Medan Denai, Medan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Medan Denai
—  Kecamatan  —
Peta Lokasi Kecamatan Medan Denai Kota Medan.svg
Peta lokasi Kecamatan Medan Denai
Negara  Indonesia
Provinsi Sumatera Utara
Kota Medan
Pemerintahan
 • Camat -
Luas 11,19 km²
Jumlah penduduk 141.395 (2010)
Kepadatan 12.635,84 jiwa/km² (2010)
Desa/kelurahan 6

Kecamatan Medan Denai adalah salah satu dari 21 kecamatan di kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Kecamatan Medan Denai berbatasan dengan Medan Kota dan Medan Area di sebelah barat, Kabupaten Deli Serdang di timur, Medan Amplas di selatan, dan Medan Tembung di utara.

Pada tahun 2001, kecamatan ini mempunyai penduduk sebesar 125.505 jiwa. Luasnya adalah 11,19 km².

Daerah ini adalah bekas kawasan perkebunan Tembakau Deli yang terkenal.

Di kecamatan ini, terdapat kompleks pemukiman padat penduduk yang dibangun sekitar tahun 1976 dan mulai dihuni sekitar tahun 1978. Pemukiman penduduk tersebut dikenal dengan nama Perumnas Mandala, yang merupakan singkatan dari "Perumahan Nasional Mandala II Medan". Penduduk yang mendiami kawasan ini merupakan campuran dari berbagai suku. Nama-nama jalan di kompleks ini menggunakan nama-nama burung. Proses pembelian Perumnas Mandala ini dilakukan secara mengangsur selama 20 tahun kepada Bank Tabungan Negara. Jalanan di kawasan ini setiap bulan Ramadan ramai dipenuhi pedagang makanan kecil yang menjual dagangannya untuk berbuka puasa.

Selain itu, tepat di tengah Perumnas Mandala, melintas jalan bebas hambatan yang menghubungkan antara Belawan, Medan dan Tanjung Morawa, yang dikenal dengan nama Tol Belmera. Dibangun sekitar tahun 1984 oleh PT. Hutama Karya, yang masih merupakan bagian dari perusahaan milik Mbak Tutut.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Sebagaian besar penduduk kecamatan ini adalah para pendatang sedangkan penduduk asli Suku Melayu Deli 30% saja.

  1. ALIH Templat:Butuh rujukan

Pranala luar[sunting | sunting sumber]