Mobile Servicing System

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
STS-114 Steve Robinson on Canadarm2.jpg
Leroy Chiao working on Space Station Remote Manipulator System.jpg

Mobile Servicing System (MSS), lebih dikenal dengan komponen utamanya Canadarm2, adalah sistem robot dan peralatan yang terkait di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Diluncurkan ke ISS pada tahun 2001, alat ini memainkan peran kunci dalam perakitan stasiun dan pemeliharaan; peralatan dan perlengkapan bergerak di sekitar stasiun, mendukung astronot bekerja di ruang angkasa, dan instrumen jasa dan muatan lain yang melekat pada ISS. Astronot menerima pelatihan khusus untuk memungkinkan mereka untuk melakukan fungsi-fungsi ini dengan berbagai sistem SPM.

MSS terdiri dari lengan yang sebenarnya disebut Space Station Remote Manipulator System (SSRMS), Mobile Remote Servicer Base System (MBS) dan Special Purpose Dexterous Manipulator (SPDM, juga dikenal sebagai Dextre atau tangan Kanada). Sistem ini dapat bergerak sepanjang rel tentang Integrated Truss Structure di atas AS menyediakan keranjang Mobile Transporter yang host Sistem Dasar MRS. Perangkat lunak sistem kontrol ditulis dalam bahasa pemrograman Ada 95.[1]

MSS dirancang dan diproduksi oleh MDA Space Missions (sebelumnya disebut Robotika MD, sebelumnya disebut SPAR Aerospace) atas kontribusi Badan Antariksa Kanada untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Case Study: MDA - Canadian Space Arm". AdaCore. Diakses 2009-10-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]