheikh Mohammed menyatakan bahwa uang itu dimaksudkan untuk menjembatani kesenjangan pengetahuan antara wilayah Arab dan dunia berkembang, meningkatkan standar pendidikan dan penelitian di wilayah tersebut, mengembangkan program kepemimpinan untuk pemuda, dan merangsang penciptaan lapangan kerja. Pengumuman ini dibuat pada 2007 Forum Ekonomi Dunia di Yordania.

Salah satu inisiatif Foundation adalah Baitul Hikmah Ul.

Dubai Cares[sunting | sunting sumber]

Pada bulan September 2007, ia meluncurkan Dubai Cares kampanye untuk mengumpulkan uang untuk mendidik 1 juta anak di negara-negara miskin. Kampanye ini kontribusi Dubai untuk Tujuan Pembangunan Milenium PBB untuk menyediakan Pendidikan Dasar anak-anak untuk setiap anak pada tahun 2015. Jumlah disumbangkan untuk kampanye ini telah melebihi USD 1,65 miliar (Sekitar US $ 450 juta).

Noor Dubai[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 3 Desember 2008, Sheikh Mohammad juga meluncurkan baru Ramadhan inisiatif dengan nama "Noor Dubai", bertujuan untuk membantu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Internasional untuk Pencegahan Kebutaan (IAPB) dalam mencapai tujuannya yang digariskan pada tahun 2020 VISI: Hak sight. Noor Dubai akan mengobati dan memberikan pelayanan kesehatan bagi satu juta orang yang menderita kebutaan yang bisa disembuhkan dan gangguan penglihatan di negara berkembang pada skala lokal, regional, dan internasional.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Keluarga Penguasa Dubai Pada tahun 2000, Syekh didanai € 4.000.000 untuk pembangunan masjid Essalaam di Rotterdam, kontroversi Belanda, yang menyebabkan utama.[13]

Sejak tahun 2000, atlet berkuda internasional berafiliasi dengan UNICEF telah bekerja untuk mengakhiri momok "perbudakan modern di olahraga dipasang,"[14] dengan menempatkan tekanan publik dan diplomatik di Sheikh Mohammed dan pemerintah UEA. Pada tahun 2005, sebuah program yang disponsori UNICEF dengan pemerintah UEA mengakibatkan pemulangan ratusan anak-anak sebelumnya diperbudak sebagai joki unta, dan memberikan mereka dengan layanan sosial dan kompensasi setelah kembali ke negara asal mereka di Pakistan, Sudan, Mauritania, dan Bangladesh. Pemerintah UEA menyisihkan $ US2.7 juta dana awal pada 2005 dengan tambahan $ US9 juta untuk tahap kedua, dan untuk menegakkan kepatuhan, mengadopsi hukum resmi melarang praktik dengan hukuman waktu penjara dan $ US27, 200 baik.[15] UNICEF endorsed the UAE’s efforts and expressed the hopes that “the UAE’s programme will serve as a model to other countries in the region, as a means of ending all forms of exploitation of children”.[16]

Pada bulan September 2006, Sheikh Mohammed dituduh mendorong penculikan dan perbudakan ribuan anak laki-laki untuk digunakan sebagai joki dalam ras onta. Sebuah class action gugatan diajukan terhadap dia di negara bagian Florida.[17][18][19][20] Namun, pada tahun 2006, pengacara Amerika yang mewakili UAE mengangkat mosi untuk membatalkan gugatan itu, bukan pada substansinya melainkan pada alasan bahwa tidak ada pihak yang terlibat tinggal di AS Pada bulan Juli 2007, hakim Cecilia Altonaga diterima gerak dan diberhentikan sesuai dengan.

Pada tanggal 9 Maret 2007, Koran Metro yang berbasis di London menerbitkan gambar Sheikh Mohammed, menghubungkan ke tersangka teror Khalid Shaikh Mohammed. Metro meminta maaf atas kesalahan tersebut.[21]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Home
  2. ^ "Khaleej Times Interview on the princess's official website". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-04-05. Diakses tanggal 2011-10-01. 
  3. ^ "The Royal News, 2004-04-10". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2004-06-07. Diakses tanggal 2006-02-09. 
  4. ^ Shaikh Mohammad and Princess Haya blessed with a baby girl Diarsipkan 2008-12-03 di Wayback Machine. Gulf News (2 Desember 2007). Retrieved 2 December 2007.
  5. ^ ""The Poet"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-18. Diakses tanggal 2011-10-01. 
  6. ^ UAE EQUESTRIAN RACING FEDERATION
  7. ^ "Latifa does UAE proud as she qualifies for Beijing Olympics, UAE interact". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-03. Diakses tanggal 2011-10-01. 
  8. ^ "Shaikha Maitha bound for Beijing Olympics". Gulf News. 2008-03-24. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-06-20. Diakses tanggal 2008-06-15. 
  9. ^ "Meet racing's new king - Horseracing - Sport - smh.com.au". smh.com.au. 2011 [last update]. Diakses tanggal 6 September 2011. 
  10. ^ "Dubai Holding Profile", Zawya.
  11. ^ BBC report, 2006-01-05
  12. ^ Leyne, Jon (2007-05-19). "Dubai ruler in vast charity gift". BBC News. Diakses tanggal 2007-05-19. 
  13. ^ "Maktoum Moskee in Rotterdam Zuid na 7,5 jaar OPEN! - Ansaar Community". Forums.ansaar.nl. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-08-16. Diakses tanggal 2011-09-03. 
  14. ^ UNICEF Unite for Children Website http://www.uniteforchildren.ca/ Diarsipkan 2009-10-18 di Wayback Machine.
  15. ^ UAE-US Relations; http://www.uae-us.org/page.cfm?id=63 Diarsipkan 2008-12-29 di Wayback Machine.
  16. ^ UNICEF Website http://www.unicef.org/media/media_26692.html Diarsipkan 2012-05-10 di Wayback Machine.
  17. ^ Gumbel, Andrew (2006-09-15). "Dubai princes accused of masterminding trade in jockey slaves". The Independent. London. Diakses tanggal 2010-05-13. 
  18. ^ "Dubai's ruler accused of slavery". BBC News. 2006-09-14. Diakses tanggal 2010-05-13. 
  19. ^ "A Dubai Leader Faces Charges of Enslavement - September 14, 2007 - The New York Sun". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-13. Diakses tanggal 2011-10-01. 
  20. ^ Cover Bio from Current Biography Monthly Magazine - April 2008
  21. ^ Sheikh Mohammed apology, Metro News, Friday, 9 March 2007

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Bacaan Lebih Lanjut[sunting | sunting sumber]

  • My Vision - Tantangan dalam Balap Excellenceoleh Mohammed bin Rashid Al Maktoum (2006); dalam bahasa Arab; menjelaskan visi Sheikh Mohammed untuk Dubai
  • Dubai Kisah Maktoumoleh John M. Smith; dalam bahasa Inggris, sebuah buku yang mengkritik pemerintahan Sheikh Mohammed
Mohammed bin Rasyid al-Maktoum
Lahir: 1949
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Maktoum bin Rashid Al Maktoum
Penguasa Dubai
2006–sekarang
Petahana
Jabatan politik
Didahului oleh:
Maktoum bin Rashid Al Maktoum
Perdana Menteri Uni Emirat Arab
2006–sekarang
Petahana