Miquel Crusafont

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Miquel Crusafont i Pairó

Miquel Crusafont i Pairó (Sabadell, Catalunya 1910-1983) adalah seorang paleontolog Catalunya yang mendalami tulang mamalia.

Ia mendapatkan gelar sarjana dalam bidang farmasi dari Universitas Barcelona pada tahun 1933 dan ilmu alam dari Universitas Madrid tahun 1950.

Dengan suara bulat, ia dipilih sebagai profesor paleontologi pertama di Universitas Oviedo, kemudian menjadi profesor antropologi di Societatis Iesu di Barcelona.

Beberapa karyanya yang paling berpengaruh adalah Los Vertebrados del Mioceno Continental de la cuenca del Vallés-Penedés (1943, bersama Josep Fernández de Villalta), El Mioceno Continental del Vallès y sus yacimientos de vertebrados (1948, bersama Josep Fernández de Villalta); El Burdigaliense continental de la cuenca del Vallès-Penedès (1955, bersama Josep Fernández de Villalta dan Jaume Truyols), Estudio Masterométricos en la evolución de los Fisípedos (1957, bersama Jaume Truyols); La Evolución (1966, bersama Bermudo Meléndez and Emiliano Aguirre).

Pada tahun 1969, ia mendirikan Institut Provincial de Paleontologia yang sejak 1983 dikenal dengan nama Institut de Paleontologia Miquel Crusafont.

Nama mamalia prasejarah Crusafontia diambil dari nama dirinya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]