Mediacorp Channel 5

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari MediaCorp Channel 5)
Channel 5
Diluncurkan15 Februari 1963 sebagai Television Singapore
2 April 1963 sebagai Television Singapore Channel 5
JaringanMediaCorp TV
Television Malaysia
(28 Desember 1963-9 Agustus 1965
PemilikMediacorp
Pangsa pemirsa2.2% (P4+, 2015, [1][2])
SloganIt's Good to be Home on 5
NegaraSingapura
BahasaInggris
Kantor pusatMediacorp Campus, 1 Stars Avenue, Singapura 138507
Saluran seindukHD5
Channel 8
Channel U
Suria
Vasantham
Channel NewsAsia
Okto
Televisi Internet
Live Streaming

Mediacorp Channel 5 (Tionghoa: 5頻道, sebelum 1 Januari 2005: 新加坡電視 (Inggris: "Television Singapore") dan 第5波道 (Melayu: "Saluran 5" dan Inggris: "5th Frequency") adalah sebuah stasiun televisi terestrial free-to-air berita dan hiburan berbahasa Inggris 24-jam di Singapura.

Program yang ditayangkan di Channel 5 biasanya termasuk drama berbahasa Inggris baik drama yang diproduksi sendiri maupun diperoleh dari luar, film, olahraga, acara realitas, acara varietas, berita, current affairs dan acara permainan. Edisi lokal dari program-program luar seperti Singapore Idol, Who Wants to Be a Millionaire? dan Deal or No Deal juga telah diproduksi di stasiun televisi ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Logo lama Channel 5, dipakai sampai 31 Januari 2023

Channel 5 diluncurkan sebagai layanan percontohan televisi pertama pada 15 Februari 1963 sebagai "Televisyen Singapura (Tionghoa: 新加坡電視)". Saluran ini mengoperasikan dua jam layanan monokrom sebagai transmisi uji. Saluran ini secara resmi meresmikan layanan siaran televisi regulernya pada tanggal 2 April 1963 sebagai "Saluran 5 Televisyen Singapura (Tionghoa: 新加坡電視第5波道)", walaupun stasiun ini juga menyiarkan program berbahasa Mandarin pada waktu tertentu. Stasiun televisi saudaranya, Saluran 8 Televisyen Singapura (Tionghoa: 新加坡電視第8波道) diluncurkan pada 23 November 1963 dengan campuran program berbahasa Tionghoa dan Tamil.

Setelah berpisahnya Singapura dari Malaysia, radio ini dijadikan sebagai Radio Singapore dan televisinya sebagai Television Singapura. Operasinya kemudian digabungkan sebagai Radio Television Singapore (RTS, Tionghoa: 新加坡廣播電視) dan saluran ini direlokasi dari Singapore Television Centre ke Caldecott Broadcast Centre pada 27 Agustus 1966.

Channel 5 memulai sinyal televisi berwarna pertamanya pada 1 Mei 1974, dengan beberapa program berwarna seperti The Mary Tyler Moore Show dan The Adventures of Black Beauty serta menyiarkan tayangan berwarna secara langsung pada Final Piala Dunia FIFA 1974 antara Jerman Barat dan Belanda melalui televisi satelit pada 7 Juli 1974.

Channel 5 (bersama dengan Channel 8) menyiarkan Parade Hari Nasional Singapura pertama mereka secara langsung dalam tayangan berwarna pada 9 Agustus 1974 langsung dari tanah Padang dalam Bahasa Inggris dan Melayu.

Channel 5 memulai penyiaran berwarnanya secara penuh (bersama Channel 8) pada 1 November 1977. RTS secara resmi menjadi Singapore Broadcasting Corporation (SBC, Tionghoa: 新加坡廣播局) pada 1 Februari 1980.

Channel 5 bersama dengan Channel 8 dan Channel 12 secara resmi memulai siarannya dalam stereo 1 Agustus 1990, bersamaan dengan Hari Nasional ke 25 Singapura.

Saluran tersebut secara resmi mengubah logo saluran untuk tampilan baru di saat program berbahasa Melayu dipindahkan ke Channel 12 (saat ini Suria), yang kemudian menjadi saluran berbahasa Inggris secara penuh pada 1 Januari 1994 pada 00:00 SST. Perubahan tersebut berlangsung pada tahun yang sama ketika saluran tersebut menayangkan drama produksi-lokal berbahasa Inggris pertama. Channel 5 akhirnya mulai menyiarkan program sarapan pagi pada hari kerja, "AM Singapore" yang mulai ditayangkan pada 29 Agustus 1994 pada pukul 06:00 SST.

Channel 5 secara resmi mulai bersiaran 24-jam sehari pada 29 September 1995 sementara Channel 8 mulai bersiaran 24-jam sehari secara permanen pada 1 September 1995 (empat minggu lebih awal).

Channel 5 direstrukturisasi kembali pada 12 Februari 2001 ketika TCS diubah menjadi Media Corporation of Singapore, atau Mediacorp. (Tionghoa: 新傳媒電視). TCS, RCS dan STV12 digabungkan menjadi anak usaha MediaCorp TV (Tionghoa: 新傳媒電視), MediaCorp Radio (Tionghoa: 新傳媒廣播電台) dan MediaCorp TV12 (Tionghoa: 新傳媒電視12) berturut-turut.

Program lokal[sunting | sunting sumber]

Selain program luar negeri, Channel 5 juga memproduksi sejumlah sitkom, drama dan adaptasi lokal dari sejumlah program hiburan luar seperti Growing Up. Sitkom pertama yang diproduksi Channel 5 bertajuk Under One Roof, ditayangkan antara tahun 1994 hingga 2003. Walau menuai banyak kritik terhadap penggunaan Singlish (sebuah patois Inggris lokal), drama ini mendapat penerimaan baik dari pemirsa Singapura, dan menjadi finalis di International Emmy Award. Under One Roof menjadi pembuka jalan bagi program komedi lokal berikutnya seperti Mr. Kiasu, Police & Thief, Sayang Sayang, dan Living with Lydia. Namun, Mr. Kiasu tiba-tiba dibatalkan pada tahun 2002 karena penggunaan Singlish yang berlebihan.

Salah satu produksi lokal yang paling menonjol yang dihasilkan oleh saluran tersebut adalah Phua Chu Kang Pte Ltd. Drama ini hampir menyerupai Under One Roof, menerima banyak kritikan, yang sebagian berasal dari Pemerintah Singapura karena penggunaan Singlish di dalamnya. Namun, Phua Chu Kang terus berlanjut dan memperoleh popularitas dan pengakuan yang hampir sama dengan Under One Roof.

Siaran resolusi tinggi[sunting | sunting sumber]

Mediacorp Channel 5 HD (Tionghoa: 高清5頻道) adalah sebuah versi penayangan simultan dan DVB-T2 dari Mediacorp Channel 5 dalam resolusi-tinggi (HD). Seluruh programnya yang masih berada dalam resolusi standar ditingkatkan sehingga keluaran dari program ini ditampilkan dalam resolusi tinggi. Saluran ini diluncurkan kembali pada 1 Desember 2013 setelah peluncuran versi DVB-T MediaCorp TV HD5 pada 1 Januari 2007.

Mediacorp Channel 5 HD dan Mediacorp HD5 dibuat secara khusus untuk acara-acara besar seperti Parade Hari Nasional Singapura dan pertandingan Tim nasional sepak bola Singapura (saat ini ditayangkan di Okto melalui slot "Sports on Okto"). Jam tayang program yang tersisa terutama diisi oleh tayangan asli Channel 5 yang telah dikonversi ke dalam resolusi tinggi.

Waktu operasi saluran ini diperpanjang hingga maksimum 24 jam dalam durasi tayangan Olimpiade Musim Panas 2012 untuk menyediakan ulasan harian tambahan untuk tiap-tiap pertandingan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ “P4+” merujuk pada mereka yang berusia 4 tahun keatas (basis pemirsa potensial 2015 sebesar 5,224,000)
  2. ^ Rujukan kosong (bantuan) 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]