Metropolitana di Catania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Catania Metro
Info
Wilayah Catania
Jenis Rapid transit
Jumlah jalur 1
Jumlah stasiun 6
Operasi
Dimulai 1999
Teknis
Panjang sistem 3,8 km (2,4 mi)

Metropolitana di Catania adalah sistem kereta dalamm kota yang melayani kota Catania di Sisilia, Italia Selatan.

Jalur ini beroperasi sejak 27 juni 1999 dan terdiri dari satu jalur sepanjang 4 km. Jalur ini berada di bawah tanah pada sebagian besar jalurnya (antara stasiun Borgo dan Galatea). Frekuensi dibatasi setiap 15 menit karena sebagian besar jalurnya adalah jalur tunggal (antara stasiun Galatea dan Porto), sedangkan kereta apinya beroperasi secara bergantian.

Sejarah pembangunan[sunting | sunting sumber]

Bagian dari jalur antara stasiun Borgo dan F.S. Centrale awalnya berbasisi pada jalur rel regional narrow-gauge Circumetnea yang dibangun tahun1895. Jalur ini diubah menjadi standard gauge dan diubah dalam jalur bawah tanah kecuali untuk bagian rute yang berada di pantai yang tetap di permukaan. Perpanjangan rel yang lain adalah ke selatan dari F.S. Centrale (Stasiun pusat dari Catania) ke stasiun Porto, di pelabuhan kota. Terminal awal Circumetnea di F.S. Centrale dipindah ke Borgo.

Metropolitana dan Circumetnea beroperasi dalam satu perusahaan, yang berkantor di Catania Borgo.

Status saat ini dan pengembangan[sunting | sunting sumber]

Diagram akurat dari Catania Metro

Metro saat ini dalam kesulitan karena rendahnya jumlah penumpang, dikarenakan rute tidak melewati pusat kota dan tidak menjangkau banyak destinasi populer. Alasan lain adalah terbatasnya frekuensi satu kereta setiap 15 menit, karena keberadaan jalur tunggal.

Sebuah perpanjangan terhadap sistem mendapat lampu hijau pada 30 Maret 2006. Dimana dibuat cabang dari Galatea menuju bagian baramelewati pusat kota, yang akan mencapai Bandar Udara Catania-Fontanarossa menuju selatan [1]. Solusi ini dipilih untuk menghubungkan bandar udara menuju stasiun baru di jalur Catania-Siracusa, yang berjalan melewati bandara dan menjadi bagian jaringan rel nasional. Stasiun bawah tanah baru di Piazza Giovanni XXIII dan Piazza Stesicoro, di antara yang lain, akan melayani pusat kota.

Perpanjangan lain, menuju barat dari terminal saat ini di Borgo, menggunakan jalur kanan dari Circumetnea, sedang dalam pembangunan menuju Nesima, hingga bagian barat laut batas kota.

Direncanakan akan selesai dan masuk pelayanan dari Piazza Stesicono sampai dengan Nesima antara akhir tahun 2010 dan awal tahun 2011.

Daftar stasiun Catania metro[sunting | sunting sumber]

  • Borgo
  • Giuffrida
  • Italia
  • Galatea
  • F.S. Stazione Centrale
  • Porto

Pranala luar[sunting | sunting sumber]