Metode Kumon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo Kumon
Sebuah lembaga Kumon di Michigan.

Metode Kumon yang diperkenalkan oleh seorang pendidik Jepang, Toru Kumon (di Osaka pada tahun 1958) merupakan sistem pendidikan matematika dan bahasa yang paling besar di dunia. Sampai pada bulan Maret 2007, lebih dari 4 juta anak belajar menggunakan metode Kumon melalui lebih dari 26.000 lembaga pendidikan Kumon di 47 negara. Di bagian Amerika bagian utara saja, lebih dari 240.000 pelajar menggunakan metode ini melalui 1.400 pusat pendidikan Kumon di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.

Pada tahun 2002, lembaga Kumon di Jepang ini memperkenalkan sebuah logo perusahaan dalam bentuk "Wajah pemikir". Logo ini melambangkan seorang anak yang sedang berpikir pada saat belajar yang dinyatakan pada huruf “o” dari kata “Kumon”. Logo ini kemudian secara resmi digunakan di Amerika Serikat pada bulan Maret 2003.

Struktur bahan pelajaran Matematika[sunting | sunting sumber]

Program wajib dimulai dari tingkat 7A, 6A, 5A, 4A, 3A, 2A, A, B, dan seterusnya sampai dengan O. Menurut orang orang level yang paling susah adalah D . Semua level susah kecuali dari level 7A - B .