Mergui

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta wilayah Mergui Myanmar Selatan

Mergui atau Myeik adalah sebuah kota di Region Tanintharyi di bagian selatan Myanmar. Kota ini terletak di Kepulauan Mergui yang terletak di Laut Andaman. Sebelumnya kota ini merupakan bagian dari Kerajaan Ayutthaya tetapi pada akhirnya dapat ditaklukkan Burma pada tahun 1765

Pada tahun 2006 terdapat sekitar 180.000 orang yang tinggal di Myeik. Populasi sebagian besar terdiri dari Burma, Cina, Karen , India, Mon dan suku nomaden laut yaitu suku Moken . Bahasa mereka memiliki aksen yang kuat dari Burma.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Suasana Kampung Nelayan di Kepulauan Mergui

Sejak abad ke 16 daerah Mergui adalah daerah bagian dari Kerajaan Ayutthaya Siam , tetapi kemudian dapat ditaklukkan oleh Burma melalui penaklukan Ayutthaya dan akhirnya Mergui tergabung dalam burma pada tahun 1767. Mergui Ayutthaya merupakan pusat perdagangan penting dengan India dan Persia di barat dan Cina dan Jepang di timur. Di kota ini juga banyak orang Eropa menetap di sini, atau pergi dengan barang-barang mereka dengan tanah melalui semenanjung Tanintharyi ke Ayutthaya. Daerah ini adalah daerah yang sering diperebutkan oleh Burma dengan Siam.

Pada abad ke 17 Raja Siam Songtham meminta Belanda untuk mengamankan darah Mergui, terutama untuk melindungi kepentingannya melawan Portugis . Ayutthaya kemudian dua orang Inggris, Burnaby dan Richard Samuel White, tangan yang bebas dalam mendirikan sebuah armada bajak laut untuk mengganggu kepentingan Perusahaan Hindia Timur Britania. Sebagai akibat dari penaklukan Ayutthaya pada tahun 1765 Mergui jatuh ke Burma dan pada akhirnya ditaklukkan oleh Inggris pada tahun 1826 setelah Perang Inggris-Birma Pertama.

Pranalaluar[sunting | sunting sumber]