Midgard

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Batu Rune yang berarti "di Midgard"

Midgard (bahasa Norwegia Kuno: Miðgarðr, bahasa Inggris Kuno: Middangeard) adalah nama untuk sebuah alam di mana manusia tinggal dan salah satu bagian dari sembilan alam dalam mitologi nordik.

Nordik Kuno[sunting | sunting sumber]

Midgard adalah salah satu alam dalam Mitologi nordik. Digambarkan terletak di tengah Yggdrasil, Midgard dikelilingi dunia air atau lautan yang tidak dapat dilalui. Lautan itu dihuni oleh Ular Laut raksasa Jörmungandr(Miðgarðsormr), yang ukurannya sangat besar sehingga seluruh tubuhnya mengelilingi dunia sepenuhnya dan dapat memegang ekornya sendiri.

Midgard terbentuk saat Dewa Odin dan saudaranya Vili dan Ve membunuh raksasa Ymir, menggelindingkan tubuhnya ke pusat kekosongan alam semesta dan mulai membentuk Midgard. Badan Ymir menjadi daratan, darahnya menjadi lautan, tulangnya menjadi gunung-gunung, giginya menjadi jurang, rambut-rambutnya menjadi pepohonan, dan otaknya (yang meledak di atas bumi) menjadi awan. Tengkorak Ymir dipegang oleh empat Dwarf, Nordri, Sudri, Austri, dan Vestri (empat titik mata angin) dan menjadi kubah langit. Matahari, Bulan, dan Bintang terbuat dari percikan-percikan yang tertangkap dalam tengkorak.

Referensi[sunting | sunting sumber]