Meg Cabot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Meg Cabot
Meg Cabot.png
Meg Cabot pada saat penandatangan buku
Nama pena Meggin Cabot
Patricia Cabot
Jenny Carroll
Kewarganegaraan Amerika
Periode menulis 1998–present
Aliran sastra Chick-lit, Mystery, Romance, Science fiction
Karya terkenal

The Princess Diaries Allie Finkle's Rules for Girls

The Mediator


megcabot.com

Meg Cabot (nama aslinya Meggin Patricia Cabot; lahir di Bloomington, Indiana, Amerika Serikat, 1 Februari 1967; umur 47 tahun[1][2]) adalah seorang penulis dari Amerika yang membuat buku tentang romantis dan fiksi paranormal untuk para praremaja, remaja, dan dewasa. Dia sudah menulis dan menerbitkan lima puluh buku. Dan yang paling terkenal adalah The Princess Diaries, yang kemudian dibuat menjadi dua film dengan judul yang sama oleh Walt Disney Pictures. Buku-buku Meg telah banyak menerima berbagai penghargaan. Termasuk The New York Public Library Books for the Teen Age, the American Library Association Quick Pick for Reluctant Readers, the Tennessee Volunteer State TASL Book Award, the Book Sense Pick, the Evergreen Young Adult Book Award, the IRA/CBC Young Adult Choice, dsb. Dia juga mendapatkan penghargaan #1 New York Times Bestsellers. Cabot memiliki lebih dari lima belas juta kopi dari bukunya--anak-anak, remaja, dewasa-- di seluruh dunia.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Setelah Meg lulus dari Indiana University, Cabot pindah ke New York, dengan keinginan bekerja sebagai seorang illustrator tahun 1991. Namun, dia berhenti dari pekerjaan itu dan mulai bekerja sebagai asisten manajer asrama di New York University. Meg Cabot menikah dengan seorang penulis dan penyair, bernama Benjamin D. Egnatz tanggal 1 April 1993. Pernikahannya sebenarnya adalah kawin lari saat di Italia. Novelnya Every Boy's got One sebenarnya berdasarkan pengalamannya saat kawin lari. Dia memiliki dua kucing, Henrietta (kucing bermata satu), dan Gem. Setelah tinggal di Indiana, California, New York, dan Prancis, dia sekarang menetap di Key West, Florida.

Novel anak-anak[sunting | sunting sumber]

Serial Allie Finkle[sunting | sunting sumber]

  • Allie Finkle's Rules For Girls: Moving Day (Maret 2008)
  • Allie Finkle's Rules For Girls: The New Girl (Agustus 2008)
  • Allie Finkle's Rules For Girls: Best Friends and Drama Queens (Maret 2009)
  • Allie Finkle's Rules For Girls: Stage Fright (September 2009)
  • Allie Finkle's Rules For Girls: Glitter Girls and the Great Fake Out (Maret 2010)
  • Allie Finkle's Rules For Girls: Blast From the Past (September 2010)

Dalam seri Allie Finkle bercerita tentang tantangan Allie Finkle yang dihadapinya saat pindah dan menjadi siswi baru di sekolah barunya, seperti menghadapi orang-orang populer dan masalah sulit lainnya yang terkait dengan pertumbuhan. Allie menghadapi situasi ini dengan membuat peraturan-peraturan untuk menjalani hidupnya, yang kemudian membantunya menemukan jati dirinya.

Novel remaja[sunting | sunting sumber]

The Princess Diaries series[sunting | sunting sumber]

Seri The Princess Diaries adalah seri yang paling terkenal karya Meg Cabot, dan sudah dipublikasikan di lebih dari 40 negara. Buku pertama diterbitkan bulan Oktober tahun 2000; Seri ini berada di daftar New York Times Children's Series Best Sellers selama 38 minggu dan sudah dijual kepada para penerbit dari 37 negara.

Tahun 2001 sampai 2004 berturut-turut, seri ini diangkat ke layar lebar oleh Walt Disney Pictures sebagai The Princess Diaries dan The Princess Diaries 2: Royal Engagement dibintangi oleh Anne Hathaway dan Julie Andrews.

Di UK dan Australia buku ini diterbitkan dengan judul berdasarkan judul berdasarkan nomer volume (e.g.: "Mia Goes Fourth).

  • The Princess Diaries (novel)|The Princess Diaries, Volume I / The Princess Diaries (Oktober 2000)
  • The Princess Diaries, Volume II: Princess in the Spotlight / The Princess Diaries: Take Two (Juni 2001)
  • The Princess Diaries, Volume III: Princess in Love / The Princess Diaries: Third Time Lucky (Maret 2002)
  • The Princess Diaries, Volume IV: Princess in Waiting / The Princess Diaries: Mia Goes Fourth (April 2003)
  • The Princess Diaries, Volume IV and 1/2: Project Princess (Agustus 2003)
  • The Princess Diaries, Volume V: Princess in Pink / The Princess Diaries: Give Me Five (Maret 2004)
  • The Princess Diaries, Volume VI: Princess in Training / The Princess Diaries: Sixsational (Maret 2005)
  • The Princess Diaries, Volume VI and 1/2: The Princess Present (Oktober 2004)
  • The Princess Diaries, Volume VII: Party Princess / The Princess Diaries: Seventh Heaven (Maret 2006)
  • The Princess Diaries, Volume VII and 1/2: Sweet Sixteen Princess(Mei 2006)
  • The Princess Diaries, Volume VII and 3/4: Valentine Princess (Desember 2006)
  • The Princess Diaries, Volume VIII: Princess on the Brink / The Princess Diaries: After Eight (Januari 2007)
  • The Princess Diaries, Volume IX: Princess Mia / The Princess Diaries: To The Nines (Januari 2008)
  • The Princess Diaries, Volume X: Forever Princess / The Princess Diaries: Ten Out of Ten (6 Januari 2009)

Sementara itu, di Indonesia buku tersebut diterbitkan dengan judul sebagai berikut:

The Princess Diaries bercerita tentang seorang gadis tomboi kelas 1 SMU bernama Mia Thermopolis. Ibunya seorang pelukis dan Ayahnya adalah seorang pangeran di Kerajaan kecil bernama Genovia. Suatu Hari neneknya memberitahunya bahwa ia adalah penerus takhta ayahnya. Untuk itu Mia harus belajar menjadi putri yang akan diajarkan oleh neneknya yang cerewet. Seperti etiket, cara berpakaian, sopan santun, dll.

The Mediator[sunting | sunting sumber]

Judul-judul seri The Mediator di Indonesia yaitu:

The Mediator bercerita tentang seorang gadis yang bernama Susannah "Suze" Simon. Dia adalah seorang mediator. Mediator adalah orang yang bisa melihat dan berbicara dengan hantu, orang yang membantu orang-orang mati untuk menyelesaikan urusan mereka supaya bisa melanjutkan perjalanan ke kehidupan selanjutnya. Namun Suze adalah seorang gadis remaja yang berumur 16 tahun. Yang diinginkannya adalah menjadi gadis normal. Kemudian Suze pindah ke California karena ibunya menikah lagi dengan seorang pria bernama Andy yang memiliki 3 orang anak laki-laki. Suze berharap ia bisa membuka lembaran baru dalam hidupnya. Seperti jalan-jalan ke mall dan bukannya ke kuburan, surfing dan bukan kedatangan tamu-tamu aneh dari alam gaib.

Namun, hal tidak sesuai dengan yang diharapkan. Suze memiliki seorang teman sekamar cowok bernama Jesse De Silva. Hantu yang gentayangan di kamarnya selama 1 setengah abad. Awalnya Suze keberatan dengan adanya Jesse di kamarnya, karena gara-gara dia Suze harus ganti baju di kamar mandi. Tapi, Jesse gantengnya sampai membuat mulut berbusa-busa, sehingga membuat Suze jatuh cinta. Suze selalu bertanya-tanya, apakah Jesse juga mencintainya? Ditambah lagi, Suze diramalkan hanya akan mengalami 1 cinta yang akan bertahan sepanjang masa. Jika ramalan itu benar, apakah Jesse adalah cinta sejatinya? Apakah Suze akan selalu mencintai seorang hantu?

Selain kehidupan cintanya di California, Suze juga mendapatkan banyak masalah yang berkaitan dengan "kutukannya". Tapi, dengan berbekal pengalamannya di New York, dan dengan adanya Jesse dan Pastor Dominic—Kepala sekolah Juniperro Serra Mission Academy, sekolah Suze dan juga seorang mediator—yang ikut membantunya, masalah dapat teratasi(kebanyakan dengan hasil babak belur dan gegar otak). Di buku ke-4 sampai ke-6, muncullah rival Jesse, Paul Slater. Yang juga seorang mediator. Ia menyukai Suze. Namun Suze menganggapnya sebagai "Anak Setan". Dan Paul akan melakukan apapun supaya bisa menjadikan Suze sebagai miliknya. Termasuk menyingkirkan Jesse.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • "Meg Cabot." Authors and Artists for Young Adults, Volume 50. Gale Group, 2003. Reproduced in Biography Resource Center. Farmington Hills, Mich.: Thomson Gale. 2006.
  • MegCabot.com