Model bagian tubuh manusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Model bagian tubuh manusia adalah tiruan bagian-bagian tubuh manusia yang biasanya terbuat dari plastik yang diberi nomor/label disertai keterangan.

Beberapa model yang terdapat dalam laboratorium biologi sekolah adalah:

Torso manusia wanita dan laki-laki yang terdapat di laboratorium Sekolah Permai.

Torso manusia adalah model untuk mempelajari morfologi dan anatomi manusia. Torso ini mempunyai bentuk dan warna alat-alat tubuh yang sesuai dengan yang sebenarnya dan terpasang tegak di atas sebuah alas dari papan. Setengah belahan tubuhnya tidak berkulit sehingga kelihatan otot dan pembuluh darah. Bagian depan badannya dapat dibuka sehingga kelihatan alat-alat tubuh bagian dalam seperti paru-paru, jantung, lambung, hati, usus, dan ginjal. Bagian-bagian alat dalam tubuh juga dapat dilepaskan untuk melihat rongga tubuh ke arah punggung (ventral). Torso ini ada dua macam yaitu torso manusia wanita dan laki-laki.

Model jantung adalah tiruan jantung manusia yang dapat dibuka dan berukuran lebih besar dari ukuran sebenarnya. Bagian-bagiannya bernomor dan terpasang pada dudukan. Model ini terbuat dari plastik.

Model kepala – leher adalah tiruan kepala dan leher berukuran sebenarnya yang dapat dibuka. Bagian-bagiannya bernomor dan terpasang pada dudukan. Model ini terbuat dari plastik.

Model laring adalah tiruan bentuk laring manusia yang terbuat dari plastik dan terpasang pada dudukan. Pada model ini tampak lidah dan dapat dibuka. Bagian-bagiannya diberi nomor.

Model kulit adalah penampang kulit yang menunjukkan folikel rambut dan kelenjar keringat. Model ini terbuat dari kayu atau plastik dan terpasang pada bantalan.

Model kerangka adalah tiruan rangka manusia dengan tinggi 1500 mm yang terpasang pada bantalan. Bahan model ini dari karet atau plastik.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]