Metal Gear Solid 3: Snake Eater

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Metal Gear Solid 3: Snake Eater
North American game cover
North American box art
Pengembang Konami Computer Entertainment Japan / Kojima Productions
Penerbit Konami
Perancang Hideo Kojima
Komposer musik Harry Gregson-Williams
Norihiko Hibino
Shuichi Kobori
Nobuko Toda
Rika Muranaka
Star Sailor
Seri Metal Gear
Platform PlayStation 2
Tanggal rilis MGS3: Snake Eater

AN 17 November 2004

JP 16 Desember 2004

UE 4 Maret 2005

AUS 17 Maret 2005

MGS3: Subsistence
JP 22 Desember 2005

AN 14 Maret 2006

UE 6 Oktober 2006

AUS 13 Oktober 2006

Genre Stealth action
Mode Single player
Media digital/distribusi DVD

Metal Gear Solid 3: Snake Eater 3メタルギアソリッド (スネークイーター?) (biasa disingkat MGS3) adalah permainan video pemenang penghargaan permainan siluman yang disutradarai oleh Hideo Kojima.Snake Eateradalah dikembangkan oleh Konami Computer Entertainment Jepang dan diterbitkan oleh Konami untuk PlayStation 2, dan dirilis pada 17 November 2004 di Amerika Utara; 16 Desember 2004 di Jepang ; 4 Maret 2005 di Eropa; dan pada tanggal 17 Maret 2005 di Australia. Permainan, yang berfungsi sebagai prekuel ke seluruh serial Metal Gear, ini diikuti langsung oleh sekuel berjudulMetal Gear Solid: Portable Ops .

Dimainkan dalam era Perang Dingin Rusia, cerita berpusat pada operasi FOX Naked Snake ketika ia berusaha menyelamatkan seorang perancang senjata dan mensabotase percobaan senjata super. Sementara permainan sebelumnya ditetapkan dalam lingkungan terutama perkotaan,Snake Eater mengadopsi hutan tahun 1960-an Soviet, dengan teknologi tinggi, perangkap dekat-masa depan dari permainan Metal Gear Solid sebelumnya yang digantikan dengan keliaran . Sementara setting telah berubah, permainan tetap fokus pada siluman dan infiltrasi, dan tetap mempertahankan seri refensial diri, rasa humor dinding keempat. Cerita tentangSnake Eater diceritakan melalui berbagai adegan potongan dan radio percakapan.

Metal Gear Solid 3: Snake Eater adalah permainan publik yang diterima dengan baik dan kritis, menjual 3,7 juta kopi di seluruh dunia dan skor rata-rata 91% pada situs Game Rankings dan Metacritic.

Jalur permainan[sunting | sunting sumber]

Jalur permainan dari Snake Eater mirip dengan permainan sebelumnya dalam seri Metal Gear Solid. Snake, dikendalikan oleh pemain, harus bergerak tanpa terdeteksi musuh, di lingkungan yang penuh musuh. Meskipun Snake memperoleh berbagai senjata (mulai dari pistol sampai roket granat), penekanannya adalah pada menggunakan siluman untuk menghindari konfrontasi. Sejumlah objek dan gadget dapat ditemukan di sepanjang jalan untuk membantu dalam hal ini, termasuk detektor gerak untuk melacak tentara musuh, dan kotak kardus merek dagang Metal Gear, yang Snake dapat bersembunyi di bawah untuk menghindari deteksi visual.

Meskipun kesamaan fundamental,Snake Eater memperkenalkan banyak aspek jalur permainan baru yang tidak hadir dalam permainan Metal Gear sebelumnya, termasuk kamuflase, sistem perlawanan tangan dengan tangan yang disebut "pertempuran jarak dekat" atau "CQC" (Close-Quarter Combats), sebuah pengukur stamina, dan sebuah sistem terluka-dan-mengobati.

Sekitar dua pertiga dari permainan diatur di luar ruangan dalam fiksi hutan hujan Uni Soviet, dan di lingkungan bervariasi ini sepenuh-penuhnya sering berpotensial sebagai kunci keberhasilan. Fitur-fitur baru, penekanan khusus ditempatkan pada kamuflase dan menggunakan lingkungan hutan itu sendiri (misalnya, memanjat pohon atau bersembunyi di rumput tinggi) agar tidak terlihat oleh musuh. Radar lanjutan dari permainan sebelumnya telah dihapus demi gerak yang sederhana dan sonar detektor sistem yang lebih cocok untuk permainan jangka waktu.

Snake menggunakan kamuflase untuk tetap tidak terdeteksi. "Indeks kamuflase" dapat dilihat di atas, pojok kanan.

Sebuah nilai persentase disebut "Indeks kamuflase" Snake menampilkan visibilitas, pada skala dari nilai negatif (sangat terlihat) hingga 100% (sama sekali tidak terlihat oleh musuh). Dalam rangka untuk meminimalkan visibilitas, pemain harus beralih antara berbagai seragam kamuflase dan cat wajah untuk berbaur dengan lingkungan, misalnya mengenakan seragam bermotif kulit kayu saat bersandar di pohon, atau mengenakan wajah bergaris cat ketika bersembunyi di rumput tinggi. Perangkat lain untuk kamuflase, seperti Gavial kepala palsu untuk mengurangi kemungkinan terdeteksi dalam air, juga tersedia.

Dasar pertempuran jarak dekat dari angsuran sebelumnya telah banyak disempurnakan dan diperluas ke dalam sistem CQC. Ketika tak bersenjata atau menggunakan senjata satu tangan, Snake dapat mengambil lawan dan menempatkan mereka dalam sebuah chokehold,pada titik mana berbagai tindakan dapat dilakukan, seperti mencekik musuh sadar atau menginterogasi mereka di ujung pisau untuk memperoleh informasi. Konteks, tekanan diterapkan pada tombol, dan gerakan tongkat analog menentukan tindakan yang dilakukan.

Sementara permainan sebelumnya digunakan hanya yang sederhana batang kehidupan (life bar),Snake Eater juga melacak luka-luka di seluruh tubuh. Sebagai contoh, Snake jatuh bisa patah tulang kaki , memperlambat dia turun sampai cedera benar diperlakukan dengan belat dan perban. Kecuali cedera ini diperlakukan, Snake tidak akan dapat sepenuhnya pulih kesehatannya untuk beberapa waktu.

Lokasi membawa pada kebutuhan untuk mengandalkan tumbuhan asli dan fauna asli untuk bertahan hidup. ini diwujudkan dalam mengukur stamina, yang terus-menerus menguras selama bermain game. Kegagalan untuk mengembalikan alat ukur dengan makan memiliki efek merugikan pada permainan, seperti menurunnya kemampuan Snake untuk mengarahkan senjata dan didengar oleh musuh karena perut keras Snake menggrundel. Makanan dapat disimpan di ransel sampai diperlukan. Namun, beberapa jenis makanan membusuk dari waktu ke waktu, dan memakan makanan busuk dapat mengakibatkan Snake mengembangkan sakit perut, menyebabkan alat pengukur untuk menguras stamina lebih cepat. Hal ini dapat diobati dengan Obat Pencernaan (D Med).

Snake Eater memasukkan minigame disebutSnake vs Monkey, di mana Snake harus menangkap Ape Escape gaya monyet. Selain mengandung humor lidah-di-pipi, bonus item yang dapat digunakan dalam permainan utama dapat dibuka oleh berkembang melalui berbagai tahap.