Mobil super

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Mobil super (supercar) adalah klasifikasi mobil sport yang memiliki performa di atas rata-rata mobil sport.

Dari segi harga[sunting | sunting sumber]

Rata-rata mobil super memiliki harga yang tinggi dibanding mobil sport biasa. Di Indonesia, semua mobil super baru memiliki harga di atas rp.1 miliar.

Dari segi merek[sunting | sunting sumber]

Mayoritas mobil super memiliki merek yang berkelas sperti Ferrari, Lamborghini, dan Porsche. Kebanyakan berasal dari Eropa.Adapun beberapa pabrikan yang mereknya berkelas umum seperti Nissan dan Honda yang membuat mobil super.

Dari segi teknologi[sunting | sunting sumber]

Mobil super memiliki teknologi-teknologi yang modern, biasa lebih berfokus pada performa mobil. Penggunaan bahan yang ringan dan kuat juga diterapkan seperti serat karbon dan aluminium.Rem karbon keramik juga sudah umum di dunia mobil super.Penggunaan paddleshift sebagai pengganti transmisi gigi manual biasa juga sudah cukup umum.

Performa[sunting | sunting sumber]

Akselerasi dan kecepatan akhir harus melebihi rata-rata mobil sport.

Desain bodi[sunting | sunting sumber]

Mobil super harus berpintu dua. Mayoritas mobil super pun memiliki bodi yang pendek demi mengutamakan pengendalian pada kecepatan tinggi. Rata-rata mobil super pun lebar ukurannya. Namun beberapa mobil super modern memiliki bodi yang lebi sempit. Banyak mobil super modern yang letak mesinnya di tengah belakang untuk membuat titik gravitasi menjadi seimbang sehingga pengendalian lebih stabil dan aman saat kecepatan tinggi. Mobil-mobil super umumnya memiliki visibilitas yang kurang baik,artinya,banyak pandangan keluar yang dicela,membuatnya susah saat dibawa ke tempat sempit atau saat parkir.Namun beberapa mobil super zaman sekarang memiliki visibilitas yang lebih baik. Mobil super umumnya memiliki ground clearance yang sangat pendek sehingga hanya bisa melewati jalan-jalan tertentu. Mobil super seringkali dikritis di tanah air karena tidak dapat melewati rata-rata polisi tidur di Indonesia yang tinggi. Selain itu, banyaknya jalan berlubang juga dapat merusak mobil super.

Contoh-contoh[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]