Miracle on 34th Street

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Miracle on 34th Street
Miracle on 34th Street.jpg
Poster film
Sutradara George Seaton
Produser William Perlberg
Penulis Valentine Davies (cerita)
George Seaton
Pemeran Maureen O'Hara
John Payne
Natalie Wood
Edmund Gwenn
Harry Antrim
Musik Cyril Mockridge
Sinematografi Lloyd Ahern
Charles G. Clarke
Penyunting Robert L. Simpson
Distributor 20th Century Fox
Tanggal rilis 2 Mei 1947 (Amerika Serikat)
Durasi 96 menit
Bahasa Inggris

Miracle on 34th Street adalah film Natal yang disutradarai George Seaton. Film produksi tahun 1947 ini diangkat berdasarkan cerita oleh Valentine Davies dengan pemeran utama Maureen O'Hara, John Payne, Natalie Wood, dan Edmund Gwenn. New York City setelah Parade Hari Pengucapan Syukur Macy's dijadikan latar belakang cerita, ketika orang bertanya-tanya apakah Sinterklas di toko serba ada memang benar-benar Sinterklas yang asli.

Film ini memenangi Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik (Edmund Gwenn), Cerita Terbaik (Valentine Davies), dan Skenario Adaptasi Terbaik. Walaupun dinominasikan sebagai Film Terbaik, film tidak menang. Piala Oscar untuk Film Terbaik tahun itu dimenangi oleh Gentleman's Agreement.

Cerita yang sama juga dibuatkan dalam bentuk versi novela pendek oleh Davies. Penerbitannya dilakukan Harcourt Brace secara bersamaan dengan peredaran film ini.

Plot[sunting | sunting sumber]

Kris Kringle (Edmund Gwenn) marah melihat laki-laki (Percy Helton) yang memerankan Sinterklas ternyata sedang mabuk sebelum Parade Hari Pengucapan Syukur Macy's dimulai. Kris mengadukan hal tersebut kepada Doris Walker (Maureen O'Hara) yang menjabat direktur penanggung jawab parade. Doris kemudian menjadikan Kris sebagai Sinterklas dalam parade tahun itu. Kris tampil begitu baika memerankan Sinterklas dalam parade hingga akhirnya dipekerjakan sebagai Sinterklas di toko utama Macy's di 34th Street, New York City.

Pimpinan toko serba ada memesan kepada Kris agar memandu para orang tua untuk hanya membeli barang yang ingin dijual Macy's. Hal tersebut diabaikan Kris, ia malah mengatakan kepada salah seorang wanita pembeli (Thelma Ritter) untuk pergi ke toko lain yang menjual mobil pemadam kebakaran yang sedang diingini anak laki-lakinya karena mainan tersebut sedang tidak dimiliki Macy's. Wanita pembeli tersebut begitu terkesan dengan ketulusan hati Kris sehingga ia memberi tahu Kepala Bagian Mainan Julian Shellhammer (Philip Tonge) tentang betapa baik hatinya "Sinterklas" Macy's tahun itu, dan berjanji bahwa dirinya akan menjadi pelanggan setia Macy's. Kepada seorang ibu yang lain, Kris juga mengatakan bahwa di toko pesaing Macy's (Gimbels) ada sepatu skat yang lebih baik untuk anak perempuan ibu itu.

Pengacara Fred Gailey (John Payne) adalah pria tetangga yang senang mengasuh Susan (Natalie Wood), anak perempuan Doris Walker yang berusia 9 tahun. Sebagai wanita karier yang masih muda, Doris membesarkan Susan sendirian. Fred mengajak Susan untuk menjumpai Kris yang sedang berperan sebagai Sinterklas. Ketika Doris tahu putrinya diajak melihat Sinterklas, ia mengomeli Fred yang dituduhnya mengisi pikiran Susan dengan khayalan. Susan adalah anak perempuan cerdas yang sangat yakin bahwa Sinterklas tidak ada. Kepercayaannya mulai goyah setelah dilihatnya Kris berbicara dan bernyanyi dalam bahasa Belanda kepada anak perempuan Belanda yang menjadi yatim piatu akibat Perang Dunia II. Ketika Kris diminta Doris untuk mengatakan kepada Susan bahwa dirinya bukanlah Sinterklas, jawaban Kris membuat Doris terkejut. Menurut Kris, dirinya adalah memang betul Sinterklas.

Cemas dengan kesehatan jiwa Sinterklas yang dipekerjakannya, Doris memutuskan untuk memecat Kris. Namun Kris sebagai Sinterklas di Macy's telah mendapat sambutan hangat dari masyarakat dan pelanggan Macy. Pemilik Macy's, R. H. Macy begitu senang dengan Kris. Doris serta Shellhammer dan menjanjikan bonus besar. Dengan maksud baik, Shellhammer meminta Granville Sawyer (Porter Hall) untuk memeriksa Kris secara psikologi. Kris dengan mudah lolos tes.

Melihat Macy's semakin ramai dikunjungi pembeli, Gimbels, toko serba ada pesaingnya menjadi kalang-kabut. Gimbels ikut-ikutan meniru strategi Macy's mencarikan barang di toko lain untuk kemudahan pembeli. Kris berhasil mewujudkan sesuatu yang mustahil, Mr. Macy akhirnya mau berjabatan tangan dengan Mr. Gimbel (Herbert H. Heyes).

Pierce (James Seay), dokter di rumah jompo tempat tinggal Kris meyakinkan Doris dan Shellhammer bahwa delusi Kris tidak berbahaya. Fred mengajak Kris untuk sementara mau tinggal di rumahnya agar Kris lebih dekat dengan tempat kerja. Kris berjanji kepada Fred bahwa dirinya akan berusaha meyakinkan Susan bahwa Sinterklas itu benar-benar ada, dan Fred akan dibantu agar Doris yakin bahwa Fred sungguh-sungguh mencintainya.

Sementara itu Sawyer berhasil meyakinkan pegawai muda bernama Alfred (Alvin Greenman) bahwa Kris memang betul-betul mengalami gangguan mental. Kris bertengkar dengan Sawyer hingga lepas kendali dan memukulnya dengan tongkat. Doris dan Shellhammer ikut menjadi saksi. Sawyer melebih-lebihkan cedera yang dideritanya, dan Kris dimasukkan ke Rumah Sakit Jiwa Bellevue.

Cerita berlanjut dengan usaha Fred sebagai pengacara di pengadilan untuk membebaskan Kris dari rumah sakit jiwa. Usaha Fred dibantu oleh Susan yang juga menginginkan hadiah Natal yang mustahil di Hari Natal, ayah baru dan seorang adik laki-laki. Kris dibebaskan setelah Kris yang berada di pengadilan menerima lebih dari 50.000 pucuk surat yang selama ini menumpuk sebagai surat mati karena ditulis oleh anak-anak untuk Sinterklas. Kantor Pos Amerika Serikat, sebuah badan federal bahkan mengakui Kris Kringle adalah benar-benar Sinterklas.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pembuatan ulang[sunting | sunting sumber]

Film ini pernah empat kali dibuat ulang, dan juga pernah dibuat menjadi sebuah musikal Broadway. Pada tahun 1948, Lux Radio Theater menyiarkan sebuah adaptasi cerita ini. Adaptasi lainnya berupa sandiwara radio setengah jam dalam dua kali siaran dalam Screen Director's Playhouse, semuanya dibintangi Edmund Gwenn. Hak atas versi panggung dimiliki oleh Samuel French, Inc..

Film televisi sepanjang satu jam diproduksi pada tahun 1955. Film tersebut dibintangi Thomas Mitchell sebagai Kris, Macdonald Carey sebagai Fred, Teresa Wright sebagai Doris, dan Sandy Descher sebagai Susan. Versi ini sama sekali tidak menampilkan Sinterklas mabuk, dan diberi judul The Miracle on 34th Street. Awalnya film tersebut ditayangkan sebagai salah satu episode The 20th Century Fox Hour, dan kemudian ditayangkan ulang dengan judul Meet Mr. Kringle.

Dalam adaptasi cerita ini sebagai film televisi tahun 1959, Kris Kringle diperankan oleh Ed Wynn dengan bintang tamu Orson Bean. Film tersebut ditayangkan secara langsung dan berwarna oleh NBC, sehari sesudah Thanksgiving.

Pada tahun 1963, sebuah musikal Broadway diproduksi berdasarkan cerita yang sama. Meredith Willson menulis musikal yang kemudian diberi judul Here's Love.

Sebuah film televisi kembali diproduksi pada tahun 1973 dengan bintang Jane Alexander, David Hartman, Roddy McDowall, Sebastian Cabot, Suzanne Davidson, Jim Backus, David Doyle, dan Tom Bosley. Film ini diadaptasi oleh Jeb Rosebrook dari skenario karya George Seaton, serta disutradarai oleh Fielder Cook.

Film layar lebar untuk cerita ini diproduksi pada tahun 1994 dengan bintang Richard Attenborough, Elizabeth Perkins, Dylan McDermott, J.T. Walsh, Timothy Shea, James Remar, dan Jane Leeves. John Hughes mengadaptasinya dari skenario karya Seaton, sementara tugas sutradara dipercayakan kepada Les Mayfield. Macy's menolak namanya disebut-sebut dalam film sehingga nama toko serba ada diubah menjadi Cole's (nama fiktif) dalam pembuatan ulang tahun 1994. Toko serba ada Gimbels juga sudah tidak ada lagi pada tahun 1994 sehingga toko pesaing Cole's diberi nama Shopper's Express.

Nama tokoh dalam berbagai versi[sunting | sunting sumber]

1947 1955 1959 1963 (musikal Broadway) 1973 1994
Doris Walker Karen Walker Dorey Walker
Frederick M. Gailey Fred Gaily Bill Schaffner Bryan Bedford
Kris Kringle
Susan Walker Susan Elizabeth Walker
Cleo ditiadakan
Drunk Santa tidak diberi nama tidak diberi nama Tony Falacchi
Julian Shellhammer Mr. Shellhammer Marvin Shellhammer Horace Shellhammer Donald Shellhammer
Mrs. Shellhammer ditiadakan
Alfred Alfred ditiadakan
Granville Sawyer Dr. Albert Sawyer Dr. William Sawyer Dr. Henry Sawyer ditiadakan
R. H. Macy Mr. Macy R. H. Macy C. F. Cole
Mr. Gimbel Victor Landbergh
Dr. Pierce ditiadakan Dr. Pierce ditiadakan
Hon. Henry X. Harper Hon. Harper Hon. Martin Group Hon. Harper Hon. Henry Harper
Charlie Halloran ditiadakan
Thomas Mara Mr. Mara Thomas Mara Thomas J. Mara Ed Collins
Mrs. Mara ditiadakan ditiadakan Rebecca Collins
Macy's Department Store Cole's Department Store
Gimbels Department Store Shopper's Express

Pranala luar[sunting | sunting sumber]