Gedung MetLife

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari MetLife Building)
MetLife Building
MetLife Building
Peta
Informasi umum
JenisPerkantoran
LokasiNew York, New York, AS
Mulai dibangun1958
Rampung1962
Pembukaan7 Maret 1963
Tinggi
Atap808 ft (246 m)
Data teknis
Jumlah lantai59
Luas lantai3.140.000 sq ft (292.000 m2)
Lift23
Desain dan konstruksi
ArsitekEmery Roth & Sons & The Architects' Collaborative
Teknisi strukturThe Office of James Ruderman
Referensi
[1][2]

MetLife Building, awalnya bernama Pan Am Building, adalah sebuah gedung pencakar langit yang beralamat di 200 Park Avenue di Midtown Manhattan, New York City, New York, Amerika Serikat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

MetLife Building (sebelumnya Pan Am Building) merupakan gedung perkantoran komersial terbesar di dunia ketika dibuka pada tanggal 7 Maret 1963.[3] Gedung ini mudah dikenali di kaki langit Manhattan dan merupakan satu dari lima puluh bangunan tertinggi di Amerika Serikat. Gedung ini menghadapi ketidakpopuleran besar ketika pertama kali dibangun, dan dideskripsikan sebagai sebuah 'raksasa jelek', karena ketiadaan proporsi dan ukurannya yang besar - gedung ini mendominasi New York Central Building di utara dan Grand Central Terminal di selatan.[butuh rujukan]

MetLife Building dilihat dari Empire State Building

Pan American World Airways adalah pemilik bangunan ini selama beberapa tahun. Logonya muncul di fasad utara dan selatan bangunan dan logo globenya di fasad timur dan barat bangunan. MetLife Building adalah menara tinggi terakhir yang dibangun di New York City sebelum pengesahan hukum yang melarang penempatan logo dan nama perusahaan di puncak bangunan.[4]

Pan Am awalnya hanya menempati 15 lantai di Pan Am Building. Metropolitan Life Insurance Company membeli Pan Am Building dari Pan Am pada tahun 1981; kantor pusat Pan Am masih di gedung ini. Pada tahun 1991, Pan Am hanya memiliki 4 lantai; pada tahun itu Pan Am memindahkan kantor pusatnya ke Miami. Tidak beerapa lama kemudian, maskapai tersebut berhenti beroperasi. Pada 3 September 1992, MetLife mengumumkan bahwa mereka akan memindahkan papan Pan Am dari gedung ini. Robert G. Schwartz, ketua, pimpinan eksekutif, dan presiden MetLife, mengatakan bahwa perusahaan ini memutuskan untuk memindahkan papan Pan Am sejak maskapai tersebut berhenti beroperasi. Pada waktu itu, MetLife berkantor pusat di Metropolitan Life Insurance Company Tower.[5]

Pada tahun 2005, MetLife menjual bangunan ini dengan nilai $1,72 miliar, nilai bangunan perkantoran tertinggi di Amerika Serikat pada masa itu. Pembelinya adalah gabungan Tishman Speyer Properties, New York City Employees' Retirement System, dan New York City Teachers' Retirement System.[6]

Pemandangan MetLife Building dan Grand Central Terminal ketika bangunan ini masih dikenal sebagai Pan Am Building

Layanan helikopter[sunting | sunting sumber]

Sebelumnya di gedung ini terdapat layanan helikopter menuju terminal Pan Am di Bandar Udara Internasional John F. Kennedy, sebuah penerbangan berdurasi 7-10 menit dari helipad di puncak bangunan. Penerbangan New York Airways Vertol 107 berlangsung sejak 21 Desember 1965 hingga 18 Februari 1968; penerbangan S-61 beroperasi selama beberapa bulan pada tahun 1977, berakhir setelah sebuah kecelakaan di atas bangunan menewaskan lima orang.[7][8]

Pada 16 Mei 1977, satu menit setelah Sikorsky S-61L mendarat dan 20 penumpangnya keluar, roda pendaratan kanan depan patah, sehingga menyebabkan helikopter jatuh ke kanan dengan baling-baling yang masih berputar. Satu dari lima baling sepanjang 20 kaki patah dan terbang ke kerumunan penumpang yang menunggu untuk naik. Tiga pria tewas seketika dan satu orang lainnya meninggal kemudian di rumah sakit. Baling tersebut jatuh dan menewaskan seorang pejalan kaki di sudut Madison Avenue dan 43rd Street. Dua orang lainnya luka parah.[9][10]

Sutradara film Michael Findlay disebutkan dalam laporan pers sebagai satu dari tiga pria di atap yang tewas seketika ketika "terpotong menjadi beberapa bagian." [11]

Insiden[sunting | sunting sumber]

Sebuah insiden terjadi ketika Eli M. Black (ayah Leon Black) bunuh diri pada tanggal 3 Februari 1975. CEO United Brands Company (sekarang Chiquita Brands International) ini memecahkan jendela luar dengan kopornya, melompat dari lantai 44 dan jatuh di Park Avenue.

Budaya masyarakat[sunting | sunting sumber]

Sebagai sebuah markah tanah New York yang terkenal, gedung ini terlihat di beberapa film seperti Coogan's Bluff, The French Connection, Armageddon, Catch Me If You Can, Godzilla, dan Charlie and the Chocolate Factory. Gedung ini juga terlihat dalam permainan video Grand Theft Auto IV terbitan Rockstar Games dalam bentuk parodi bernama GetaLife Building, dan juga Crysis 2, ketika gedung ini terkena tembakan artileri alien dan runtuh menimpa gedung Grand Central Terminal. Gedung ini juga terlihat di film Knowing, ketika hancur bersama seluruh New York City, dan film Transformers: Revenge of the Fallen (2009), ketika Megatron memerintahkan Starscream untuk melancarkan serangan penuh terhadap planet ini. Gedung ini ditampilkan pada periode 60-an dengan logo PAN AM di serial televisi ABC, Pan Am.

Penyewa[sunting | sunting sumber]

Selain digunakan sebagai kantor pusat resmi Metropolitan Life Insurance Company, MetLife Building juga digunakan oleh sejumlah firma besar lainnya, termasuk kantor pusat Dreyfus Corporation dan Barclays Wealth Americas, kantor terbesar Greenberg Traurig, dan cabang New York milik Mishcon de Reya, DnB NOR, CB Richard Ellis, Gibson, Dunn & Crutcher, Hunton & Williams, Computer Sciences Corporation, Winston & Strawn & Lend Lease Corporation di Lantai 9. Bangunan ini juga digunakan sebagai cabang AS milik Mitsui & Co. (USA) Inc., anak perusahaan dagang terbesar Jepang.

"Penghuni" paling terkenal di gedung ini adalah sepasang alap-alap kawah bernama Lois dan Clark (sesuai nama dua karakter utama pada serial film Superman) yanng bersarang di sana dan memangsa merpati.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ MetLife Building di SkyscraperPage
  2. ^ MetLife Building di Emporis
  3. ^ Horsley, Carter C. The MetLife Building Diarsipkan 2021-02-28 di Wayback Machine., The Midtown Book. Accessed September 30, 2007. "When it was completed, the 2.400.000 sq ft (220.000 m2). building became the world's largest office building in bulk, a title it would lose a few years later to 55 Water Street downtown."
  4. ^ Schneider, Daniel B. "F.Y.I." Diarsipkan 2023-07-29 di Wayback Machine., The New York Times, January 5, 1997. Accessed September 30, 2007. "Q. I recall that it was 1963 when the huge Pan Am letters were put atop what is now the Met Life building and that it was 1992 when they were taken down.... A. Most of the letters and the accompanying logos did not survive removal; exceptions are in warehouses.... The letters, each about 15 kaki (4,6 m) tall, and the logos -- 25-kaki (7,6 m)-wide globes -- had to be cut into sections and pulled up onto the roof by technicians from Universal Unlimited, who built and installed their replacements, the Met Life signs."
  5. ^ Dunlap, David W. "Final Pan Am Departure Diarsipkan 2023-04-05 di Wayback Machine.." The New York Times. Friday September 4, 1992. Retrieved on August 25, 2009.
  6. ^ Ramirez, Anthony. "MetLife Sells 2nd Building, A Landmark On Park Ave. Diarsipkan 2017-12-01 di Wayback Machine." The New York Times. April 2, 2005. Retrieved on August 25, 2009.
  7. ^ Schneider, Daniel B. "F.Y.I." Diarsipkan 2023-07-29 di Wayback Machine., July 25, 1999. Accessed September 30, 2007. "Q. Back in the 1960s and 1970s, helicopters bound for Kennedy International Airport used to take off from a deck atop the old Pan Am Building. Why was the service halted? A. As many as 360 helicopter flights a day were planned by New York Airways after the 59-story Pan Am building was completed in 1963, but a bitter public outcry delayed the first few flights until Dec. 21, 1965.... The operation proved unprofitable, however, since the helicopters carried an average of only eight passengers, and the heliport, which had cost $1 million to build, closed in 1968.... After another round of hearings -- and renewed protests -- flights resumed in February 1977. Three months later, the landing gear on one of the Sikorsky S-61 helicopters collapsed while passengers were boarding, flipping it on its side and sending a 20-foot rotor blade skidding across the roof and over the west parapet wall. Within hours, the heliport was closed indefinitely."
  8. ^ Hudson, Edward. "Helicopter Service From Roof Of Pan Am Building Suspended; PAN AM SUSPENDS COPTER SERVICES" Diarsipkan 2013-05-12 di Wayback Machine., The New York Times, February 19, 1968. Accessed September 30, 2007. "Helicopter operations from the 59-story roof of the Pan Am Building were suspended last night as a result of a dispute over the future financial support of the operation by Pan American World Airways."
  9. ^ NTSB. Aircraft Accident Report - New York Airways, Inc., Sikorsky S-61L, N619PA Pan Am Building Heliport, New York, New York, May 16, 1977 Diarsipkan 2019-11-08 di Wayback Machine.. (PDF Diarsipkan 2007-09-30 di Wayback Machine.)
  10. ^ UPI. Helicopter Crash Kills Five. Beaver County (Pa.) Times: Tuesday, 17 May 1977, A-13.
  11. ^ AP. Five Dead in Helicopter Crash. The Fort Scott Tribune: Tuesday, 17 May 1977, page 1.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]