Meet Joe Black

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Meet Joe Black
Meet Joe Black- 1998.jpg
Poster rilis
Sutradara Martin Brest
Alan Smithee
Produser Martin Brest
Penulis Bo Goldman
Kevin Wade
Pemeran Brad Pitt
Anthony Hopkins
Claire Forlani
Jake Weber
Marcia Gay Harden
Jeffrey Tambor
Musik Thomas Newman
Sinematografi Emmanuel Lubezki
Penyunting Joe Hutshing
Michael Tronick
Distributor Universal Pictures
Tanggal rilis 13 November 1998
Durasi versi original
181 menit.
versi Alan Smithee
129 menit.
Negara United States
Bahasa English
Anggaran $90 juta
Pendapatan kotor $142,940,100
Didahului oleh Death Takes a Holiday (remake)


Meet Joe Black adalah sebuah film drama (1998) yang disutradarai Martin Brest (sekaligus produser) dan Alan Smithee. Film ini diproduksi oleh Universal Studio dan diperankan oleh Brad Pitt, Anthony Hopkins dan Claire Forlani, yang didasarkan pada film 1934 Death Takes a Holiday (awalnya oleh Paramount Pictures, tapi sekarang dimiliki oleh Universal melalui EMKA, Ltd).

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film ini diawali dengan cerita mengenai Bill Parish (Anthony Hopkins) yang merasa bahwa ia hidup tidak lama lagi dan mendapat halusinasi bahwa maut akan mengawalnya ke alam baka. Bill begitu menyayangi putrinya, Susan (Claire Forlani), yang sedang menjalin hubungan untuk kearah yang lebih serius. Ketika putrinya meminta nasihat singkat, Bill hanya berkata Terbukalah. Siapa yang tahu? Petir akan menyambar.

Tak lama setelah mendengar nasihat itu, Susan bertemu dengan seorang pemuda di kedai kopi dan dia langsung terpikat. Segera setelah pertemuan itu (dan tanpa sepengetahuannya), pemuda itu meninggal karena kecelakaan. Tubuh pemuda ini kemudian digunakan oleh malaikat maut dan mendatangi Bill dirumahnya, ia meminta Bill untuk menjadi pemandu di bumi. Dengan alasan bahwa Bill memiliki "kompetensi, pengalaman, dan kebijaksanaan", malaikat itu memilih dia dan Bill mengatakan bahwa dengan imbalan penundaan, Bill bersedia menjadi pemandunya. Selama di bumi, malaikat maut mengubah kepribadiannya menjadi agak lembut, lebih manusiawi, sinis, dan angkuh hingga ia mengungkapkan siapa dia sebenarnya.

Malaikat maut kemudian menempatkan dirinya sebagai tangan kanan Bill dengan nama 'Joe Black' dan tinggal dirumah Bill serta mengikutinya bekerja, memerintahkan Bill untuk tidak mengungkapkan siapa ia sesungguhnya. Ditempat kerja, para pemegang saham mendesak Bill agar mau melakukan merger dengan sebuah perusahaan yang lebih besar atas prakarsa tunangan Susan, Drew (Jake Weber). Setelah rapat selesai, selagi Bill bekerja, Joe pergi keliling kota dan bertemu dengan Susan di rumah sakit, dan mengamati manusia yang mendekati ajal. Seorang pasien yang sekarat melihat dan mengetahui bahwa Joe adalah malaikat maut dan memintanya untuk segera mencabut nyawanya.

Cerita film ini berakhir dengan pesta ulang tahun dan dibawanya Bill kepada kematian serta dikembalikannya tubuh pemuda yang dipinjam oleh malaikat maut.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Walaupun cerita dan karakter dalam film ini dipuji, namun banyak kritikus film yang menganggap bahwa durasi yang berjalan tiga jam itu berlebihan.[1] The Academy of Science Fiction, Fantasy and Horror Film menominasikan film ini di Saturn Aaward dalam tiga kategori -Aktor Terbaik, Artis Pendukung Terbaik, dan Musik Terbaik- film ini juga dinominasikan dalam Worst Remake or Sequel dalam Razzie Awards. Gary Richied dari Westchester Gazette memberikan peringkat bintang empat untuk film ini, mengutip Academy Award atas penampilan Brad Pitt dan Hopkins. Film ini juga mendapat review positif dari Siskel dan Ebert, yang memberikannya "Two Thumbs Up", dan Ebert menambahkan "ada begitu banyak hal yang baik dalam film ini".[2]

Film ini menghasilkan US$44.619.100 di AS dan US$98.321.000 di luar negeri. Pendapatan kotor film ini diseluruh dunia adalah US$142.940.100. Film ini juga dibuat dalam versi yang lebih pendek untuk televisi dan maskapai penerbangan dengan memotong sebagian cerita tentang bisnis Parish, yang dibuat oleh Alan Smithee.

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]