Mohammad Khan Qajar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mohammad Khan Qajar
Shahanshah Persia
Berkuasa21 Maret 1789 – 17 Juni 1797 [8 tahun 2 bulan 27 hari]
PendahuluLotf Ali Khan
PenerusFat′h-Ali Shah Qajar
Kelahiran1742
Astarabad, Persia
KematianSabtu, 17 Juni 1797 [usia 55]
Shusha, Karabakh Khanate
Pemakaman
Nama lengkap
Mohammad Khan Qajar
AyahMohammad Hasan Khan Qajar
AgamaIslam Syiah

Agha Muḥammad Khān Qājār (1742–1797; Persia: آغا محمد خان قاجار)‎ adalah kepala suku Qajar, menggantikan ayahnya Mohammad Hassan Khan, yang dibunuh oleh Adil Shah. Ia menjadi Kaisar/Shah Persia pada 1794 dan mendirikan dinasti Qajar. Ia digantikan oleh keponakannya, Fat′h Ali Shah Qajar.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Agha Mohammad Khan lahir di Astarabad sekitar tahun 1742. Ia berasal dari suku Qajar cabang Quwanlu (juga dieja Qawanlu). Suku Qajars adalah salah satu suku asli Turkoman Qizilbash yang muncul dan menyebar di Asia Kecil sekitar abad kesepuluh dan kesebelas. Mereka kemudian menyuplai kekuasaan kepada Safawi sejak masa awal dinasti tersebut. Suku ini mempunyai beberapa cabang lain, salah satu yang paling menonjol adalah Develu, yang sering berperang melawan Quwanlu. Agha Mohammad Khan adalah putra tertua dari kepala suku klan Quwanlu, Mohammad Hasan Khan Qajar, dan cucu dari Fath-Ali Khan Qajar, seorang bangsawan terkemuka yang dieksekusi atas perintah Shah Tahmasp II (mungkin dipaksa oleh Nader Qoli Beg, yang kemudian dikenal sebagai Nader Shah setelah merebut takhta Iran pada tahun 1736, menandai berdirinya dinasti Afsharid).[3] Agha Mohammad Khan memiliki beberapa saudara tiri dan saudara kandung: Hossein Qoli Khan, Morteza Qoli Khan, Mostafa Qoli Khan, Reza Qoli Khan, Jafar Qoli Khan, Mehdi Qoli Khan, Abbas Qoli Khan dan Ali Qoli Khan.

Ketika Nader Shah meninggal pada tahun 1747, pemerintahan Afsharid di Iran runtuh, yang memberi Mohammad Hasan kesempatan untuk merebut Astarabad untuk dirinya sendiri, menyebabkan keponakan Nader Shah, Adel Shah, berbaris dari Masyhad ke kota untuk menangkapnya.  Meski gagal menangkap Hasan, Adel Shah berhasil menangkap Agha Mohammad Khan, yang rencananya akan ia bunuh.  Dia kemudian memilih untuk mengampuni nyawa Agha Mohammad Khan dan malah mengebiri dia dan kemudian membebaskannya.  Meskipun ejaan umum "Agha" (آقا) biasanya digunakan sebagai gelar yang secara kasar diterjemahkan menjadi "Tuan" atau "Tuan", gelar Agha Mohammad Khan memiliki ejaan yang berbeda (آغا), yang merupakan gelar umum di kalangan kasim yang bertugas di  pengadilan.[3][5][6].[1]

Pembunuhan[sunting | sunting sumber]

Agha Muhammad dibunuh pada 1797 di kota Shusha, ibu kota Karabakh khanate, kurang lebih 3 tahun pada masa kekuasaan.

Bendera Iran Persia selama pemerintahan Agha Mohammad Khan Qajar

Keponakannya, yang dimahkotai sebagai Fath Ali Shah, menggantikannya.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Cyrus Ghani (6 January 2001). Iran and the Rise of the Reza Shah: From Qajar Collapse to Pahlavi Power. I.B.Tauris. hlm. 9–. ISBN 978-1-86064-629-4. Diakses tanggal 4 November 2012. 
Mohammad Khan Qajar
Lahir: 1742 Meninggal: 17 Juni 1797
Gelar
Didahului oleh:
Lotf Ali Khan
Dinasti Zand
Shah Persia
1789–1797
Diteruskan oleh:
Fat′h Ali Shah Qajar