Meja putar kendaraan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Car on turntable in Louisville, Colorado.

Meja putar kendaraan atau dalam bahasa Inggris Car turntable adalah perangkat untuk memutar kendaraan di atas meja putar. Untuk itu berhenti di atas meja dan kendaraan diputar. Perangkat ini digunakan ditempat parkir yang sempit ataupun pada tempat parkir umum yang luas lahannya terbatas ataupun pada gedung parkir yang dilengkapi dengan lift kendaraan, pada lift selanjutnya dipasang meja putar.

Desain meja putar[sunting | sunting sumber]

Meja putar biasanya berbentuk bundar terbuat dari pelat besi yang diudukung oleh struktur baja yang dipasang pada poros putar. Meja digerakkan dengan motor listrik. Untuk mempermudah menggerakkan meja putar biasanya meja dilengkapi dengan remote control, sehingga pengemudi dapat mengoperasikannya dari ruang pengemudi. Dimensi meja putar tergantung kepada besarnya kendaraan yang akan diputar, untuk mobil sedan standar [1] biasanya digunakan diameter 4 m dan bisa sampai dengan 10 m untuk truk. Agar kendaraan tidak kelewat meja putar pada saat memasuki meja putar sebelum kendaraan diputar, biasanya dilengkapi dengan stopper roda depan.

Penggunaan Meja putar kendaraan[sunting | sunting sumber]

Meja putar kendaraan digunakan pada:

  • Manuver kendaraan ditempat parkir yang sempit
  • Gedung parkir otomatis
  • Display mobil pada pameran mobil ataupun di showroom, sehingga pengunjung dapat melihat mobil dari semua sisi.
  • Proses produksi kendaraan bermotor ataupun bengkel kendaraan bermotor.

Selain itu perangkat berukuran besar seperti ini digunakan juga untuk memutar lokomotif[2] distasiun ujung, kereta api distasiun kereta api atau depo kereta api. Perangkat meja putar kereta api ini dilengkapi dengan rel.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Automobile turntables