Deli Plaza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Menara Plaza)

Deli Plaza adalah salah satu pusat perbelanjaan yang berlokasi di Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Namun, Deli Plaza tak bertahan walau dibantu Sinar dan Menara Plaza.[1] Menempati bekas lahan Deli Plaza Medan, Agung Podomoro Land menambahkan superblok PCDM yang milik properti Las Vegas Sands.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Deli Plaza didirikan oleh PT Menara Sinar Deli yang di mana di lokasi tersebut terdapat 3 pusat perbelanjaan yang saling bersebelahan dan ketiga-tiganya mempunyai sebuah perusahaan manajemen yang sama. Deli Plaza merupakan salah satu tempat utama bagi kalangan muda dulu, tetapi sejak berdirinya beberapa pusat pembelanjaan baru pada tahun 2004, kemudian dilakukan proyek baru. Deli Plaza bersama dengan Sinar Plaza dan Menara Plaza sekarang ini sedang mengalami proses renovasi, di mana nantinya akan dikerjakan proyek super block yang menggabungkan ketiga pusat perbelanjaan dan mengganti nama menjadi Deli Grand City, yang di dalamnya terdapat pusat perbelanjaan, convention hall, apartemen, kantor, tempat makan, dan hotel.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Total luas lahan digunakan adalah lebih dari 5 hektare. Proyek ini dikatakan akan siap tahap pertamanya pada tahun 2010 yang terdiri dari pusat perbelanjaan, apartemen, dan sebagian tempat parkir. Superblok Deli Grand City rencananya terdiri atas tiga menara apartemen 18 lantai, satu menara perkantoran 27 lantai, hotel bintang lima 15 lantai, dan pusat perbelanjaan lima lantai. PT Prada Tata Internasional (PTI Architects) dipercaya sebagai konsultan arsitek dalam proyek tersebut. Sayangnya proyek ini tidak berjalan dengan mulus dikarenakan masalah finansial. PT Sinar Menara Deli (SMD), sebagai pemilik sekaligus pengembangnya, menjual sebagian besar saham kepemilikannya kepada Agung Podomoro Land (APLN) untuk meneruskan konstruksinya. SMD menjual 58 persen sahamnya senilai Rp 467 miliar. SMD dan mitra lokal lainnya masih memegang 42 persen saham sisanya. Superblok yang diubah namanya menjadi Podomoro City Deli-Medan setelah sahamnya dibeli 58 persen oleh Agung Podomoro Land ini rencananya terdiri dari 8 lantai Mall, tiga menara apartemen berjumlah 12 lantai di atas mall, dua menara kondominium berjumlah 40 lantai, satu menara perkantoran berjumlah 50 lantai di atas mall, dan hotel bintang lima. Proyek yang telah dilaksanakan pembangunannya direncanakan untuk siap pada tahun 2017. Proyek ini terletak di jalan Guru Patimpus/Balai Kota.

Antarmoda Pendukung[sunting | sunting sumber]

Jenis angkutan umum Koridor/trayek Tujuan
Trans Metro Deli[3] K1M Terminal Pinang Baris–Lapangan Merdeka

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ sumutpos (2012-03-22). "Deli Plaza, tak Bertahan walau Dibantu Sinar dan Menara Plaza". SumutPos.co (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-04-12. 
  2. ^ Industry.co.id (2018-03-12). "Peminat Podomoro City Deli Medan Ada dari Wilayah Lain". Industry.co.id (dalam bahasa Indonesia). Diakses tanggal 2022-04-12. 
  3. ^ "Medan | Teman Bus". Diakses tanggal 2021-11-30.