Michael Fu Tieshan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Michael Fu Tieshan

Uskup Michael Fu Tieshan
Lahir 3 November 1931
Qingyuan, Hebei, Tiongkok
Meninggal 20 April 2007 (umur 75)
Beijing, Tiongkok
Pekerjaan Ketua Asosiasi Patriotik Katolik Cina

Fu Tieshan (lahir di Qingyuan, Hebei, Republik Rakyat Tiongkok, 3 November 1931 – meninggal di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok, 20 April 2007 pada umur 75 tahun) adalah seorang uskup Katolik Cina dari gereja yang diakui oleh pemerintah RRT. Sepanjang kariernya sebagai pemimpin Katolik Cina, ia telah sering bentrokan dengan Vatikan karena Cina bersikeras untuuk mengangkat sendiri uskup-uskup Cina, tanpa persetujuan Vatikan. Selain itu, kelompok ini pun menolak untuk mengakui otoritas Paus di Roma atas Gereja Katolik Roma di Tiongkok.

Pendidikan dan jabatan[sunting | sunting sumber]

Fu, seorang suku Han, dilahirkan di Qingyuan, Provinsi Hebei. Pada tahun 1954 ia lulus dari Departemen Teologi dan Filsafat dari Sekolah Tinggi Wensheng, Beijing. Pada 1956, Katedral Xishiku mengangkatnya sebagai imam Katolik. Pada 1979 ia ditahbiskan sebagai uskup oleh Keuskupan Beijing.

Di lingkungan Gereja Katolik di Tiongkok, Fu tergabung dalam Perhimpunan Katolik Cina Patriotik, kelompok Katolik yang resmi diakui oleh pemerintah. Pada 1993, Fu terpilih sebagai wakil ketua perhimpunan ini dan lima tahun kemudian sebagai ketuanya. Fu juga banyak terlibat dengan Konferensi Musyawarah Politik Komite Rakyat Cina (CPPCC), lembaga penasihat politik penting Cina. Fu pernah menjadi anggota Komisi Tetap dari Komite Nasional CPPCC yang ke-6 dan ke-7. Pada 1998 ia terpilih sebagai Wakil Ketua CPPCC ke-9 Komite Munisipal Beijing.

Fu adalah penyusun "Kamus Istilah Tionghoa-Inggris untuk Istilah Katolik Sehari-hari".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]