Melissa (nama)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Melissa
Lebah madu, arti dari nama Melissa.
PelafalanMel-lis-sa
Jenis kelaminperempuan
BahasaYunani
Asal usul
BahasaYunani
Kataμέλισσα (melissa)
Artilebah madu
Daerah asalYunani
Alternatif
Ejaan alternatifMelisa
Bentuk singkatMel
Nama terkaitMelinda, Melita, Melina

Melissa adalah nama yang diberikan untuk anak perempuan. Nama tersebut berasal dari bahasa Yunani μέλισσα (Melissa) berarti "lebah madu"; dan dari μέλι (meli) berarti "madu". Bandingkan dengan bahasa Het melit.

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Menurut mitologi Yunani—mungkin mencerminkan kebudayaan Minoa karena menyangkut putri seorang raja Kreta bernama Melissos—Melissa adalah seorang nimfa yang menemukan dan mengajarkan pengolahan madu, serta diyakini sebagai penyebab lebah disebut melissa dalam bahasa Yunani. Dia adalah salah satu nimfa pengasuh Dewa Zeus, tapi alih-alih memberikan susu, ia malah memberinya madu, sesuai dengan namanya. Menurut versi lain, lebah madu sendiri membawa langsung madu tersebut ke sang bayi. Oleh karena itu, Melissa menjadi nama bagi nimfa yang mengasuh dewa-dewa semasa bayi.

Pada tahun 2007, Melissa adalah nama terpopuler ke-137 untuk anak perempuan kelahiran Amerika Serikat, turun drastis dari peringkat ke-2 pada tahun 1977. Melissa merupakan salah satu dari 10 nama terpopuler bagi gadis pada tahun 19671984.

Melissa juga mengacu pada tanaman yang dikenal sebagai lemon balm (suku Lamiaceae, genus serta spesies Melissa officinalis).

Tokoh pemilik nama Melissa[sunting | sunting sumber]