Mileva Maric

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mileva Marić
Милева Марић
Mileva Marić 1896
Lahir(1875-12-19)19 Desember 1875
Titel, Kerajaan Hungaria, Austria-Hungaria (sekarang Vojvodina, Serbia)
Meninggal4 Agustus 1948(1948-08-04) (umur 72)
Zurich, Swiss
MakamFriedhof Nordheim, Zurich, Swiss
AlmamaterEidgenössisches Polytechnikum today Eidgenössische Technische Hochschule (ETH) Zurich, Switzerland
Suami/istriAlbert Einstein
AnakLieserl Marić, Hans Albert Einstein, Eduard Einstein
Orang tuaMarija Marić née Ružić dan Miloš Marić

Mileva Marić (19 Desember 1875 – 4 Agustus 1948; Serbian Cyrillic: Милева Марић) adalah istri pertama dari tokoh fisika terbesar abad ke-20, Albert Einstein yang menikah antara tahun 1903 sampai 1919. Mileva berasal dari Serbia dan bersama Einstein dikaruniai 3 orang anak, yaitu Lieserl Einstein yang meninggal dunia sewaktu masih bayi, Hans Albert Einstein, dan Eduard Einstein. Mileva adalah seorang matematikawan Serbia yang pertama kali bertemu dan menjadi teman akrab Einstein sewaktu masih kuliah di ETH Zurich, negara Swiss.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 19 Desember 1875, Mileva Marić dilahirkan dalam sebuah keluarga kaya di Titel dalam Monarki Austro-Hungaria (sekarang Serbia) sebagai anak tertua dari tiga anak Miloš Marić (1846–1922) dan Marija Ružić - Marić (1847–1935). Tak lama setelah kelahirannya, ayahnya mengakhiri karier militernya dan mengambil pekerjaan di pengadilan di Ruma dan kemudian di Zagreb. Dia mulai pendidikan menengahnya pada tahun 1886 di sebuah sekolah tinggi untuk anak perempuan di Novi Sad, tapi berubah pada tahun berikutnya ke SMA di Sremska Mitrovica. Pada tahun 1890, ia menghadiri The Royal Serbia Grammar School di Šabac. Pada tahun 1891 ayahnya mendapat izin khusus untuk mendaftarkan Marić sebagai mahasiswa pribadi di semua laki-laki Royal Classical High School di Zagreb. Dia lulus ujian masuk dan memasuki kelas sepuluh pada tahun 1892. Dia memenangkan izin khusus untuk menghadiri kuliah fisika pada bulan Februari tahun 1894 dan lulus ujian akhir bulan September 1894. Nilai-nilainya dalam matematika dan fisika yang tertinggi diberikan. Tahun itu ia jatuh sakit parah dan memutuskan untuk pindah ke Swiss, di mana pada 14 November ia mulai di "Girls High School" di Zurich. Pada tahun 1896, Marić lulus Ujian Matura, dan mulai belajar kedokteran di University of Zurich selama satu semester. Pada musim gugur 1896, Marić beralih ke Politeknik Zurich (kemudian Eidgenössische Technische Hochschule (ETH)), setelah lulus ujian masuk matematika dengan nilai rata-rata 4,25 (skala 1-6). Dia terdaftar untuk program diploma untuk mengajar fisika dan matematika di sekolah menengah (bagian VIA) pada waktu yang sama seperti Albert Einstein. Dia adalah satu-satunya wanita dalam kelompok itu terdiri dari enam siswa, dan hanya wanita kelima untuk memasukkan bagian tersebut. Dia dan Einstein segera menjadi teman dekat.[1]

Pada bulan Oktober Marić pergi ke Heidelberg untuk belajar di Universitas Heidelberg untuk semester musim dingin 1897/98, menghadiri kuliah fisika dan matematika sebagai auditor. Dia bergabung kembali dengan Politeknik Zurich pada bulan April 1898, di mana studinya meliputi program berikut: diferensial dan kalkulus integral, geometri deskriptif dan proyektif, mekanik, teori fisika, fisika terapan, fisika eksperimental, dan astronomi. Marić menduduki ujian diploma menengah pada tahun 1899, satu tahun kemudian daripada siswa lain di kelompoknya. Rata-rata nilainya 5.05 (skala 1-6) membuat ia mendapat posisi kelima dari enam siswa mengambil ujian tahun itu. (Einstein telah datang atas kandidat tahun sebelumnya dengan rata-rata nilai 5,7. Nilai Marić dalam fisika adalah 5,5, sama seperti Einstein.) Pada tahun 1900 Marić gagal mendapat ijazah ujian akhir pengajaran dengan nilai rata-rata 4,00, setelah diperoleh hanya nilai 2,5 di komponen matematika (teori fungsi). Einstein lulus ujian di tempat keempat dengan nilai rata-rata 4,91.

Karier akademik Marić itu terganggu pada 1901 ketika ia menjadi hamil oleh Einstein. Ketika hamil tiga bulan, dia kembali menduduki pemeriksaan ijazah, tapi gagal untuk kedua kalinya tanpa meningkatkan nilai nya. Dia juga dihentikan bekerja pada disertasi diploma bahwa dia berharap untuk berkembang menjadi Ph.D. tesis di bawah pengawasan profesor fisika Heinrich Weber. Dia pergi ke Novi Sad, di mana putrinya, disebut sebagai Lieserl, lahir pada tahun 1902, mungkin pada bulan Januari. Nasibnya tidak diketahui: dia mungkin telah meninggal di akhir musim panas 1903, atau telah diberikan untuk diadopsi. Kemudian pada 1904, Marić melahirkan Hans Albert Einstein di Bern, Swiss. Disusul anak berikutnya, Eduard Einstein pada tahun 1911 di Zurich, Swiss.

Pernikahan Einstein dan Marić mulai goyah pada tahun 1912. Kesibukan Einstein hingga kepindahan ke Berlin membuat Marić merasa tidak nyaman. Terlebih ketika Einstein mulai dekat dengan sepupunya, Elsa. Pasangan ini resmi bercerai pada 14 Februari 1919.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ani, Kristi (25 Juni 2019). "Mileva Maric, Sosok Wanita Tangguh di Balik Kesuksesan Albert Einstein". IDN Times. Diakses tanggal 3 Mei 2021.