MetroMini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Metromini)
Langsung ke: navigasi, cari
Metro Mini

MetroMini adalah nama sebuah perusahaan yang menyediakan jasa angkutan kendaraan umum di Jakarta, Indonesia. Bus-busnya berukuran kecil dengan warna khas merah-oranye dan biru dengan garis putih di tengahnya. Memiliki kapasitas sekitar 20-30 tempat duduk. MetroMini melayani trayek-trayek dalam kota Jakarta yang setiap rutenya ditandai dengan suatu nomor khusus, misalnya MetroMini 92, S69, dll. Awalan S, T, B, U, P di depan nomor menandakan wilayah layanan operasi: Jakarta Selatan, Timur, Barat, Utara, atau Pusat. MetroMini yang melayani lintas wilayah tidak mendapat awalan huruf pada nomornya dan awalan x untuk rute patas AC. Karena rencana Jokowi tersebut, Metromini akan diintergrasikan dengan Transjakarta

Ciri khas[sunting | sunting sumber]

MetroMini sangat terkenal di kawasan Jakarta. Hampir tidak ada orang yang tidak tahu MetroMini, ini dikarenakan MetroMini merupakan salah satu angkutan murah di Jakarta yang tarif per orang hanya Rp 3000,00 dan pelajar Rp 1000,00. MetroMini juga terkenal akan kebrutalan supirnya, kaca yang biasanya ditempeli stiker dan juga armada yang sudah tidak layak untuk mengangkut penumpang. Ini dibuktikan dengan tidak berfungsinya beberapa instrumen bis, seperti speedometer, tidak adanya jendela pada kendaraan dan juga salah satu pembuat polusi di Jakarta dengan sistem pembuangan karbon di knalpot yang sudah tidak sempurna[1]. Meskipun begitu, MetroMini tetap merupakan salah satu jenis angkutan terpopuler di Jakarta.

Rute Patas AC (Jakarta ke Bekasi)[sunting | sunting sumber]

  • AC 09A : Terminal Kalideres - Terminal Bekasi via Bekasi Timur - Daan Mogot - Rawa Buaya
  1. Rute berangkat:
Terminal Kalideres - Jalan Daan Mogot - Jalan Lingkar Luar - Jalan Puri Lingkar Luar - Jalan Kembang Kerep - Gerbang Tol Kembangan dan Meruya CR 2 - Jalan Tol Jakarta Merak - Jalan Tol Cawang Pluit (Dalam Kota) - Jalan Tol Jakarta Cikampek - Gerbang Tol Bekasi Timur 1 - Jalan Jendral Ahmad Yani - Jalan Cut Meutia - Terminal Bekasi.
    1. Rute kembali:
Terminal Bekasi - Jalan Cut Meutia - Jalan Jendral Ahmad YAni - Gerbang Tol Bekasi Timur 4 - Jalan Tol Jakarta Cikampek - Jalan Tol Cawang Pluit (Dalam Kota) - Jalan Tol Pantai Indah Kapuk - Gerbang Tol Rawa Buaya 3 - Jalan Daan Mogot - Terminal Kalideres.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]