Minions

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Minions (film))
Minions
Poster film
Sutradara
Produser
Ditulis olehBrian Lynch
Pemeran
Penata musikHeitor Pereira[1]
PenyuntingClaire Dodgson
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
  • 11 Juni 2015 (2015-06-11) (Odeon Leicester Square)[2]
  • 17 Juni 2015 (2015-06-17) (Indonesia)
  • 10 Juli 2015 (2015-07-10) (Amerika Serikat)[3]
Durasi91 menit [4]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$74 juta
Pendapatan
kotor
$1.159 miliar[5]

Minions adalah sebuah film komedi animasi komputer 3D,[6] Amerika Serikat yang tayang pada tahun 2015 dan merupakan prekuel /spin-off dari Despicable Me (2010) dan Despicable Me 2 (2013). Film tersebut diproduksi oleh Illumination Entertainment dan distribusikan oleh Universal Pictures. Ditulis oleh Brian Lynch, film tersebut disutradarai oleh Pierre Coffin dan Kyle Balda, dan diproduksi oleh Chris Meledandri dan Janet Healy. Pada film tersebut diisi suara dengan 4 bahasa yaitu Italia, Spanyol, Inggris dan Indonesia.[7] Film ini dibintangi oleh Pierre Coffin (sebagai Minion), Sandra Bullock, Jon Hamm, Michael Keaton, Allison Janney, Steve Coogan, dan Geoffrey Rush. Film ini pertama diprediksi di kredit penutupan dari Despicable Me 2, di mana Stuart, Kevin dan Bob, tiga dari Minion, yang terlihat sedang mengikuti audisi untuk film ini[8]

Film ini ditayangkan perdana pada tanggal 11 Juni 2015 di London, dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 10 Juli 2015. Di Indonesia dan Australia film ini dirilis pada tanggal 17 Juni 2015.[3] Tanggapan kritik beragam: beberapa kritikus memuji aspek komedi film dan penampilan vokal Bullock dan Hamm, dengan juga mengatakan mereka merasa bahwa karakter judul tidak dapat membawa film sendiri, dan bahwa penjahat ditandai dengan datar. Film ini telah mendapat lebih dari $1,1 miliar di seluruh dunia (melampaui masing-masing film Despicable Me), menjadikannya film terlaris kelima pada tahun 2015, film terlaris ke-20 sepanjang masa, film animasi terlaris keempat di belakang (di belakang Versi 2019 dari The Lion King, Frozen, dan Incredibles 2) dan film animasi non-Disney terlaris. Sebuah sekuel, Minions: The Rise of Gru akan dirilis pada 3 Juli 2020.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Minion adalah makhluk kecil berwarna kuning yang telah ada sejak mualainya awal waktu, berevolusi dari organisme bersel tunggal kuning menjadi makhluk yang hanya ada untuk melayani tuan yang paling jahat dalam sejarah. Setelah menggulirkan Tyrannosaurus ke gunung berapi, membuat pemimpin gua dimakan oleh beruang goa, menimpa Firaun di bawah piramida setelah konstruksi terbalik, membuat Count Dracula terkena sinar matahari, dan secara tidak sengaja menembakkan meriam ke Napoleon ketika di Rusia, para Minion terpaksa terisolasi dan memulai kehidupan baru di sebuah gua besar. Setelah bertahun-tahun, para Minion menjadi depresi, gelisah, dan tidak termotivasi tanpa seorang master untuk melayani. Untuk mendapatkan kembali martabat dan tujuan mereka, Kevin, seorang Minion yang tak kenal takut, memutuskan untuk pergi mencari tuan baru dan meminta bantuan. Stuart, seorang Minion yang bermusik, bermata satu, dan Bob, seorang Minion muda dan tidak berpengalaman tetapi antusias, direkrut.

Perjalanan trio mereka pergi ke New York, ketika tahun 1968. Setelah menghabiskan hari untuk berusaha berbaur, Minion berakhir di sebuah toko pakaian untuk malam itu, di mana mereka menemukan siaran komersial tersembunyi untuk penjahat yang mengiklankan Villain-Con; sebuah konvensi untuk penjahat dan penjahat super di Orlando. Ketiganya menumpang tumpangan bersama keluarga Nelson dan membuat mereka terkesan dengan kejahatan mereka yang tidak disengaja. Di konvensi, mereka melihat Scarlet Overkill, seorang supervillain wanita yang secara tak terduga mempekerjakan mereka dan membawanya ke rumahnya di Inggris. Mereka menelepon sisa pelayan untuk membuat mereka bergabung.

Scarlet menjelaskan rencana untuk mencuri Mahkota Negara Kekaisaran dari Ratu Inggris dan berjanji untuk memberi hadiah kepada Minion jika mereka mencurinya, tetapi membunuh mereka jika tidak. Suaminya, Herb, menyuplai mereka dengan penemuan untuk membantu pencurian, tetapi mereka hampir tertangkap ketika mereka membobol Menara London, yang mengarah ke pengejaran yang berakhir dengan Bob yang secara tidak sengaja menabrak Pedang dalam Batu dan menariknya bebas, menghapus Ratu dari tahta dan menjadi Raja Bob. Marah karena orang lain mencapai mimpinya untuk mencuri tahta, Scarlet berhadapan dengan Minion, jadi Bob melepaskan tahta untuk mendukungnya. Tidak terpengaruh karena dia merasa dikhianati, Scarlet memenjarakan ketiganya di penjara bawah tanah untuk disiksa oleh Herb sebelum penobatannya, tetapi mereka melarikan diri dengan niat untuk meminta maaf kepada Scarlet.

Setelah berjalan ke Westminster Abbey, Stuart dan Bob memotong upacara penobatan dengan secara tidak sengaja menjatuhkan lampu gantung di atas, lalu Scarlet memerintahkan untuk mengeksekusi mereka. Lusinan penjahat mengejar mereka bertiga selama badai petir; Stuart dan Bob tertangkap, sementara Kevin menemukan jalan ke sebuah pub. Dia melihat Scarlet di televisi, berjanji bahwa dia akan membunuh Stuart dan Bob jika Kevin tidak muncul saat fajar. Dengan penjahat masih mencari dia, Kevin menyelinap ke kastil Scarlet untuk mencuri senjata. Tetapi tepat sebelum para penjahat menangkapnya, Kevin secara tidak sengaja memicu mesin yang sedang dibuat oleh Herb dan tumbuh menjadi makhluk raksasa, menghancurkan kastil. Dia berjalan melalui London, menyelamatkan teman-temannya dan memerangi Scarlet tepat ketika Minion lain muncul di London. Scarlet mencoba meledakkan mereka, tetapi Kevin menelan sebuah rudal besar yang dia tembak. Scarlet dan Herb berusaha melarikan diri dengan roketnya, tetapi Kevin memegangnya, berhasil mendapatkan tumpangan. Rudal meledak, menyebabkannya meledak. Minion yang lain menatap ledakan itu dengan sedih tetapi Kevin ternyata selamat dan menyusut kembali ke ukuran normalnya.

Setelah Scarlet di kalahkan, Ratu Elizabeth II memberi Kevin, Bob dan stuart penghargaan. Bob mendapat mahkota kecil, Stuart mendapatkan gitar elektrik (yang disebut "Super Mega Ukulele") tapi dia merusakannya Dan kevin mendapat gelar Sir Kevin. Tiba-tiba Scarlet dan Herb, yang ternyata juga selamat dari ledakan, mencuri mahkota hanya sekali lagi tapi dibekukan di tempat oleh Gru muda, yang melarikan diri dengan mahkota pada sepeda motor bertenaga roket. Minion menatap kagum dan mengejarnya, setelah memutuskan bahwa dia adalah bos yang mereka cari.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Universal Studios dan Illumination Entertainment pertama kali mengumumkan pada Juli 2012, bahwa Minion dari Despicable Me akan mendapatkan film spin-off mereka sendiri, kemudian direncanakan untuk rilis tahun 2014. Brian Lynch, yang sebelumnya dikenal karena ikut menulis film Illumination lain, Hop (2011), serta DreamWorks Animation's Puss in Boots (2011), diminta untuk menulis skenario film, karena pekerjaan sebelumnya yang menulis untuk wahana taman hiburan Despicable Me: Minion Mayhem.

pada 21 Agustus 2012, diumumkan bahwa film tersebut akan dirilis pada 19 Desember 2014. Pada Februari 2013, Sandra Bullock bergabung dengan para pemain untuk menyuarakan Scarlet Overkill,dengan Jon Hamm bergabung dua bulan kemudian sebagai suaminya, Herb Overkill. Pada tanggal 20 September 2013, tanggal perilisan film itu didorong mundur dari 19 Desember 2014, hingga 10 Juli 2015,[18] karena kepuasan Universal dengan perilisan sukses Juli 2013 dari Despicable Me 2 dan keinginan untuk mengeksploitasi sepenuhnya potensi penjualan film musim panas.[19]

Musik[sunting | sunting sumber]

Minions: Original Motion Picture Soundtrack
Musik film karya Heitor Pereira
Dirilis10 Juli 2015
Direkam2015
GenreMusik film
Durasi67:11
LabelBack Lot Music
Kronologi musik film Heitor Pereira
Curious George 3: Back to the Jungle
(2015)Curious George 3: Back to the Jungle2015
Minions
(2015)
The Moon and the Sun
(2015)The Moon and the Sun2015

Soundtrack resmi untuk film ini akan dirilis pada tanggal 10 Juli 2015 oleh Back Lot Music. Soundtrack tersebut juga menampilkan musik asli film yang disusun oleh Heitor Pereira.[20]Seluruh musik diciptakan oleh Heitor Pereira, kecuali lagu yang diberi keterangan khusus.

No.JudulPenciptaPenyanyiDurasi
1."Universal Fanfare"Jerry GoldsmithThe Minions (Pierre Coffin (versi Inggris), Kevin Julio (versi Indonesia))0:32
2."Happy Together"Garry Bonner, Alan GordonThe Turtles2:54
3."I'm a Man"Steve Winwood, Jimmy MillerThe Spencer Davis Group3:05
4."You Really Got Me"Ray DaviesThe Kinks2:14
5."My Generation"Pete TownshendThe Who3:16
6."Mellow Yellow"DonovanDonovan3:41
7."Revolution"Lennon–McCartneyThe Minions (Pierre Coffin)2:22
8."Minions Through Time"  4:34
9."Kevin, Stuart and Bob"  2:57
10."Minions Run Amok"  1:29
11."Tortellini"  0:21
12."The VNC"  1:11
13."Minions in the U.S.A."  2:13
14."Orlando"  0:46
15."Scarlet Overkill"  1:07
16."Ruby Fight"  2:58
17."Make 'Em Laugh" The Minions (Pierre Coffin)0:44
18."Scarlet's Fortess"  3:31
19."Traveling Tribe"  0:49
20."Tower of London"  1:39
21."Hair" The Minions (Pierre Coffin)0:54
22."Fighting the Crown Keeper"  1:43
23."King Bob"  0:57
24."Theme from the Monkees" The Minions (Pierre Coffin)0:29
25."Dungeon Mayhem"  0:35
26."Goodbye Fabrice"  2:28
27."Minion Mission"  4:56
28."Sneaking In"  2:34
29."King Kong Kevin"  3:30
30."Our Hero Is Back"  1:14
31."Minions Victory"  2:49
32."Greatest Renegade Unveiling (GRU)"  2:39
Durasi total:67:11

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Teatrikal[sunting | sunting sumber]

Minions mengadakan pemutaran perdana dunianya di Odeon Leicester Square di London pada 11 Juni 2015.[21] Di Amerika Serikat, film tersebut ditayangkan perdana pada 27 Juni, di Shrine Auditorium di Los Angeles,[22] dan dirilis secara umum secara teatrikal pada 10 Juli.[23] Film ini semula dijadwalkan dirilis di Amerika Serikat pada 19 Desember 2014;[24] Namun, itu diundur ke Juli 2015[23] karena kepuasan Universal dengan perilisan sukses Despicable Me 2 Juli 2013[25] dan keinginan untuk memanfaatkan sepenuhnya potensi merchandising dari film musim panas.[23]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

McDonald's merilis Happy Meals untuk film tersebut antara bulan Juni dan Juli.[26][27] Serangkaian komik dan novel grafis berdasarkan film sedang diterbitkan oleh Titan Comics.[28] Seri ini mencakup empat edisi buku komik, dua koleksi intisari, dua edisi hardcover, dan koleksi paperback.[28] Ditarik oleh Didier Ah-koon dan Renaud Collin, serial ini diluncurkan pada bulan Juni, dengan perilisan edisi pertama buku komik Minions dan koleksi intisari pertama.[28] Pada bulan April, Pantone mengumumkan pembuatan warna Pantone resmi baru, 'Minion Yellow' (ditampilkan di kanan), dalam kemitraan dengan Illumination Entertainment.[29]

Perusahaan induk Universal, Comcast, dan mitranya menghabiskan $593 juta untuk iklan dan promosi di semua media dan platform.[30] Universal menghabiskan total $ 26,1 juta untuk iklan TV untuk film tersebut.[31] Universal menggambarkan kampanye promosi sebagai yang "terbesar dan terlengkap" dalam sejarahnya.[32]

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Minions dirilis dalam Blu-Ray (2D dan 3D) serta DVD pada tanggal 16 November 2015, di Eropa dan 8 Desember 2015 di Amerika Utara. Film ini dirilis bersama dengan 3 film pendek berjudul Cro Minion, Competition, dan Binky Nelson Unpacified. Dengan tambahan film ekstra Making Of dan Minion Jingle Bells.[45]

Penayangan di indonesia[sunting | sunting sumber]

Minions
Pengisi suara
NaratorMaxime Bouttier
Bahasa asliBahasa Indonesia
Produksi
Durasi120-150 menit (dengan jeda iklan)
Rilis asli
Jaringan
Rilis
  • 12 Juni 2016 (2016-06-12)
(HBO Asia)
  • 5 Agustus 2018 (2018-08-05)
(GTV)
  • 25 Desember 2018 (2018-12-25)
(RCTI)
  • 30 Desember 2018 (2018-12-30)
(SCTV)

Di Indonesia, versi dubbing dalam bahasa Indonesia dari film layar lebar ini ditayangkan pertama kalinya di HBO Asia pada hari Minggu, 12 Juni 2016, dan kemudian ditayangkan di GTV pada hari Minggu, 5 Agustus 2018.

Di RCTI pada hari Selasa, 25 Desember 2018 yang tepatnya Hari Raya Natal . Di SCTV ditayangkan pada hari Minggu, 30 Desember 2018, dan di NET. ditayangkan sebelum acara penghargaan NET. 6.0 Presents Indonesian Choice Awards 2019.

Pengisi suara dalam versi dubbing Indonesia tersebut menampilkan sederet artis ternama berikut ini.

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Minions mendapat $336 juta di Amerika Utara dan $823,4 juta di wilayah lain dengan total lebih dari $1,159 miliar di seluruh dunia.[33] Di seluruh dunia, ini adalah film terlaris kelima tertinggi tahun 2015, film animasi terlaris 2015, film animasi terlaris ketiga, film terlaris ke-13, dan terlaris ketiga di dunia film yang dirilis oleh Universal Pictures. Itu menduduki box office di seluruh dunia selama tiga akhir pekan berturut-turut[34]

Dengan memecahkan $1 miliar di seluruh dunia, Minions menjadi film animasi non-Disney pertama, film animasi ketiga setelah Toy Story 3 dan Frozen, dan film ke 23 dalam sejarah sinematik yang melakukannya. Membutuhkan 49 hari, itu menjadi film animasi tercepat yang mencapai $1 miliar, melampaui Toy Story 3 (75 hari). Ini menjadikan Universal Pictures sebagai studio pertama yang memiliki tiga film, menghasilkan lebih dari $1 miliar di box office seluruh dunia dalam satu tahun setelah Furious 7 dan Jurassic World. Deadline Hollywood menghitung laba bersih film menjadi $502,34 juta, ketika memperhitungkan semua biaya dan pendapatan untuk film tersebut, menjadikannya film animasi paling menguntungkan tahun 2015, film Universal Pictures yang paling menguntungkan sepanjang masa dan paling menguntungkan kedua gambaran tahun itu secara keseluruhan, hanya di belakang Star Wars: The Force Awakens[35]

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Minions menerima ulasan positif dari kritikus. Situs agregator ulasan Rotten Tomatoes memberikan film ini peringkat 55%, berdasarkan 222 ulasan, dengan rata-rata penilaian 5.74/10.[36] Di Metacritic, film ini memiliki skor 55 dari 100, berdasarkan dari 36 kritikus, menunjukkan "ulasan umumnya menyukai".[37] dalam jajak pendapat CinemaScore, pemirsa bioskop memberi Minions nilai rata-rata "A" pada skala A+ ke F.[38]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Pada Januari 2017, sekuel film ini, berjudul Minions: The Rise of Gru, secara resmi diumumkan dan dijadwalkan akan dirilis pada 1 Juli 2022. Film itu akan disutradarai oleh Balda dan Brad Ableson. Judul itu secara resmi terungkap pada Mei 2019.[39]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Heitor Pereira to Score 'Minions' Movie". Film Music Reporter. 13 September 2013. Diakses tanggal 19 November 2013. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama LATRedCarpet
  3. ^ a b Brew, Simon (29 Oktober 2014). "Minions: artwork, synopsis and trailer news". Den of Geek!. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-11-01. Diakses tanggal 31 Oktober 2014. 
  4. ^ "MINIONS (U)". British Board of Film Classification. 16 Juni 2015. Diakses tanggal 16 Juni 2015. 
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama SWO
  6. ^ "Minions (2015) - Pierre Coffin, Kyle Balda, Kyle Balda | Synopsis, Characteristics, Moods, Themes and Related". AllMovie (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 
  7. ^ Fleming, Mike (23 Juli 2012). "Illumination And Universal Hatch 'Despicable Me' Spinoff About The Minions". Deadline.com. Diakses tanggal 24 Juli 2012. 
  8. ^ Thompson, Kiley (8 Juli 2013). "'Despicable Me 2': You want minions, we'll give you 'Minions'". Zap2it. Diakses tanggal 13 Juli 2013. 
  9. ^ Waugh, Heather (27 November 2014). "A very Minions Christmas! Loveable characters do their own brand of carol singing in funny video". Daily Mail. Diakses tanggal 30 November 2014. 
  10. ^ Fleming, Mike (11 Februari 2013). "Sandra Bullock To Voice Super-Villain In 'Minions' Spinoff For Illumination/Universal". Deadline.com. Diakses tanggal 14 Februari 2013. 
  11. ^ Fleming, Mike (April 30, 2013). "At Illumination, Jon Hamm Lends Voice To 'Minions' Movie; Tito Ortiz Returns As Executive". Deadline.com. Diakses tanggal May 1, 2013. 
  12. ^ a b "The Trailer for the Despicable Me Spinoff Film Minions is Here!". Comingsoon.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-11-04. Diakses tanggal 4 November 2014. 
  13. ^ Debruge, Peter (18 Juni 2015). "Film Review: 'Minions'". Variety. Diakses tanggal 19 Juni 2015. 
  14. ^ Kroll, Justin (5 Maret 2015). "Allison Janney Joins Tim Burton's 'Miss Peregrine's Home for Peculiar Children' (EXCLUSIVE)". Variety. Diakses tanggal 20 Maret 2015. 
  15. ^ Tak, Michelle (14 Mei 2015). "New Minions Trailer! Goggle-Wearing Cuties Find Another Despicable Master & Steal the Queen's Crown in Latest Adventure". E! Online UK. Diakses tanggal 15 Mei 2015. 
  16. ^ White, James (15 Mei 2015). "New Minions Promo Drops Online". Empire Online. Diakses tanggal 15 Mei 2015. 
  17. ^ a b "Trailer: 'Minions' spin-off from 'Despicable Me' series". Yahoo! News. 4 November 2014. Diakses tanggal 26 Mei 2015. 
  18. ^ Graser, Marc (20 September 2013). "Universal, Illumination Move their 'Minions' to Summer 2015". Variety. Diakses tanggal 15 Oktober 2013. 
  19. ^ Graser, Marc; Graser, Marc (2013-09-20). "Universal, Illumination Move their 'Minions' to Summer 2015". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-08-18. 
  20. ^ "Back Lot Music to Release 'Minions' Soundtrack". Film Music Reporter. 20 Mei 2015. Diakses tanggal 26 Mei 2015. 
  21. ^ Saad, Nardine (June 12, 2015). "Sandra Bullock returns to the limelight at 'Minions' world premiere". Los Angeles Times. Diarsipkan dari versi asliAkses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan tanggal June 27, 2015. Diakses tanggal June 13, 2015. 
  22. ^ Saad, Nardine (June 29, 2015). "Sandra Bullock rocks 'Minions' heels for charity at Los Angeles premiere". Los Angeles Times. Diarsipkan dari versi asliAkses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan tanggal July 5, 2015. Diakses tanggal July 2, 2015. 
  23. ^ a b c Graser, Marc (September 20, 2013). "Universal, Illumination Move their 'Minions' to Summer 2015". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 7, 2015. Diakses tanggal October 15, 2013. 
  24. ^ "Universal Sets Release Date for 'Despicable Me' Spin-Off Project". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 5, 2015. Diakses tanggal September 20, 2013. 
  25. ^ McClintock, Pamela (September 20, 2013). "'Minions' Movie Pushed Back From Christmas 2014 to Summer 2015". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 27, 2015. Diakses tanggal October 15, 2013. 
  26. ^ Ong, Wyatt (June 14, 2015). "Minions to be back in McDonalds Happy Meals – see all 10 toys here". Rappler. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 10, 2021. Diakses tanggal February 10, 2021. 
  27. ^ Busch, Anita (July 8, 2015). "'Minions' Lines Up Biggest Promo Push In Uni's History With McDonald's And More". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 6, 2015. Diakses tanggal July 25, 2015. 
  28. ^ a b c McMillan, Graeme (April 1, 2015). "'Despicable Me' Spinoff 'Minions' Head to Comics This Summer (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 4, 2015. Diakses tanggal April 17, 2015. 
  29. ^ Pantone (April 14, 2015). "Pantone Color Institute Announces PANTONE Minion Yellow". Pantone. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 4, 2016. Diakses tanggal October 19, 2015. 
  30. ^ Sakoui, Anousha; Palmeri, Christopher (July 10, 2015). "'Minions' $593 Million Publicity Spree Points to Film Profit". Bloomberg.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 25, 2015. Diakses tanggal June 8, 2016. 
  31. ^ Pamela McClintock (September 8, 2015). "Summer Movie Ad Buys: 'Mission: Impossible,' 'Mad Max' Get Biggest U.S. Spend". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 25, 2015. Diakses tanggal September 9, 2015. 
  32. ^ Busch, Anita (July 8, 2015). "'Minions' Lines Up Biggest Promo Push In Uni's History With McDonald's And More". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 6, 2015. Diakses tanggal June 8, 2016. 
  33. ^ "Minions (2015) - Box Office Mojo". www.boxofficemojo.com. Diakses tanggal 2019-08-18. 
  34. ^ Tartaglione, Nancy; Tartaglione, Nancy (2015-07-27). "'Minions', 'Ant-Man' Grow In Actuals; 'Pixels' Powered By Latin America – Intl B.O. Final". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-08-18. 
  35. ^ Jr, Mike Fleming; Jr, Mike Fleming (2016-03-28). "No. 2 'Minions' – 2015 Most Valuable Movie Blockbuster Tournament". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-08-18. 
  36. ^ "Minions". Rotten Tomatoes. Flixster. Diakses tanggal 26 Juni 2015. 
  37. ^ "Minions". Metacritic. CBS Interactive. Diakses tanggal 25 Juni 2015. 
  38. ^ Busch, Anita; Busch, Anita (2015-07-13). "'Minions' Is No. 2 Top Animated Opener With $115.7M – Box Office Final". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-08-18. 
  39. ^ Hipes, Patrick; Hipes, Patrick (2019-05-21). "'Minions' Sequel Gets A Gru-vy Title; Pic Bows In 2020". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]