Mošovce

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Koordinat: 48°55′LU 18°52′BT / 48,917°LU 18,867°BT / 48.917; 18.867
Mošovce
Desa
The original folk architecture of Mošovce
Bendera
Lambang
Negara  Slowakia
Region Žilina
Kabupaten Turčianske Teplice
Tourism region Turiec
Elevasi 495 m (1.624 ft)
Koordinat 48°55′LU 18°52′BT / 48,917°LU 18,867°BT / 48.917; 18.867
Area 1,05/58,09 km2 (0,01 sq mi)
Populasi 1.328 (2008)
Kepadatan 1.265 / km² (3.276 / sq mi)
First mentioned 1233
Walikota Ing. Peter Mojtek
Zona waktu CET (UTC+1)
 - summer (DST) CEST (UTC+2)
Kode pos 03821
Kode wilayah +421-43
Car plate TR
Location of Mošovce in Slovakia
Location of Mošovce in Slovakia
Location of Mošovce in the Žilina Region
<div style="position:absolute; left:Kesalahan ekspresi: Karakter tanda baca "[" tak dikenalipx; top:Kesalahan ekspresi: Karakter tanda baca "[" tak dikenalipx; padding:0;">
Location of Mošovce in the Žilina Region
Wikimedia Commons: Mošovce
Statistik: MOŠ/MIS
Situs web: www.mosovce.sk

Mošovce (bahasa Hongaria: Mosóc) adalah salah satu desa terbesar di daerah Turiec di Slowakia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Banyak gedung bersejarah yang dilestarikan menjadi bukti bagi keberadaan desa ini selama 770 tahun. Desa ini pertama kali disebutkan dalam surat sumbangan yang diberikan oleh Raja Andrew II.

Pada mulanya, Mošovce terbentuk dari dua pemukiman: Yang pertama, Machyuch, terletak di daerah yang saat ini disebut Starý Rad, dan yang kedua, Terra Moys, yang memberikan desa tersebut namanya yang sekarang, menempati wilayah yang kini disebut Vidrmoch. Nama dari pemukiman yang kedua itulah yang berarti Tanah Mojš (Terra Moys), yang membuat kita percaya bahwa seluruh desa itu dulunya adalah milik seseorang yang bernama Tuan Mojš, yang kemungkinan merupakan singkatan dari nama majemuk Slavia Mojtech, yang mirip dengan nama-nama Vojtech atau Mojmír. Sepanjang sejarah, nama desa ini telah mengalami berbagai variasi, mulai dari Mossovych, Mosocz, Mossowecz, villa regia Mayos alio nomine Mossovych, oppidioum Mayus sue Mosocz, Mosocz olim Mayus hingga namanya yang sekarang Mošovce. Nama dari sebuah bagian kuno yang terpisah dari Mošovce, sebuah bekas pemukiman Chornukov, telah dilestarikan dalam bentuknya yang modern Čerňakov.

Mošovce pertama kali berkembang sebagai sebuah pemukiman kerajaan dengan pembelaan yang bebas (free advocacy), dan sejak pertengahan abad ke-14 sebagai sebuah kota dengan hak khusus yang berada di bawah kastil kerajaan Blatnica. Pada 1527 kota ini jatuh ke tangan keluarga Révay, yang menindas hak-hak khusus kota Mošovce selama hampir 400 tahun.

Di masa lampau, Mošovce merupakan sebuah pusat kerajinan industri yang penting dari daerah Turiec. Hasil kerajinan industri mengalami perkembangan yang mengejutkan, dan di kota ini terdapat sekitar 15 gilda yang aktif. Gilda pembuat sepatu bot dan gila pembuat pakaian bulu binatang yang paling termasyhur bertahan hingga lama sekali. Mošovce dapat dicirikan sebagai daerah wisata yang penting dengan banyak pemandangan yang indah.

Pemandangan[sunting | sunting sumber]

Salah satu monumen yang paling indah adalah Manor House Rococo-Klasik dari paruhan kedua abad ke-18, dengan Taman Inggris yang luas. Tempat-tempat lainnya di kota ini mencakup: tempat kelahiran Ján Kollár, sebuah gereja Katolik Neo-gothik dengan sebuah altar berharga yang dibangun di tempat bekas gereja yang lama, sebuah gereja Lutheran yang dibangun pada 1784, sebuah Mausoleum yang kini menjadi Museum Kerajinan industri, sebuah rumah kaca Art-Nouveau, dan pavilyun dari tahun 1800.

Alam[sunting | sunting sumber]

Lingkungan di sekitar Mošovce sangatlah unik. Jalan-jalan dengan pepohonan di kiri-kanannya dan semak-semak, menciptakan pemandangan yang indah dan sangat mengesankan, yang merupakan perluasan dari pemandangan hutan dari Pegunungan Veľká Fatra. Barisan pegunungan ini adalah salah satu yang paling menarik di Slowakia. Batu-batu gamping dan dolomit dalam bentuk-bentuk yang menakjubkan, serta keindahan alam di Blatnická dan Gaderská menarik orang dari seluruh penjuru dunia.

Budaya dan tradisi[sunting | sunting sumber]

Mošovce telah melahirkan banyak orang penting. Yang terbesar di antaranya adalah Frico Kafenda (1883-1963), komponis; Anna Lacková-Zora (1899-1988), penulis; Štefan Krčméry (1892-1955), kritikus sastra, sejarahwan dan penyair; Júr Tesák Mošovský, seorang dramatis Barok; dan Miloslav Schmidt, pendiri pasukan pemadam kebakaran amatir di Slowakia.

Namun, barangkali orang terpenting yang lahir di Mošovce adalah penyair, filsuf dan pendeta Lutheran Slavia yang besar, Ján Kollár (1793-1852), yang telah memengaruhi dunia sastra dari paling sedikit dua negara dengan komposisi puisinya Slávy Dcera. Hasil karyanya dianggap sebagai dasar dan motif bagi para patriot dan aktivis nasional masa kini. Puisi-puisi tersebut telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa (Slavia) dan berbagai bahasa lain di luar bahasa Slavia.

Gallery[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]