Michael Somare

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Right Honourable Grand Chief

Sir Michael Somare

GCL GCMG CH CF KStJ SSI KSG MP
Perdana Menteri Papua Nugini
Masa jabatan
17 Januari 2011 – 4 April 2011
Penguasa monarki Elizabeth II
Gubernur Jenderal Michael Ogio
Didahului oleh Sam Abal (Acting)
Digantikan oleh Sam Abal (Acting)
Masa jabatan
5 Agustus 2002 – 13 Desember 2010
Penguasa monarki Elizabeth II
Gubernur Jenderal Silas Atopare
Bill Skate (Acting)
Jeffrey Nape (Acting)
Paulias Matane
Didahului oleh Mekere Morauta
Digantikan oleh Sam Abal (Acting)
Masa jabatan
2 Agustus 1982 – 21 November 1985
Penguasa monarki Elizabeth II
Gubernur Jenderal Tore Lokoloko
Kingsford Dibela
Didahului oleh Julius Chan
Digantikan oleh Paias Wingti
Masa jabatan
16 September 1975 – 11 Maret 1980
Gubernur Jenderal John Guise
Tore Lokoloko
Didahului oleh Jabatan dihapuskan
Digantikan oleh Julius Chan
Penguasa monarki Elizabeth II
Informasi pribadi
Lahir 9 April 1936 (umur 78)
Rabaul, Papua Nugini
Partai politik Partai Aliansi Nasional
Suami/istri Veronica Somare
Agama Katolik Roma[1]

Sir Michael Thomas Somare, GCL, GCMG, CH, CF, KStJ, MP (lahir 9 April 1936) adalah Perdana Menteri Papua Nugini periode 2002-2011. Sebelumnya, dia juga Perdana Menteri dari kemerdekaan pada 1975 sampai 1980 dan dari tahun 1982 sampai 1985. Pada periode pertama jabatannya, Somare menjadi anggota Partai Pangu. Kemudian, dia menjadi pemimpin Partai Aliansi Nasional. Ia terpilih kembali sebagai Perdana Menteri pada pemilu 2007. Keluarganya mengumumkan pengunduran dirinya karena sakit pada Juni 2011

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Somare adalah putra Ludwig Somare Sana dan Kambe Somare. Ludwig Somare adalah polisi 1922-1947, naik ke pangkat sersan. Setelah belajar sendiri membaca dan menulis, ia kemudian aktif dalam mendorong pembentukan usaha kecil dan koperasi, mendirikan Angoram Koperasi Masyarakat yang dipimpin dari tahun 1961 sampai tahun 1967, dan tetap aktif dalam perdagangan sampai kematiannya pada tahun 1972. Dalam semua ia punya empat istri dan enam anak, di antaranya Somare adalah sulung.

Lahir di Rabaul di mana ayahnya kemudian ditempatkan, Somare dibesarkan di desa oleh keluarganya di Karau di Danau Murik distrik Provinsi Sepik Timur. Pendidikan awal Somare adalah di sebuah sekolah Jepang dijalankan primer di Karau selama Perang Dunia II di mana dia belajar membaca, menulis dan berhitung dalam bahasa Jepang. Sementara ayah Somare adalah bersembunyi dan takut hidupnya dari Jepang di Rabaul, namun ia ingat Jepang dengan kasih sayang. Perjalanan awal Somare di luar negeri, pertama sebagai anggota parlemen dan kemudian sebagai Perdana Menteri, adalah untuk Jepang.

Dari 1946 Somare dihadiri Sekolah Dasar Boram, maka Dregerhafen Pusat Pendidikan dan Sogeri Sekolah Tinggi, lulus dengan Sertifikat Meninggalkan dikeluarkan pada nama negara Australia Victoria pada tahun 1957. Ini adalah kualifikasi mengajar pada saat itu, dan ia kemudian mengajar di sekolah dasar dan menengah beberapa, kembali ke Sekolah Tinggi Sogeri untuk pelatihan lebih lanjut 1962-1963.

Politik kehidupan dan awal gerakan kemerdekaan PNG[sunting | sunting sumber]

Awal kehidupan dalam gerakan kemerdekaan[sunting | sunting sumber]

Mentransfer dalam Pelayanan Publik, Somare menjadi seorang penyiar radio yang berbasis di Wewak di Provinsi Sepik Timur. Dia menerima pelatihan lebih lanjut di College Administrasi di Waigani pada tahun 1965. Setelah berbagai konflik dengan atasannya mengenai komentar terang-terangan politik, ia ditransfer dari penyiaran untuk peran administrasi, dan meninggalkan Pelayanan Publik untuk kontes pemilihan untuk Rumah kedua Majelis pada tahun 1968 sebagai anggota Partai Pangu yang ia didirikan dengan pikiran seperti lainnya pada tahun 1967.

Somare dan delapan anggota Partai Pangu lainnya dipilih. Mereka menolak undangan untuk bergabung dengan pemerintahan koalisi, dan ia menjadi pemimpin oposisi resmi pertama. Setelah Rumah ketiga pemilihan Majelis pada tahun 1972, ia mampu membentuk pemerintah koalisi yang mencakup Julius Chan dari Partai Kemajuan Rakyat, dirinya kemudian menjadi Perdana Menteri, sebagai Menteri Keuangan internal. Somare menjadi Ketua Menteri saat pemerintahan sendiri diberikan pada tahun 1973, dan merupakan tokoh kunci dalam persiapan kemerdekaan selanjutnya pada tahun 1975 dan persiapan dan adopsi dari Konstitusi.

Pertama dan selanjutnya hal sebagai perdana menteri[sunting | sunting sumber]

Dengan kemerdekaan, judul Somare berubah untuk Perdana Menteri.

Digulingkan dengan suara parlemen tidak percaya pada tahun 1980, Somare kembali Perdana Menteri dari tahun 1982 sampai tahun 1985, dan memenangkan kantor untuk ketiga kalinya di [pemilihan Papua [Nugini umum, 2002 | pemilu 2002]]. Dia terpilih kembali lagi di [pemilihan Papua [Nugini umum, 2007 | 2007]], menjadi yang pertama dan sejauh ini hanya Perdana Menteri untuk menyelesaikan istilah parlemen dan menang pemilihan ulang.

Sepik identitas[sunting | sunting sumber]

Somare selalu memiliki minat dan kebanggaan di latar belakang dan budaya. Meskipun inisiasi nya disela beberapa kali dengan karirnya, dia kembali ke desanya secara teratur dan selesai mereka, berpuncak pada pengangkatannya sebagaiSanaatau pembawa damai, judul diwarisi dari ayah dan kakek dan diberikan kepadanya oleh pamannya Saub pada tahun 1973. Somare sering memilih untuk memakai kuasi-Melanesia, bukan barat gaun-sebuah lap-lap - di parlemen dan pada kesempatan yang sama, dan dalam foto-foto lama banyak adalah satu-satunya pemimpin politik berpakaian di lap lap-agak dibandingkan celana panjang. Pada saat Papua merdeka New Guinea pada tahun 1975 Somare menuntut martabat yang tepat untuk Papua Nugini pemimpin Baru ketika ia menganggap bahwa karunia Australia sebuah rumah resmi untuk Papua New Guinea perdana menteri tidak cukup besar untuk negarawan besar ia menganggap dirinya: Australia abashedly menyetujui tuntutan Somare dan memberikan kediaman resmi jauh lebih megah; perdana menteri dimaksudkan dan dibenci tinggal adalah bukan ditunjuk kediaman Komisaris Tinggi Australia.

Gaya politik Somare adalah baik sengit nasionalistik dan konon mendamaikan, mengikuti tradisi Sana saat ia mengaku melihatnya. Salah satu peran Sana adalah untuk mengajak musuh ke pesta sebelum pertempuran. Somare sering ditunjuk musuh politik untuk posting di mana mereka bisa latihan kepentingan mereka dan gairah. Dalam menjelang kemerdekaan, Somare berpendapat untuk dan memenangkan persyaratan kewarganegaraan dan residensi yang keduanya lebih parah dari pemerintahan Australia keluar direkomendasikan dan lebih moderat daripada kebanyakan berharap partainya.

OtobiografinyaSana(1975), Somare daftar banyak anekdot. Dia menceritakan bagaimana pada tahun 1971, ia khawatir bahwa benda-benda suci, tombak suci hiasan ukiran atau kakars'dan seruling suci, sedang hilang, hancur, dijual atau dicuri. Setelah negosiasi jauh dengangaparsatau imam ia mengatur untuk memiliki kakars dari desanya difoto. Para kakars hanya ditangani oleh gapars senior, dan hanya kiri atau "turun" darihaustambaran pada kesempatan yang gapars menyerahkan fungsi imam yang lainataugenerasi orob. Somare sendiri terlalu muda untuk diizinkan bahkan melihat kakars, tetapi dimasukkan ke dalam upacara turun sebagai penerjemah untuk fotografer, yang dari usia yang sesuai harus terpasang ke orob berikutnya. Hanya setelah upacara selesai ia menyadari pentingnya pengorbanan yang dibuat oleh para imam yang lebih tua untuk memungkinkan foto-foto yang akan diambil. Selama hari-hari berikutnya mereka menyelesaikan inisiasi orob baru, sehingga menyangkal diri mereka hak istimewa untuk melayani sebagai gapars lagi (lihat juga 1997 Lipset).[2]

Mencerminkan kepentingan-kepentingan ini, pada tahun 1969 Somare diangkat ketua dewan pengawas dari Papua dan New Guinea Museum. Kepala Agung belum tentu mengambil bunga terkenal di Museum, bagaimanapun, yang telah jatuh ke dalam kelemahan karena usia tua serius sejak Kemerdekaan.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Somare dan istri Veronica, Lady Somare.

Somare menikahi istrinya Veronica, Lady Somare (umumnya disebut sebagai "Lady Veronica Somare") pada tahun 1965, setelah dirayu di busana tradisional, dan kemudian segera pergi untuk mengambil beasiswa di College Administrasi. Mereka memiliki lima anak, Bertha (biasanya disebut "Betha" dalam pers nasional), Sana, Arthur, Michael Jr dan Dulciana. Somare adalah kepala dari kedua keluarganya sendiri dan istrinya, Veronica Somare Lady, yang memulai dia ke gelar mereka'mindamot dua hari setelah inisiasi sebagaiSana. Somare, bersama-sama dengan sekarang-Gubernur-Jenderal Sir Paulias Matane, membuat titik mengenakan lap-lap, bukan celana panjang

.

Somare adalah pendukung setia dari Kumuls, para Papua Nugini Tim nasional sepak bola.[rujukan?]

Kemudian kehidupan politik[sunting | sunting sumber]

Perdana Menteri Ministerships[sunting | sunting sumber]

Selama tujuh belas tahun antara istilah kedua dan ketiga sebagai Perdana Menteri, Somare diangkat ke posting politik oleh Perdana Menteri lainnya. Somare menjabat sebagai Menteri Luar Negeri 1988-1992 dalam pemerintahan Rabbie Namaliu, yang kemudian menjadi Menteri Luar Negeri dalam pemerintahan sendiri selanjutnya. Somare kemudian menjabat sebagai Menteri Luar Negeri selama beberapa bulan pada tahun 1999 dan mengambil posisi ini lagi pada bulan Juli 2006. Somare saat ini Perdana Menteri. Kejujuran Nya telah sering[rujukan?]dipertanyakan. Profesor James Chin dari Universitas Monash menulis:

Pada isu korupsi dan penggelapan pajak, ada bukti yang jelas dari 1980s.The terkenal Thomas [Barnett] Komisi pada tahun 1989 ditata secara mendetail bagaimana [Rimbunan Hijau] dan agen-agennya sistematis lunas politisi PNG yang mengancam penebangan operasi mereka. Bahkan saat ini Perdana Menteri Michael Somare itu terlibat dalam laporan. Dia dirujuk ke Komisi Ombudsman karena diduga berbohong di bawah sumpah tentang konsesi penebangan dipegang oleh Sungai Sepik Development Corporation (SRDC) di Provinsi Sepik Timur. Laporan Komisi juga memberikan rincian transfer pricing untuk menghindari pajak senilai jutaan Kina.[3]

Pada bulan Juni 2007, Weekend Australian melaporkan bahwa Somare memiliki hubungan pribadi untuk penebangan hutan hujan di provinsi rumahnya, Sepik Timur, dengan industri kehutanan terkemuka Sungai Sepik Development Corporation (SRDC). PNG Perusahaan Umum Menteri Informasi dan putra Perdana Menteri Arthur, pemegang saham terkemuka, menegosiasikan kesepakatan logging dengan Hei Bridge Pty Ltd

Somare pengacara membantah hubungan pribadi dengan industri dan menuntut permintaan maaf oleh Weekend Australia untuk artikel publisihed, meskipun tidak ada permintaan maaf diterbitkan oleh koran.

Dalam sebuah wawancara selama waktu dengan PNG radio, Sir Michael mengakui ia menjadi ketua SRDC dan diklaim perusahaan adalah "proyek peliharaan" anaknya Arthur. Somare juga mengatakan ia memiliki konsesi kehutanan di distrik Angoram mana delapan daerah sedang login untuk menghasilkan pendapatan bagi masyarakat untuk memungkinkan mereka untuk berinvestasi di bidang pertanian dan klinik kesehatan. Area Keluarga Somare penebangan termasuk Bawah Sepik Konsesi, yang Area Mojirau Manajemen Margasatwa merupakan bagian dari.

"Ada proses yang kita ikuti dan beberapa dari kita memberlakukan hukum-hukum dan beberapa dari kami membuat hukum-hukum," kata Sir Michael.

Surat kabar itu diminta untuk menjelaskan inkonsistensi dengan huruf dan komentar radionya, putri Sir Michael dan kantor perdana menteri sekretaris pers, Betha Somare, mengatakan dalam sebuah email kepada The Australian: "Pergilah ke neraka!"

Sampai sekarang rekomendasi oleh pensiunan hakim Thomas Barnett Australia belum ditindaklanjuti.

Sebuah laporan oleh Dewan Kayu Tropis Internasional, yang ditugaskan oleh Pemerintah Sir Michael, menunjukkan bahwa undang-undang untuk mencegah pembalakan liar di PNG tidak diawasi. Pemerintah Australia yang ditargetkan industri kehutanan PNG di bawah inisiatif USD $ 200million dalam upaya untuk memerangi pembalakan liar.

Axel Wilhelm, lingkungan manajer perusahaan Malaysia Rimbunan Hijau, operator penebangan terbesar di PNG, mengklaim Universitas Yale Sekolah Kehutanan dinilai PNG kehutanan sebagaimana yang berkelanjutan dalam surat yang diterbitkan oleh The Australia. Rimbunan Hijau telah membuat iklan di televisi PNG menyatakan sama. Namun, Melissa Goodall, Yale Direktur Pusat Hukum Lingkungan asosiasi di Yale universitas, dalam surat kepada PNG Kehutanan Eco-Forum menolak klaim dengan 'cemas' oleh industri penebangan PNG bahwa universitas telah disetujui bagaimana dioperasikan.

"Ini adalah sumber sejati dari keprihatinan bahwa setiap pekerjaan yang terkait dengan Yale mungkin disalahgunakan dengan cara ini," kata Ms Goodall.

Dia juga mengatakan Universitas memiliki "derajat kepercayaan yang adil" dalam laporan Bank Dunia memperkirakan 70 persen dari PNG penebangan adalah ilegal, yang dibantah oleh otoritas PNG.[4]

Orang kenegarawanan[sunting | sunting sumber]

Episode Sepatu[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2005 Somare diminta oleh petugas keamanan di Bandara Brisbane, Australia, untuk menghilangkan sepatunya selama pemeriksaan rutin keberangkatan keamanan dan mengambil pengecualian yang kuat untuk apa yang dianggap sebagai penghinaan pribadi dan nasional perkasa verging pada penghujatan, mengarah ke diplomatik kesialan dan pendinginan yang signifikan hubungan antara Australia dan Papua Nugini. Sebuah pawai protes di Port Moresby melihat ratusan berbaris di Komisi Tinggi Australia menuntut permintaan maaf dan kompensasi.[5] Namun Pemerintah Australia mengabaikan masalah ini. Somare sekarang menghindari Australia dan memperoleh perawatan medis, bila perlu, di Malaysia. Sejak Kevin Rudd berkuasa di Australia, hubungan telah membaik, karena Somare percaya Rudd yang mengerti Papua New Guinea lebih baik dari pendahulunya dan karenanya lebih mudah untuk berbicara dengan.[6]

Moti urusan[sunting | sunting sumber]

Ketegangan antara Papua Nugini dan Australia memburuk selama berlangsungnya Julian Moti urusan, di mana Somare telah terlibat. Moti, rekan dekat Manasye Sogavare, Perdana Menteri dari Kepulauan Solomon, ditangkap di Port Moresby pada 29 September 2006 di bawah permintaan ekstradisi Australia untuk menghadapi tuduhan seks anak di atas insiden yang dituduhkan di Vanuatu pada tahun 1997. Setelah berbuka kondisi jaminan dan mengambil tempat kudus di Kepulauan Solomon Komisi Tinggi, ia diterbangkan ke Kepulauan Solomon pada penerbangan Angkatan Pertahanan PNG klandestin pada malam 10 Oktober, menyebabkan kemarahan pada bagian dari pemerintah Australia. Australia kemudian membatalkan pembicaraan tingkat menteri pada Desember dan melarang menteri senior yang Papua New Guinea dari memasuki Australia. Somare menyangkal keterlibatan apapun dalam otorisasi penerbangan.[7]

Catatan Limapuluh Kina[sunting | sunting sumber]

Somare wajah yang muncul di wajah PNG lima puluh kina catatan. Hal ini disebabkan fakta bahwa Somare memimpin negeri ini menuju kemerdekaan pada 1975 dan kemudian menjabat sebagai Perdana Menteri pendiri. Ini dilaporkan telah dirasakan, sekitar 15 tahun lalu, bahwa Somare adalah Raja Papua Nugini.[8]

Anti Korupsi Watchdog pertanyaan Somare lebih dari Cairns properti[sunting | sunting sumber]

Sir Michael Somare dipanggil untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana ia memperoleh AUD $ 349.000 dengan tiga kamar tidur eksekutif bergaya apartemen dengan kolam renang pribadi di pusat kota Cairns pada bulan April 2007, ditengahi melalui pengacara Gold Coast. Seiring dengan anaknya Arthur Somare yang Negara BUMN Menteri PNG dan kelas berat politik, dipertanyakan pada AUD $ 685.000 empat kamar tidur di rumah ia membeli dua bulan sebelumnya di Pantai Trinity. Komisi Ombudsman, Pemimpin Oposisi Sir Mekere Morauta, dan mantan menteri keuangan Bart Filemon meminta penjelasan atas dokumen yang diberikan jelas dari properti yang dibeli.

Seorang pejabat hukum konsultan senior dengan Komisi Ombudsman, Vergil Narokobi, mengatakan mereka akan menyelidiki Perdana Menteri dan Arthur Somare. "Untuk membeli kemewahan seperti itu tidak sesuatu yang biasa Papua New Guinea bisa dilakukan. Ini adalah situasi ketidakadilan, tapi itu adalah pandangan pribadi saya sendiri.

"Kami harus memberi mereka keuntungan dari keraguan. Pada wajah itu kami akan menghormati para pemimpin kita sampai sebaliknya ditampilkan." Kata Mr Narokobi

Ketika Somare diminta untuk wawancara di Cairns tentang properti, ia menolak dan tidak menanggapi serangkaian pertanyaan tertulis. Mantan menteri keuangan dan anti-korupsi kampanye Mr Bart Filemon berkata: "Mereka telah mendapat memberitahu orang di PNG bagaimana mereka didanai properti-properti, jika tidak baunya seperti korupsi."[9]

Suspensi dari Kantor Perdana Menteri[sunting | sunting sumber]

Somare ditemukan bersalah dari 13 tuduhan kesalahan di kantor sebagai hasilnya diskors dari kantor selama dua minggu tanpa membayar. Sebuah pengadilan kepemimpinan dibentuk terdiri dari tiga hakim yang menemukan Dia bersalah karena terlambat dan tidak lengkap menyerahkan laporan keuangan tahunan, dating kembali ke 1990-an. Hakim Sir Robin Auld, dari tiga adalah Hakim-satunya yang menyerukan pemecatan, kata Sikap Michael Somare sebagai perdana menteri menunjukkan "ketidakpedulian berbatasan penghinaan terhadap kewajiban konstitusionalnya".

"Ini akan cukup buruk dalam kasus setiap pemimpin, tetapi sangat tercela untuk salah satu berdiri dan keterlibatan yang tinggi berpengaruh dalam inisiasi kode kepemimpinan," katanya.[10]

Pemilu 2007[sunting | sunting sumber]

Setelah pemilu 2007 parlemen, Somare terpilih kembali sebagai Perdana Menteri pada 13 Agustus dengan dukungan 86 dari 109 Anggota Parlemen.[11]

Pada bulan Maret 2008, bagaimanapun, pada usia 71, Somare mengumumkan dia akan segera mundur dari jabatannya sebagai Perdana Menteri, dan mengakhiri karir politiknya. Dia menjelaskan bahwa, setelah empat puluh tahun dalam politik, ia hanya "perlu [ed] perubahan" ("Saya tidak berpikir saya harus kehilangan sesuatu tapi waktu telah tiba").[12] Pada bulan September 2008, Somare sekali lagi mengisyaratkan pensiun mendatang.[13] Somare tetap berkuasa. Baru-baru ini ia telah menanggapi irately untuk bergerak dalam partai yang sekarang dan di parlemen untuk mengakhiri kekuasaannya. Sydney Morning Herald melaporkan pada tanggal 22 Juli 2010 bahwa ia telah mengancam untuk membunuh seorang anggota parlemen Oposisi:

"Ada adegan liar ketika Pembicara ditangguhkan rumah sampai 16 November, meskipun klaim oposisi itu cukup suara untuk menghentikan penangguhan tersebut.
"Setelah anggota parlemen yang paling meninggalkan parlemen dan berteriak-teriak dan menangis kediktatoran'mereda, Mr Somare menyeberangi lantai, menunjuk jarinya pada MP, Sam Basil, dan berteriak dengan kata-kata pidgin yang diterjemahkan sebagai:Jika Anda berada di luar aku akan membunuh Anda.[14]

2010: suspensi dan penyakit[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Desember 2010, "di tengah kesehatan gagal, ia melangkah ke [...] untuk menghadapi pengadilan menyelidiki pelanggaran karena diduga gagal untuk menyampaikan laporan keuangan tahunan penuh pada 1990-an". Dia tetapde jureperdana menteri, tetapi ditunjuk Sam abal sebagai penjabat perdana menteri selama penyelidikan.[15]

Pada bulan April 2011, Somare diterima Raffles Hospital di Singapura untuk operasi jantung, dan tetap dalam perawatan intensif selama per Juni, akhir 2011 ketika keluarga hhis mengumumkan pensiun dari politik, mengutip sakit.[16][17]

Pada bulan Juni, saat ia masih di rumah sakit, dilaporkan Somare dimaksudkan untuk mundur pada akhir tahun, sehingga penggantinya bisa dipilih untuk memimpin Partai Aliansi Nasional ke pemilu 2012.[18]

Politik Somare[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2001, untuk menghentikan Anggota Parlemen dari 'partai melompat', partai koalisi pergeseran, dan suara tidak percaya dalam pemerintahan hari, UU Organik tentang Partai Politik dan Calon (OLIPPAC) diperkenalkan. Menjadi alasan pemerintah Somare menjadi yang pertama sejak tahun 1975 kemerdekaan untuk bertahan jangka waktu 5 tahun penuh. Meskipun, OLIPPAC tidak berhenti partai perpecahan, anggota parlemen menyeberangi lantai dan berusaha suara tidak percaya dari tahun 2002 sampai sekarang. Hal ini sangat mungkin pemerintah akan memegang kekuasaan Somare melalui pertengahan-2012, dilindungi terhadap suara dari kebetulan oleh OLIPPAC tersebut.

Seperti pada 2002-2007 Parlemen, pemerintah Somare telah mengambil keuntungan dari prosedur parlemen mengendalikan dengan menggunakan mayoritas mengalahkan tantangan dan menangguhkan Parlemen. Sebuah stabilitas politik yang lebih besar telah menjadi hasil dari taktik semacam itu, tetapi ini telah menyebabkan bangsa luas keluhan 'dominasi eksekutif' Parlemen, dan kelebihan dari blogging terhadap Somare langsung. Somare upaya untuk memblokir, dan menekan Dewan Pertahanan laporan Enquiry ke dalam urusan Moti telah dikritik secara terbuka. Juga tuduhan Somare untuk kegagalan untuk mengajukan pengembalian keuangan diperlukan di bawah Kode Kepemimpinan negara, hanya tambahan untuk daftar Perdana Menteri isu kontroversial.

Perubahan wakil perdana menteri telah sering selama periode pemerintah Somare dari 2002-sekarang, tetapi tidak ada upaya untuk pengantin pria penggantinya telah dibuat. Hanya ada upaya oleh dihormati kepemimpinan Menteri Keuangan Bart Filemon mencari dalam Aliansi Nasional tahun 2007 yang mengakibatkan dia dibuang oleh partai dan oleh karena itu menyeberang ke oposisi. Seringkali kata Sir Michael akan seperti anaknya Arthur Somare, Angoram Buka MP, untuk menggantikannya, namun saat ini telah Pengadilan Kepemimpinan untuk menghadapi.[19]

Sejak tahun 2004 pemerintah yang dipimpin Somare membuat baik penggunaan sumber daya, memberikan 80 persen dari ekspor dan 40 persen dari pendapatan pemerintah, menggunakan 'rejeki' keuntungan untuk membantu anggota parlemen terutama pemerintah dengan dana pembangunan pemilihan PGK 17 juta (AUD 7 juta) masing-masing. Dengan sedikit atau tidak ada transparansi atau pemantauan dari pengeluaran, ini ternyata legislator ini ke dalam pemerintahan eksekutif. Somare menghindari mosi tidak percaya pada Agustus 2009 ketika pemerintah membayar USD 2 juta untuk anggota parlemen masing-masing. Juga K60 dugaan juta setidaknya, telah tersebar dari dana 'kepercayaan' untuk memegang pemerintah Somare bersama di akhir Juli 2010.[20]

Baru gas alam cair (LNG) pengolahan di Boera dan lain pertambangan dan minyak bumi perkembangan adalah menghasilkan kemakmuran baru karena untuk memulai produksi pada tahun 2014, yang diperkirakan dua kali lipat Papua Nugini s 'PDB. Sebuah manajemen sumber daya dibenarkan sangat dibutuhkan bagi bangsa jika manfaat perkiraan harus dijamin dan merata. Untuk tanggal kembali dari manajemen proyek pembangunan besar telah miskin dan pelayanan di banyak bidang pemerintahan telah menjatuhkan belakang target kebijakan. Mengharapkan untuk melihat kerusuhan tumbuh, Jika befinfits sangat diantisipasi tidak disampaikan kepada pemilik tanah, sementara dikelilingi oleh proyek-proyek besar sumber daya.[19]

Koalisi Rainforest Bangsa[sunting | sunting sumber]

Deklarasi tanda Somare

Di panggung internasional, Papua Nugini telah menjadi penting dalam negosiasi iklim, memimpin [Koalisi [for Rainforest Nations]] dalam proposal untuk memasukkan kredit karbon untuk pengurangan emisi dari deforestasi (REDD) di pasca-2012 perjanjian perubahan iklim internasional. Somare telah secara pribadi mendukung Hutan Sekarang Deklarasi, menyerukan ini dan mekanisme pasar lainnya baru berdasarkan untuk melindungi hutan.

2011 Pengunduran diri sebagai Perdana Menteri dan pensiun[sunting | sunting sumber]

Pada 28 Juni 2011, keluarga Somare, yang dipimpin oleh istrinya, Lady Veronica Somare, mengumumkan pensiun Michael Somare sebagai Perdana Menteri dan dari politik.[17] Somare masih dirawat di perawatan intensif di Raffles Hospital di Singapura pada saat pensiun, lebih dari tiga bulan setelah ia menjalani operasi jantung pada bulan April 2011.[17] Putra Perdana Menteri Somare itu, Arthur Somare, Menteri Perusahaan Umum pada waktu itu, mengatakan dalam konferensi pers di Port Moresby bahwa ayahnya telah membuat keputusan untuk secara permanen mundur dari kantor perdana menteri dan meninggalkan politik PNG. "Ini adalah keinginan kami bahwa Sir Michael sekarang akan mengejar kehidupan di masa pensiun setelah hampir 50 tahun dalam politik aktif karena alasan medis dan ketidakpastian masa pemulihan," katanya.[21]

Laporan dalamPapua Nugini Pasca Kurirmenyatakan bahwa Somare tidak bisa berkomunikasi secara koheren pada saat itu.[22] In the retirement announcement, Somare's son, Arthur Somare, acknowledged that he had "not spoken to my father in a long time."[22] Untuk memenuhi persyaratan dari Konstitusi Papua Nugini, pemerintah akan mengirimkan dua dokter ke Singapura untuk publik mengkonfirmasi bahwa Somare terlalu sakit untuk kembali ke kantor sebagai Perdana Menteri.[17]

Honours[sunting | sunting sumber]

Somare telah menerima beberapa gelar doktor kehormatan, yang pertama dari Universitas Filipina pada tahun 1976. Somare diangkat menjadi anggota Paling Mulia Her Majesty Penasihat Dewan tahun 1977 (seperti di Australia, kehormatan "Para Mulia Benar" hanya dapat diberikan ketika seseorang mengaku Inggris Penasihat Dewan), dan membuat [[Ordo St Michael dan St George | Ksatria Grand Cross dari Ordo St Michael dan St George].] (GCMG) oleh Ratu dalam Daftar kehormatan Ulang Tahun dari 1990) pada tahun 2004 ia menerima otorisasi dari kabinet untuk menciptakan sebuah sistem penghargaan untuk Papua Nugini. Pada tahun 2005, Putri Kerajaan diinvestasikan dia sebagai seorang sahabat Agung pertama [Pesan [dari Logohu]] (GCL).

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Persemakmuran kehormatan[sunting | sunting sumber]

!Negara Penghargaan atau Orde Kelas atau Posisi Kurma Citation
Papua New Guinea Papua New Guinea Independence Medal 1975
United Kingdom Privy Council of the United Kingdom Privy Councilor 1977 [23]
United Kingdom Order of the Companions of Honour Companion of Honour 1978 [23]
United Kingdom Order of St Michael and St George Knight Grand Cross 1991 [23]
Papua Nugini Medali Kemerdekaan Papua Nugini HUT Ke-30 2004?
Papua New Guinea Order of Logohu Grand Commander 2005
Fiji Order of Fiji Companion year unknown (2005?) [24]
United Kingdom (Royal Order) Venerable Order of Saint John Knight of Justice year unknown [3]

Kehormatan Asing[sunting | sunting sumber]

!Negara Penghargaan atau Orde Kelas atau Posisi Kurma Citation
Vatican City Order of St. Gregory the Great Knight 1992

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jeffrey Clark, "Imagining the State, or Tribalism and the Arts of Memory in the Highlands of Papua New Guinea", in Ton Otto & Nicholas Thomas (eds.), Narratives of Nation in the South Pacific, Amsterdam:Harwood Academic Publishers, 1997, ISBN 90-5702-086-6, p.82
  2. ^ David Lipset (1997). Mangrove Man: Dialogics of Culture in the Sepik Estuary. Cambridge: Cambridge University Press
  3. ^ James Chin (2008), “Contemporary Chinese Community in Papua–New Guinea: Old Money versus New Migrants,” Chinese Southern Diaspora Studies, Volume Two,120–121.
  4. ^ Somare admits links to logging. The Australian (20 June 2007). Retrieved on 29 June 2011.
  5. ^ "PNG rally against Australia's treatment of PM Somare". Radio New Zealand International. Diakses 2 August 2007. 
  6. ^ Sir Michael Somare Interview. The-diplomat.com (2 February 2009). Retrieved on 29 June 2011.
  7. ^ "PNG report says PM Somare should be charged over Moti escape". Radio New Zealand International. Diakses 2 August 2007. 
  8. ^ The Papua New Guinea Post-Courier, Tuesday, 30 January 1996; The National, Tuesday, 30 January 1996.
  9. ^ Meade, Jenna. (5 November 2008) PNG leader Michael Somare and son asked to explain Cairns property deals. Courier Mail. Retrieved on 29 June 2011.
  10. ^ The West Australian. Au.news.yahoo.com. Retrieved on 29 June 2011.
  11. ^ "Papua New Guinea PM re-elected", Al Jazeera, 13 August 2007.
  12. ^ "PNG PM to step down after 40 year career", Sydney Morning Herald, 16 March 2008
  13. ^ "PNG's prime minister 'ready to leave' politics", ABC Radio Australia, 29 September 2008
  14. ^ Ilya Gridneff, "Somare threatens to kill opposition MP." Downloaded 26 July 2010.
  15. ^ "Woman's body found in Papua New Guinea leader's home", BBC, 15 June 2011
  16. ^ "Sir Michael Somare still in intensive care", Radio Australia, 21 May 2011
  17. ^ a b c d Callick, Rowan (30 June 2011). "Big shoes to fill as Michael Somare bows out". The Australian. Diakses 2011-06-30. 
  18. ^ "PNG’s Somare intends to stand down this year", Radio New Zealand International, 24 June 2011
  19. ^ a b Sir Michael Somare and PNG politics | Development Policy blog. Devpolicy.org (20 May 2011). Retrieved on 29 June 2011.
  20. ^ Papua New Guinea’s elusive stability. East Asia Forum (2 August 2010). Retrieved on 29 June 2011.
  21. ^ Papua New Guinea's 'father of independence' resigns. Telegraph. Retrieved on 29 June 2011.
  22. ^ a b Tannos, Jonathan (29 June 2011). "PNG's "Grand Chief" Remains in Intensive Care: Family defers to parliament, process". Papua New Guinea Post-Courier (Pacific Islands Reports). Diakses 2011-06-30. 
  23. ^ a b c [1][pranala nonaktif]
  24. ^ [2][pranala nonaktif]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Posisi baru Kepala Menteri Papua dan Nugini
1973–1975
Jabatan dihapuskan
Perdana Menteri Papua Nugini
1975–1980
Diteruskan oleh:
Julius Chan
Didahului oleh:
Julius Chan
Perdana Menteri Papua Nugini
1982–1985
Diteruskan oleh:
Paias Wingti
Didahului oleh:
Mekere Morauta
Perdana Menteri Papua Nugini
2002–2010
Diteruskan oleh:
Sam Abal
Acting
Didahului oleh:
Sam Abal
Acting
Perdana Menteri Papua Nugini
2011

Templat:PNGPMs