Meri Te Tai Mangakāhia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Meri Mangakāhia pada tahun 1890.

Meri Te Tai Mangakāhia (lahir di Panguru di Hokianga, Northland, 22 Mei 1868 – meninggal 10 Oktober 1920 pada umur 52 tahun) adalah seorang juru kampanye hak pilih bagi perempuan di Selandia Baru.

Selain sebagai anggota Te Rarawa iwi, ia adalah putri dari Re Te Tai, seorang pemimpin berpengaruh, dan dididik di St. Mary's Convent di Auckland.

Mangakāhia adalah istri Hamiora Mangakāhia, yang pada tahun 1892, terpilih sebagai Perdana Menteri Parlemen Kotahitanga di Hawke's Bay. Tahun berikutnya, Meri Mangakāhia ditunjuk oleh majelis Te Rarawa iwi (wanita pertama untuk melakukannya) untuk mengirimkan sebuah gerakan yang berpihak pada perempuan yang diizinkan untuk memilih dan berdiri sebagai anggota DPR. Dia mencatat bahwa perempuan Māori pemilik tanah tidak boleh dilarang dari perwakilan politik.

Dia kemudian bergabung dengan komite perempuan dari gerakan Kotahitanga, sisa gerakan Māori terlibat dalam gerakan politik dan kesejahteraan.

Dia meninggal di Panguru karena menderita sakit influenza pada 10 Oktober 1920 bersama dengan anggota keluarga. Dia mempunyai 4 anak.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]